Thursday, March 13, 2014

Akhir-Akhir Ini.. (Update Maret 2014, Review Xperia C, Endomondo)

Aiihh ga kerasa uda bulan Maret yaa.. padahal pas ultah blog kemaren resolusinya lebih rajin nulis blog, eh malah jadi jarang gini huhu.. Jadi yaa..

Akhir-akhir ini..
Banyak kerjaan di kantor! Nah, emang paling enak nyalahin kerjaan kantor dah untuk segala kesibukan ini qiqiqi.. Jadi, sejak awal tahun ini aku mau dilibatin di pelelangan proyek. FYI buat yang belum tau, aku kerja di konsultan tata kota yang mana kantorku ini fokus dalam proyek-proyeknya pemerintah. Nah untuk dapetin proyek pemerintah itu perusahaan mesti ikut lelang proyek. Dan ternyata ikut lelangnya aja (belum tentu kepilih untuk ngerjain proyek ato ga) udah ribet banget, jendral!! Yaa benernya gak ribet juga sih, kalo cuma ikut lelang 1-2 biji. Tapi bo, iya kalo 1-2 itu pasti lolos.

Nah, sekalinya pemerintah buka lelang proyek, untuk konsultan sendiri bisa 1, 2, atau lebih, bisa sampe 10 proyek. Rekor sejauh ini sih 12 lelang proyek barengan, dan surat-surat dan dokumen yang dibutuhin harus dikirim barengan. Mampus! Iya kalo dokumennya dikit ya, ini seabrek-abrek. Harus ditandatangani direktur, cap materai, ama di-scan buat upload online. Udah canggih sekarang heuhue.. Ini masih tahap pra-kualifikasi.

Selesai upload dokumen-dokumen perusahaan -untuk nunjukkin kalo perusahaan kita ini kompeten gitu buat ngerjain proyek ybs-, dan lolos babak prakualifikasi, masih ada yang namanya Aanwijzing, artinya ngising nang kali (yang gak ngerti boso jowo ya udah terima aja qiqiqi..). Ya gak lah ya! Aanwijzing itu biasanya berupa pertemuan untuk menanyakan syarat-syarat yang kurang jelas, en ada pengumuman-pengumuman terkait babak kualifikasi. Ada yang online juga kayak punya pemkot Surabaya tuh, canggih bener.

Sampe sejauh ini, proyek belum tentu dipercayain ke perusahaan loh. Masih dicek lagi pengajuan biayanya, kualitas tenaga ahlinya, kelengkapan pajak, syarat-syarat lain yang super ribet dan bikin lembur-lembur. Huh.

Abis Aanwijzing ini biasanya mulai lembur-lembur ga jelas. Bikin Usulan Teknis. Biasanya jelasin soal metode yang mau dipake gimana, trus rincian biaya yang udah ditekan untuk proyek itu, tenaga ahlinya ngapain aja, sapa aja, en berapa jumlahnya. Mirip-mirip bikin PKM lah buat yang uda pernah ikut PKM. Dan inget ya sodara-sodara, ini jumlahnya gak cuma 1! Belasan. 1 kali putaran lelang aja kadang bisa banyak banget.

Yah, jadi bulan-bulan ini lagi ribet itu sih. Ngeliatin nomor-nomor pajak, surat-surat, dokumen-dokumen, dsb. Kadang mata itu rasanya pengen banget dicopot, trus dicelupin air seger gitu biar ngeliat komputer gak sepet rasanya. Masa isinya tulisan semua =,=

Akhir-akhir ini..

Mulai persiapan KNY 2! Anak-anak pada nyebar ke rumah sakit-rumah sakit buat doain yang sakit, ke panti jompo, nanya-nanya temen ada yang sakit apa gak, dsb. Dan herannya lagi, setelah tahun kemaren aku gak bisa berpartisipasi gara-gara banyak kerjaan kantor, tahun ini gitu lagi! Astagaahhh..! Kukira bulan ini bakalan agak tenang setelah ribet-ribet proyek kemarin, makanya aku semangat banget mau jadi volunteer KI Jatim Fair dan volunteer TEDx Tugu Pahlawan. Pret, ternyata tetep aja ga bisa.. *nangis di pojokan*
#IndonesiaMOVE di Grand City Surabaya, 3-9 Maret 2014

Akhir-akhir ini..
Baru ganti hape. Qiqiqi.. Akhirnya setelah 7,5 tahun bersama Nokia 6020, dan 4 tahun bersama Sony Ericsson Jalou, tahun ini dapet kesempatan buat upgrade hape jadi beneran smartphone: Sony Xperia C.
Selama ini sih aku selalu beranggapan hape-hapeku itu smart dan meaningful banget. Yang Nokia itu hape pertama yang dibeliin papa, setelah sebelum-sebelumnya cuma lungsuran bekas beliau qiqiqi.. Yang Sony Ericsson itu hape pertama yang aku beli pake uang hasil keringat sendiri. Huhu.. Penuh kenangan ya.. Kok tiba-tiba jadi gak pengen ngejual gini ya?
Dan 2 hape itu, 2 hape yang jarang banget ngehang -walo jatuh dan ketindih barang-barang, termasuk kedudukan di ranjang- selama ini udah bener-bener nemenin aku dalam suka duka, curcolan ga penting juga ada di 2 hp itu ahuahuhauha.. Mereka tau rahasia terdalamkuuhh.. *apa sih ini kok tiba-tiba jadi alay?*

Akhirnya setelah setengah tahun terakhir mulai ngehang, yang Nokia mulai restart-restart sendiri, tombol kepencet-pencet sendiri, dan nge-freeze, trus yang Sony Ericsson juga kadang mati-mati sendiri, aku mulai hunting hape baru. Yang kali ini beneran mulai diseriusin, cari info sana-sini, ngubek-ngubek kaskus, join grup-grup android (karena emang pengen android). Ada kali hunting beginian dari bulan September kali. Baru kebeli Februari kemarin huahuahua.. Niat banget.

Awalnya ga ada pengen Xperia. Karena maunya android, en nyari murah, awalnya kepikiran beli hape cina aja. Toh hape bagus-bagus juga bikinnya di Cina. Eh nemu Himax Pure II. Dual-SIM (nyari yang dual-SIM emang), Kamera 8MP (kamera kudu bagus!), Jelly Bean, cuma 1,5juta ato 2 juta gitu lupa. Yang ternyata setelah diselidiki, udah gak produksi lagi. Pret.

Trus browsing lagi, eh penulis favoritku, Ninit Yunita bikin review soal Samsung Core Duo. Harganya juga cuma 2jutaan (waktu itu). Selidik punya selidik, di kaskus reviewnya kurang bagus, banyak yang nyaranin mending Sony. AKhirnya nemu Sony Xperia M.

Xperia M ini ada single SIM, ada dual SIM. Yang dual SIM waktu itu kalo ga salah harganya masih 2,7 juta (en sekarang kayaknya tinggal 2,4 juta!). Spek hampir sama kayak Samsung Core Duo. Tapi masalahnya, di kaskus dan forum lain banyak yang mengeluhkan hp ini, terutama ngeluhin kameranya. Wah, jadi bimbang ini.. Soal harga sih emang waktu itu targetnya 2 jutaan. Ga mau yang di bawah itu biar ga nyesel. Tapi kalo ntar banyak trouble kan males juga ya.
Jadi yaa, sabar sabar, sambil tetep nabung dikit-dikit, ama nunggu angpaoan ahuahuaha, aku tetep memantau perkembangan Xperia. Apalagi Edo juga ngomporin, kalo harga segituan ya paling mending Sony daripada merk lain. Nah, udah yakin Sony ini. Qiqiqi..

Sampe akhirnya, bulan November Xperia mulai ngeluarin smartphone baru, Xperia C. Kembaran jauhnya Xperia Z. Huahuhauhua.. mekso. Eh tapi beneran lho, abis beli hape ini, banyak yang ngira aku beli Xperia Z. Boo.. duitnya sapa.. lagipula aku juga males nenteng-nenteng hp harga 8jutaan. Masa hape seharga sepeda motorku dan DSLRku?? Tapi boleh lah ya dibandingin sama hape yang harganya hampir 3x lipat qiqiqi..

Hape ini idaman banget lah, sejak waiting lounge di kaskus, sampe udah rilis dan ada promo 3 juta (dari harga 3,5 juta), benernya hatiku udah cukup nempel sama ini dan cukup damai kalo liat review-reviewnya. Dapet banyak tanggapan positif. Gak banyak masalah. Dual SIM, kamera 8MP, quadcore, RAMnya juga oke. Sejauh ini sih aku ga ada masalah, baterainya monster banget, aku cuma ngecharge 1x sehari dan itu udah full digunain macem-macem, ya BBMan, Line, WA, FB, twitter, instagram, sms, nonton youtube, dengerin soundcloud, nonton film, ngecek email (ini kok jadi kayak laptop ya bukan hp? :p). Awalnya yang udah ngebudget buat powerbank, ga jadi beli deh, coreett hahahha.. Untuk memory emang udah niat harus beli yang terbaik, terbesar, dan termurah qiqiqi.. Jadi legaaa..

Overall, hape ini 9/10 deh. Kurangnya cuma memory internal kurang gede, jadi rasanya agak males install aplikasi banyak-banyak. Tapi bagus juga sih, jadi ga kebanyakan aplikasi ga perlu. Ama kurang murah. Hahaha.. Eh btw, sempet denger udah turun lagi lho jam 2,7 juta. Ckckck.. Tapi ati-ati ya jangan sampe ketipu ;)


am I a Sony minded?

Beli hape ini juga penuh kebetulan. Awalnya ga ada niatan beli sampe April nanti, soalnya kabar terbaru harganya masih 3,2 jutaan paling murah. Aku mau nunggu sampe jadi 3 juta aja. Ya soalnya micro SD, powerbank, case, dll itu kan ya gak murah juga kan. Eh pas malem-malem, iseng mampir techno fair di Plaza Marina, nemenin Victor cari case buat iPhone 4-nya yang baru (wuess), pas ada boothnya Xperia, en Xperia C-nya ON! Jadi bisa ngecek-ngecek semuanya, user friendly ga, kameranya gimana, dll. En ternyata promo 3,1 juta! OMG! Aku kira masih 3,3jutaan gitu secara ini Sony-nya sendiri kan. En bener, pas nyari di toko lain, nemu yang 3 juta. Pas banget ama budget! Langsung angkut daah.. Hahaha.. en ternyata minggu depannya harga udah normal kembali. Heemm.. oke deh..


Akhir-akhir ini..

Mulai lari lagi! 
Eniwey, sejak awal tahun ini salah satu resolusiku adalah balik lari lagi setelah ga aku gubris berbulan-bulan wahahaha.. Akhir tahun kemarin emang sibuk banget sama banyak proyek, yang mana akhirnya tidur malem dan bangun kesiangan jadi makanan sehari-hari -_-* Pulang kantor juga Surabaya hampir tiap hari ujan. Akhirnya belain beli tali skipping murah-meriah di supermarket deket kampus (yang anak ITS pasti ngerti wahahaha..), dengan alasan, kalo ujan tetep bisa gerak pake skipping. Yang mana hasilnya... GAK JALAN JUGA!! *tendang diri sendiri*
Dan awal tahun ini, resolusi pun cuma tinggal resolusi. Gak jalan juga akhirnya walaupun proyek udah agak mereda. Haduuhh..

Secercah harapan muncul lagi waktu akhirnya udah ganti hape (ceileeee.. akhirnyaa!), aku pasang aplikasi Endomondo. Ini aplikasi mantap untuk olahraga, terutama running. Udah dari lama sih tau aplikasi ini, dan gak nyangka ternyata ngebantu banget!

Dari aplikasi ini kita bisa tau berapa jauh kita lari, berapa lama, kalori yang dibuang berapa, kecepatan, heart pace, bahkan kita bisa set goal hari itu mau lari berapa jauh. Trus ada paduan suaranya juga (dalam bahasa inggris tentunya), ngasih tau kita udah lari berapa lama, goal kita udah nyampe belum, jadi pas lari bisa bener-bener konsen lari, gak sibuk ngeliatin hape atau jam untuk ngecek udah nyampe goal apa belum.

Yang keren juga, disana disediakan pilihan challenges yang dibuat orang-orang di seluruh dunia yang pake Endomondo. Keren-keren lah challenges-nya, yang mana sampe bikin aku keder dan ga mau ikutan dulu deh x_X

Karena masih awal-awal banget, aku cuma sanggup lari 1 puteran kompleks rumah aja T_T 
Liat nih, masa' lari 1k 13 menit lebih?

Tapi setelah rutin lari, selang seling sehari lari, sehari molor, qiqiqi.. Akhirnya udah bisa lari 3k dalam waktu setengah jam.

Okeh, aKhir tahun ini mudah-mudahan bisa mencapai 5k dalam 30 menit en ikutan race :D

So begitulah akhir-akhir ini yang sedang terjadi.

Have a nice month, guys!

3 comments:

Daisypath Anniversary tickers