Monday, March 17, 2008

Corat-Coret Anak Bawang

Well, tadi abis baca postingannya ko Martin yang ini, bikin aku jadi mikir2 juga neh. Banyak hal di luar sana yg aku masih belom tau sama sekali. Aku masih kecil. Childish. Berpikiran sempit. Kalo diliat2, iya sih.. nggak mungkin juga jalannya manusia lurus2 aja, mulus2 aja. Aku juga pernah posting ttg Yakub yg 'dikerjain' Tuhan gara2 anaknya males2an (disini), bikin aku juga mikir, abis SMA ini mo kemana ya? Oke lah, kuliah. Tapi apa cuma kuliah aja? Aku udah nyoba magang kecil2an dgn buka design production gitu, nerima desain + nyetak undangan. Awal2 gini aku masih nerima undangan buat KKR ato acara gereja gitu. Lumayan sih hasilnya. Buat aku =P

Waktu itu begitu kepikiran mau buka design production, langsung ada customer'e. Bayarannya ga tanggung2 lagi. Udah gitu dia janji mau pake aku terus. Nah lo.. awal2 sih seneng.. enak ya ternyata kerja sesuai hobi, nggak kayak kerja sama sekali, tapi kayak nyalurin hobi aja. Yah.. walopun harus tetep profesional juga. Tapi pas abis baca postingannya ko Martin, baru mikir, iya ya.. is that God have any plans for me? Kok rasanya gampang banget? Ga ada tantangannya sama sekali. Ya ada sih.. aku harus bela2in tidur malem buat nyetak undangannya, tapi apa cuma segitu?
Niy kok aneh banget, dikasi jalan enak kok minta susah ya to? hahaha..

Well, itu pikiranku tadi siang. Waktu aku pikir2 lagi, ah nggak juga deh. Aku juga ngalami penolakan2, sindiran2 ga enak, intimidasi yg bilang: isa ta kamu? (bahkan dari orang2 terdekatku!), tros ucapan2 nggak enak seakan2 aku ini orang'e nekat, sok tau, sok pinter, dan banyak hal laen gara2 aku cuma daftar ITS tok, ga pake cadangan swasta.

What's up, beybeh??
Emang'e salah ta ndaftar negeri tok?
Emang'e aku salah ta nek mau nyoba melok PMDK ato SPMB?

Mereka thu kayak yok-yok'o ae nek masuk swasta dijamin apik hasile. Aslie ya nggak ae lho. Aslie tu ya, om2 tante2 yg baik hati, orang nek wes punya tujuan mau kemana nti'e, mau kuliah apa ga kuliah pun ya isa sukses kok. Buktie, papaku sg lulusan SMP ae rasae lebih jago komputer ketimbang dosen komputer (ciee.. mentang2 papa dewek haha.. ya ga seh.. banyak kok yg ngakui papaku itu pinter. Katae coba nek dulu ga putus sekolah mgkn skrg gelar'e professor haha.. mbanyol kok..). Inti'e ya kita harus punya tujuan hidup lah, aku pikir. Percuma sekolah apik2, larang2, tapi ga niat sekolah. Sukses ta? Ya enggak.

Yaa.. be'e ae aku emang salah. Ngawor. Sok bener. Sok tau. Keminter. Sok2 iso tembus SPMB. Tapi nek aku masuk swasta, emange om2 tante2 yg 'menyudutkan'ku itu mau mbiayai aku ta? Ga mikir apa, niy bayar uang sekolah ae susah payah. Banting tulang ga karu2an. Iyo nek nti mulus2 ae, nek harus putus kuliah? Podo ae mbalik awal to: kerja. Jadi masio aku kuliah di negeri kek, swasta kek, luar negeri kek, ujung2e ya sama: KERJA. Cari duit. Cari makan.

Thx God lah aku punya ortu yg pengertian soro. Aku mau kerja apa ae (asal halal), mereka fine2 aja. Ada lho temenku yg dipaksa mama'e masuk manajemen cuma gara2 itu lagi booming, pdhl anak'e itu ya ampun.. desain'e yo apik, niat'e di desain. Sakno pek. Emange nek kuliah desain ga diajari bisnis tah? Pasti diajari laahh.. apalagi yg dia dapet universitas yg top lagi. Nggak mungkin diajari pure art gitu, pasti ada bisnis2nya lah. Belum tentu juga arek yg masuk manajemen nti'e isa jadi bussinessman/woman yg apik. Ya tergantung anak'e juga. Nek ga bakat, masio dipaksa kayak apapun ya hasile malah jelek.

Balik lagi soal ortuku. Well, mereka dukung banget aku kerja buka design production gitu. Untungnya. Dulu pas aku jek suka maen2 di depan komputer, mereka marah2 dikira aku ga pernah belajar. Skrg udah menghasilkan duit, wooo.. gencar deh, dibeliin buku ini, dibeliin buku itu, CD ini, CD itu, malah skrg papaku yang minta diajarin Dreamweaver sama aku. Buzet.. padahal dulu aku gaptek sangat lho.

Jadi, intinya jangan pernah takut buat melangkah. Kalo kamu yakin, go ahead! Your future in you hands! Bukan ditangannya Deddy Combuzier, bukan di tangannya Mama Lauren, bukan di tangannya mama-papamu, tapi pure di tanganmu sendiri. Pengen sukses? Dari sekarang dong... mau nunggu kapan lagi?

1Samuel 17:37 Pula kata Daud: "TUHAN yang telah melepaskan aku dari cakar singa dan dari cakar beruang, Dia juga akan melepaskan aku dari tangan orang Filistin itu." Kata Saul kepada Daud: "Pergilah! TUHAN menyertai engkau."

ditulis waktu masih mangkel gara2 diremehkan. Surabaya, 9.32 PM

No comments:

Post a Comment

Daisypath Anniversary tickers