Thursday, November 20, 2014

Volare Vineyard: Flashback (Part 2 Final)

lanjutan dari postingan ini.

2011-2013
Dalam proses pemulihan hati (halah..) dan pemulihan hubungan saya sama ko Didi, ternyata ko Didi harus pindah ke Bali juga, dan youth pastor kami digantikan oleh ko Fictor.

Belajar dari pengalaman pertama, saya mulai belajar terbuka sama ko Fictor. Udah kapok sok ngerasa kuat bisa berdiri sendiri. Tapi namanya proses ya, gak bisa langsung se-terbuka itu sama ko Fictor. Tapi ya, kepercayaan itu udah kembali. Saya udah gak zombie lagi dateng ibadah, saya juga udah mulai semangat tiap kali leader's meeting. Salah satu tanda saya udah mulai pulih adalah saya gak lagi mengharapkan perhatian pemimpin. Ko Fictor orangnya cuek abis, dan di sisi lain, banyaaak hal yang harus diberesin di FG saat itu, anak-anak yang terluka akibat ditinggal pemimpin-pemimpinnya, komsel-komsel yang gak keurus, belum lagi pemimpin-pemimpin yang sempet jadi zombie kayak saya juga, banyak deh pokoknya, jadi saya jaraaaang banget cerita-cerita atau sms-an sama ko Fictor. Dan Komsel saya waktu itu juga jarang banget didatengin dia. Tapi saya gak pernah ngerasa iri sama komsel lain yang didatengin atau diurus tuh. Ngerti soalnya sama kondisi yang ada, ko Fictor emang harus 'membalut luka-luka'. Jadi sebisa mungkin saya bantu handle komsel saya. Toh kalo saya bener-bener butuh cerita, ko Fictor juga selalu nyediain waktu.

Di masa ini saya juga mulai serius mau benahi hidup. Mulai baca-baca buku rohani lagi, mulai mengatur jam saat teduh dengan bener lagi, udah belajar gak take it for granted lagi, ngurus anak-anak komsel dengan bener dan bukan males-malesan lagi. Dan saya juga mulai menjauhi cowok yang saya suka itu. Bukan karena dia membawa pengaruh buruk sih, cuma saya gak ada damai sejahtera aja kalo hubungan itu diterusin, ngerasa gak bakalan kemana-mana juga kalo diterusin. Daripada buang-buang waktu, mending di-stop aja. Menata hati ulang, ambil lembaran baru.

Di masa ini prosesan baru saya justru terjadi di pelayanan Praise and Worship. Sejak awal bertobat, sekitar tahun 2006, saya memang mulai melayani di musik. Bukan karena saya bisa musik, tapi karena terpaksa. Karena gak ada orang yang mau melayani di musik, jadilah saya yang ketiban rejeki. Sayangnya, karena apa yang terjadi yang lalu, dan karena dari awal saya juga gak bener-bener minat di musik, saya mulai ogah-ogahan melayani musik. Pertama, karena hati masih belum 100% pulih, kedua, saya minder. Gak bisa musik kok melayani musik. Saya rela banget ngasih pelayanan ini ke siapapun yang kepingin. Tapi kok yaaa... lagi-lagi adaaaa aja yang menghalangi saya untuk keluar dari pelayanan ini. Seakan-akan kayak Tuhan tuh ngomong: "Kalo bukan kamu yang main keyboard, Ye, Aku gak mau.."

Bukan saya loh yang ngomong gitu. Sempet ada satu temen pelayanan yang sempet ngomong gitu ke saya, "Dari semua pemain keyboard yang kita punya, aku paling suka kalo kamu yang main, Ye.." Padahal saya main keyboard juga yaaa gitu-gitu doang.. kalo katanya kak Ayub, "Kaku..." Padahal saya malah admire banget sama salah satu pemain keyboard yang lain, kalo main keyboard udah kayak keyboardis di GMS Pusat gitu, keren laah pokoknya, langsung merinding-merinding gimanaa gitu. Mau minta diajarin kok ya gak bisa-bisa. Entahlah..

Balik ke soal pelayanan.
Saya sempet struggle banget, sampe sengaja nyari-nyari alasan supaya gak usah melayani keyboard waktu itu. Ya karena di satu sisi sibuk di anak-anak komsel, sibuk di kuliahan, dan segala macem lah, apalagi hati juga belum bener-bener pulih kan waktu itu, masa mau melayani.. sampe tiap kali saat teduh dan inget PaW, selalu rasanya gimanaa gitu.. pengen lari tapi ga bisa. Pengen mundur, tapi kok ya kasian... Serba salah deh. Sampe nangis lagi, nangis-nangis ke Tuhan kalo saya gak mau melayani di PaW. Pengennya di bidang lain. Sampe sempet marah sama Tuhan waktu itu, "Tuhan sudah ambil semuanya, hakku, hatiku, untuk yang satu iniii aja Tuhan, masa ga bisa sih saya melayani Engkau di hal yang saya suka? Ini tentang melayaniMu loh!"

Saya lupa kapan, kayaknya akhir 2012 gitu, di acara Worship Night atau Penutupan Foundation Class buat PaW di GMS Pusat, lupa tepatnya. Aku udah beberapa kali gak dateng acara ini ya karena saya minder. Minder sama pelayan PaW yang lain. Mereka jauh lebih luar biasa dan keren daripada saya. Skill musik mereka gak main-main. Tapi kali ini saya mesti dateng karena salah satu anak komsel saya gak ada transport, tapi dia pengen banget dateng. Yawiiss..
Nah kok ya pas acara ini Tuhan melawat saya sekali lagi, saya sempet marah lagi di acara ini, saya gak suka ada di sini, gak suka berada di antara worshippers. Dan Tuhan cuma ngomong, "Iya deh Ye.. Aku cuma mau kamu bahagia.. Aku gak mau kamu melayaniKu tapi gak bahagia. Iya, Ye, Aku gak papa kalopun kamu gak mau melayani di sini..." Langsung banjir daaahh... air mata ngucur kayak Nobita ngadu ke Doraemon. Jaman itu belum ada Aku Rapopo ya, kalo iya mungkin Tuhan juga ngomong gitu hahaha..

Kenapa pas Tuhan ngomong gitu saya malah nangis-nangis? Bukannya harusnya lega ya udah dikasih 'ijin' sama Tuhan?
Emang kok Tuhan itu paling tau titik lemahku :))
Waktu Tuhan ngomong gitu, saya malah ngerasa saya ini jahat sekali.. sudah dipercaya sesuatu, kok malah anggep itu hal yang kecil dan mengganggu. Padahal kalo Tuhan mau ambil juga suka-suka Dia kan. Ini malah kesannya kayak Tuhan tuh abis ditolak sama gebetannya setelah berusaha PDKT bertahun-tahun gitu. Padahal Tuhan loh, saya gituin :)) Jahat banget gak sih..
Makanya saya langsung nangis, minta maaf sama Tuhan karena sok jual mahal. Saya ambil lagi cawan saya di PaW. Mentang-mentang cuma 1 talenta, saya gak mau jadi hamba yang jahat. Walau cuma 1, saya pastikan talenta ini gak saya kubur. Sejak hari itu saya semangat banget waktu diminta melayani keyboard. Berapi-api banget rasanya, kayak baru pertama kali melayani, deg-degan, dan bener-bener sampe dibawa doa supaya permainan musik saya berdampak ke jemaat.

Puncaknya ketika saya dipercaya jadi koordinator PaW. Ceritanya pernah saya ceritain di sini. Kayaknya emang Tuhan lagi mempersiapkan sesuatu nih buat hidup saya...

2013-sekarang
Pertangahan 2013, lagi-lagi ko Fictor dipindah lagi ke.. Bali! Ada Apa Dengan Bali?? Hahahaha.. Emang gereja kami lagi ekspansi kemana-mana, dan di Bali butuh fulltimer buat ngerjain ladang Tuhan di sana. Dan kayaknya FG jadi ajang tempaan yang paling oke buat ke Bali ya hahaha.. Saya percaya satu hal, bukan cuma anak-anak FG yang belajar dari youth pastornya, tapi youth pastornya juga belajar dna terinspirasi banyaak hal dari anak-anak FG! Terbukti dari ko Didi, ko Fictor, sampe ko Steven, youth pastor yang baru, susah move on dari anak-anak FG. Muehehehhe.. Jarang banget saya ngeliat mereka kalo ke Surabaya main-main sama anak-anak penggembalaan yang lama, pasti 1-2 ada main sama anak FG. Instagram dan socmed pasti juga dipenuhi selfie'an bareng anak FG. Ini emang gak bisa move on ato doyan selfie?? Huahauhuahu..

Dengan ko Steven, saya nyaris gak punya rahasia apa-apa lagi. Kapok dengan cara hidup saya yang lama. Walau tetep kami jarang ketemuan atau chat (sekarang udah jarang SMS-an bow! Main Line sama BBM sekarang huahahaha..), tapi saya berusaha ngasih kabar, minimal seminggu sekali tentang keadaan saya. Sesibuk apapun, saya usahakan untuk kumpul sama leaders yang lain. Sejauh apapun, saya jabanin. Untungnya saya juga udah kerja, jadi soal waktu emang rada longgar. Saya kapok banget menjauh dari komunitas. Mungkin bukunya Joshua Harris yang Stop Dating The Church itu bener-bener menggambarkan isi hati saya saat ini.

Struggle di masa ini udah beda lagi, and I'm looking forward, what's next, God? :)

P.S.: Akhirnya selesai juga....

Volare Vineyard - Flashback (Part 1)

Waw udah lama banget nih gak ngeposting lanjutan Kelas Wine :)) Sebenernya udah lama pengen ngeposting ini, tapi apa daya kesibukan (dan kemalasan) bikin postingan kali ini ngedon lama draft :(

Eniwey, saya pengen flashback ke masa-masa saya melewati Kelas Wine satu per satu, ini nulisnya sambil nginget-nginget lagi ceritanya, rada-rada lupa, tapi semoga aja masih inget poin-poin pentingnya. Kali ini saya bagi jadi 2 part, biar gak kepanjangan. Hehehe..

2005-2009
Ini Kelas Wine saya yang pertama, semenjak saya memutuskan untuk dibaptis (baca ceritanya di sini). Kalau diberi judul, ini masa-masa pembibitan. Di tahun-tahun ini saya mulai belajar taat, disiplin terhadap pertumbuhan rohani saya, meninggalkan manusia lama saya, dan terinspirasi oleh pemimpin-pemimpin yang level kerohaniannya lebih dewasa daripada saya.

Saya belajar taat mulai dari belajar menuruti apa yang dinasehatkan pemimpin saya. Waktu itu pemimpin saya meminta saya untuk belajar terbuka, belajar melayani di komsel, ikut mengunjungi rumah teman-teman komsel yang lain, dan belajar rutin saat teduh dengan mengisi laporan saat teduh. Dari hal-hal simple ini saya juga mulai dipercayakan hal lain dan ikut terlibat dalam acara-cara di gereja. And I did it with full of joy :D

Saya belajar disiplin terhadap pertumbuhan rohani saya, tiap hari baca Alkitab, mulai dipinjami berbagai buku rohani juga, gak pernah bolong komsel dan kebaktian. Rasanya hari-hari itu selalu saya tunggu-tunggu tiap harinya, gak sabar untuk cepet-cepet komsel dan kebaktian, menikmati banget jam-jam saat teduh (walau cuma bentar banget, gak sampe 10 menit :D).

Saya juga belajar meninggalkan manusia lama saya, sejak dibaptis itu saya langsung gak misuh-misuh lagi, gak nyontek atau ngasih contekan, gak cari-cari perhatian cowok lagi, bener-bener beda lah, sampe temen sebangku saya heran, tapi gak berani negur hahaha.. Dan pelan-pelan kepercayaan saya kepada ortu saya juga mulai dipulihkan.

Di masa itu saya juga sangat terinspirasi oleh pemimpin-pemimpin saya, gimana mereka berjuang buat komsel mereka, gimana cara mereka berdoa, saling menguatkan, sharing, kotbah, dll. Our youth pastor, ko Remmy, saat itu orang yang rock and roll banget, yang mana gak pernah saya sangka bahwa seorang youth pastor tuh bisa segila dan se-freak ini yah? Hahaha.. Yes, following Jesus is fun! Ko Remmy tuh walau orangnya rada-rada sedeng gitu, tapi kalo soal mengikut Yesus, termasuk garis keras dia. Kalo doa bisa berjam-jam, sampe heran saya, dan itu juga yang memacu saya untuk gak mau kalah. Pokoknya apapun yang dilakukan ko Remmy saat itu bener-bener keren buat kami dan saya pengen banget bisa ngikutin gayanya dia dalam mengikut Yesus (tapi gak bisa). Later saya tau kalo bukan itu yang Tuhan mau :D

Anyway, saya bersyukur banget di masa awal pertobatan saya, saya bisa dipertemukan Tuhan kepada pemimpin yang tegas kayak ko Remmy. Masih inget banget jaman itu banyak banget aturannya, gak boleh ini lah, gak boleh itu lah, standartnya tinggi banget rasanya untuk ngikut Yesus, tapi sekarang dipikir-pikir, kalo dulu gak digituin, mungkin sekarang saya masih pake standart hidup yang biasa-biasa, banyak kompromi, dll. Saya merasa seperti anak balita yang punya ortu keras, tapi saya tau mereka sayang sama saya dan mau yang terbaik buat saya. Jadi setelah lulus balita, saya gak pernah menyesal dulu mau-mau aja disuruh ini itu, dikasi standart tinggi juga ho oh, karena itu membentuk karakter saya jadi gak mudah menyerah dalam mengikut Tuhan. Kata siapa mengikut Tuhan itu enak? Gak enak, coy! Harus rela menyalibkan daging setiap hari, harus rela melepaskan hak pribadi..

But I think it’s worth the pain.. :)

2009-2011
Waktu berjalan dan gak kerasa dalam 4 tahun mengikut Yesus, saya mulai dipecaya banyak hal, terutama dipercaya untuk menghandle satu dan beberapa komsel. Tapi rupanya Yesus gak suka ngeliat hidup saya aman-aman saja :))


Di periode ini saya mulai masuk masa dimana saya mulai mempertanyakan iman saya sendiri dan mulai melihat sendiri kebobrokan gereja. Ya sebenernya bukan gerejanya sih yang bobrok, tapi karena ada saya yang berdosa ini, makanya gerejanya jadi bobrok :)) Di masa ini saya sempet mulai kompromi dengan banyak hal, gak lagi terbuka terhadap pemimpin, sok-sok bisa ngatur kehidupan saya sendiri, sok ambil keputusan pas emosi. Dan lagi, ada satu kejadian besar yang bikin saya jadi goyah iman gitu..

Ko Remmy dipindah ke Bali...

... dan ada youth pastor baru, ko Didi.

Well, saya rasa karena kami terlalu dekat dengan ko Remmy, dan kami bener-bener kagum dan meneladani dia, perpisahan ini jadi seperti cambukan untuk kami. Sekarang kalo dilihat balik, kayaknya waktu itu Yesus memang sengaja ngelakuin itu supaya saya ditempa lagi imanya, apakah iman saya bergantung pada manusia, atau sungguh-sungguh pada Yesus? Di tahun itu ya jelas rasanya susah, berat, dan saya juga mulai ngeliat sendiri gimana para leaders berjatuhan imannya. Dulu waktu ada ko Remmy, gak berani deket-deketin cewek, karena tiap leader's meeting pasti disindir-sindir dan dikasih ayat yang jleb jleb jleb! Sekarang, mentang-mentang ada youth pastor baru yang belum bener-bener kenal kita, diem-diem PDKT.. Awalnya cuma curhat-curhat tentang youth pastor yang baru, lama-lama keasikan SMS-an, keluar bareng, jreeng.. benih-benih cinta pun muncul.

Di tahun-tahun itu saya sendiri sempet kecewa dengan beberapa leaders. Dulu pas ada ko Remmy, waduh ngomongnya kegerakaaan terus, bikin acara-acara keren buat anak muda, on fire banget. Ternyata kalo gak diliat manusia, memble juga. Sungguh lho bloggers, sempet saya punya pikiran jelek banget kayak gitu. Sekarang kalo dipikir, kok bisa ya saya mikir sejahat itu sama saudara seiman sendiri hahaha.. tapi mungkin waktu itu emang iman kami belum seberapa dewasa dan Yesus juga terus memproses saya dan mereka.

Ko Didi sebagai youth pastor yang baru, cenderung punya style yang beda dengan ko Remmy. Kalo Ko Remmy orangnya tegas banget, ko Didi jauh lebih kalem. Dan apa yang dia bagikan dan kotbahkan di setiap kebaktian maupun leader's meeting, gak jauh-jauh dari doa, saat teduh, pokoknya hal-hal dasar banget, padahal ini pertemuan isinya pemimpin juga loh. Jadi karena kesombongannya saya waktu itu, saya anggep kotbah dan Firman Tuhan yang disampaikan lewat ko Didi itu gak level sama saya :))

Sampe akhirnya saya ditegur Tuhan sendiri. "Ye, Ye.. yang dibagiin ko Didi itu FirmanKu lho.. dan FirmanKu itu sama, gak terbagi-bagi ini untuk petobat baru, ini untuk yang udah lama, ini untuk yang sempet mundur, ini untuk orang tua dan ini untuk anak kecil, dll. Mau dibaca orang baik atau orang jahat, FirmanKu tetap sama."

Hasil dari kekecewaan itu adalah saya jadi susah percaya. Susah percaya kepada pemimpin, susah percaya sama saudara seiman, lama-lama jadi susah percaya sama Tuhan. Saya capek denger mereka ngeluh tentang ko Didi ini lah, ko Didi itu lah. Saya juga lagi capek diminta tolong ko Didi ini dan itu karena yang lain udah males-malesan dan (katanya) sibuk. Emang gw enggak gitu?? I'm burn out

Di masa ini saya sempet deket sama seorang cowok, dan dia bawa saya untuk liat kegerakan di komunitasnya dia. Dan karena saya lagi gak dalam situasi rohani yang fit, dan kadung kecewa tadi, saya jadi ngerasa komunitas cowok ini keren bangeet, beda banget dengan komunitas saya yang isinya ternyata gak se-luar biasa yang dulu suka digembar-gemborkan. Makanya begitu nemu komunitas yang 'keliatannya' cocok sama saya (apalagi ada cowok yang saya suka) dan bisa 'meredakan' kepala dan hati saya yang lagi 'panas', saya mulai meragukan kalo saya salah komunitas. Sempet terpikir untuk pindah gereja, bahkan sempet terpikir juga untuk gak mau ke gereja lagi.

Tapi gila.. justru di masa ini saya bener-bener ngeliat the sovereign hands of God. Sekacau-kacaunya saya, saya bersyukuuur banget saya gak pernah sekalipun keluar omongan I'm quit. Walau dalam hati udah berkali-kali pengen nyerah, pengen ketemuan sama ko Didi dan mau mundur dari leaders, selaluu aja ada sesuatu yang akhirnya bikin saya gak jadi nyerah. Saya pikir sekarang, itu PASTI Tuhan! Soalnya gak mungkin banget kalo itu saya, karena di masa itu saya udah bener-bener bulat untuk ninggalin gereja dan ngikut cowok yang saya suka itu. Tinggal nunggu waktu yang tepat aja.

Eh kok ya justru di masa ini Tuhan tuh kayak mempertemukan saya dengan orang-orang yang gak pernah saya duga bakalan jadi inspirasi saya dalam menjaga iman. Kalo dulu jamannya ko Remmy, panutan saya dalam menjaga iman ya pemimpin-pemimpin gereja. Tapi di masa ini saya justru banyak banget belajar tentang iman dan kasih kepada Yesus lewat petobat baru, anak baru di komsel, anak-anak SD-SMP..
P.S.: waktu itu saya udah kuliah.. :D
Tuhan tuh kayak ngajarin bahwa pemimpin itu gak selamanya kuat, gak selamanya bisa jadi inspirasi. Kita semua dalam arena pertandingan yang sama. Yang pertama berlari, bisa jadi yang terakhir. Yang barusan ikut lari, bisa lari mendahului kita. Tuhan ingetin saya bahwa dalam pertandingan iman, orang-orang yang consistent dan persistent-lah yang akan mencapai garis finish dengan baik.

Setelah Tuhan ajarin itu, hati saya gak langsung pulih seperti awal saya bertobat dulu. My turning point kali ini agak lama prosesnya. Perlu jatuh bangun juga. Pokoknya lama, hampir seluruh waktu saya bareng ko Didi ini isinya struggling gak habis-habis. Pelan tapi pasti, saya mulai balik lagi ke gereja gak kayak zombie, tapi mulai cari hadirat Tuhan lagi, mulai mau duduk depan lagi (biasanya mojok jauh-jauh dari panggung, males banget lah ketemu orang-orang banyak). Gak gampang, saya yang harus maksa diri saya sendiri untuk pulih, se-nggak enaknya saya sama saudara seiman, saya berusaha senyum dan nyapa mereka. Walau belum bisa terbuka sama ko Didi, saya berusaha gak komplain apapun lagi, dan gak ngeluh (termasuk dalam hati) ketika diminta tolong ko Didi. Itu saya harus paksa diri saya sendiri sampe nangis-nangis kalo saat teduh pribadi, ngerasa saya kayak dipelet, gak bahagia, gak bisa menentukan masa depan sendiri, ngerasa hak saya direnggut, dll. Struggling abis.

Di tengah struggling kayak gitu, tiba-tiba ko Didi juga harus pergi...

Monday, November 17, 2014

October 2014

01. Got a TBC T__T

02. Reduce ALL the schedule. Gak ada lagi pulang-pulang malem. Gak ada lagi nemenin anak-anak CG ngejam. Gak ada lagi nongkrong ngobrol-ngobrol pulang AOG. Ga ada lagi full seharian di luar rumah hari Minggu. Huks!

03. Bulan dimana hampir 2 minggu gak masuk kantor dan bolak balik RS, tapi tetep dapet gaji full. Thank you ibu.. thank you everyone.. :')

04. Bulan dimana akhirnya boleh pindah ruangan, gak barengan lagi sama anak-anak lokomotif, bisa nafas lega, plus kenal en ngabisin waktu bareng temen-temen seumuran (akhirnyaa.. walau cuma 2 minggu T__T)

05. Missed the FG's event: Without Borders. Gak jadi duet keyboard bareng Tirza deh :((

06. VOTR single was released! And one of my CG's fellow is the violist! Woohoo! So proud of her! Check their MV here:

07. Got insomnia :(

08. Bulan dimana mulai mempertanyakan lagi, bergumul lagi, bertanya lagi, lagi, dan lagi.. hmmm... sungguh membingungkan.. Don't know what to do.. Should I do that.. or that.. I hope I'll get the answer soon..

09. Soundtracknya The Book Of Life bagus-bagus, nuansa Meksikonya kental banget dan kereeenn... and, so romantic.

Sunday, November 16, 2014

Sakit (3): Ternyata gak cuma itu...

Hai bloggers! Aku nulis ini jam 3 pagi, dengan menahan sakit sekujur tubuh, hiks.. Jadi melanjutkan postingan kemaren, setelah melalui 2 tes tambahan (tes dahak dan tes mantoux -yang artinya bayar lagi-), aku positif kedapatan ada kuman TBC. Pengobatannya selama 6 bulan, dengan minum obat tanpa boleh putus sehari pun.

Obatnya juga mantep minumnya. Sekali minum 3 tablet. Awalnya aku dengan pede mikir, "Ah, palingan tabletnya kecil, makanya disuruh minum 3." Ternyata guedeee.. mana aku ini kan paling payah kan kalo nelen sesuatu, satu aja seukuran Inza aku potong-potong jadi 3-4 bagian. Makanya ga pernah minum vitamin juga, keder duluan liatnya :D

Eniwey, ternyata gak berhenti sampe di situ doang, 2 minggu setelah ketauan penyakitnya, aku keserang penyakit baru, herpes zoster.
Buat yang pengen tau itu apaan, bisa googling sendiri deh ya.
Secara garis besar, herpes zoster ini penyakit kulit yang disebabkan virus yang sama dengan cacar air. Kata dokternya (dokternya cantik boo..), virus cacar air ini ketika sembuh dia ga bener-bener hilang dari tubuh, masih mengendap tapi ga aktif. Dia akan aktif lagi ketika daya tahan tubuh kita lagi lemah. Makanya biasanya menyerang lansia. Dan karena aku lagi kena TB, makanya virus ini aktif lagi. Kalo waktu kecil aku belum pernah kena cacar, besar kemungkinan aku kena cacar kali ini.

Sambil diambilin buku tentang herpes, dia nunjukkin apa dan bagaimana herpes zoster itu. Cuma nyerang bagian tubuh tertentu, dan aku kena bagian tubuh kode 8, 9, 10, alias daerah rusuk kiri. Aku sama mama manggut-manggut aja.

Gejala herpes zoster ini gak terlalu berat benernya:
1. Awalnya agak nyeri di bagian tubuh yang bakal keserang. Dalam hal ini, perut bagian lambungku sakit, kayak orang kekeyangan, kena guncangan juga nyeri.
2. Gatel-gatel.
3. Keluar bintil-bintil kecil berisi air, dan guuuaatteeell ampun daahh!
4. Bintilnya makin gede, kayak melepuh, panas dan nyeri. Perubahan dari kecil ke gede ini cepet banget lho, gak sampe sehari.
5. Makin hari makin nyeri dan panas, bener-bener kayak luka bakar, mo ngapa-ngapain jadi ga enak banget. Dan karena aku kenanya di rusuk kiri, ada yang di bagian punggung kan, waduh, ceritanya sampe ga bisa tidur tuh sangking sakitnya dan takut kenapa-kenapa (pecah gara-gara kepencet xD).
6. The good news is, gak ada demam, meriang, dsb. Kalo anda tahan nyeri dan herpesnya pinter nyari tempat yang gak mengganggu aktivitas, melakukan aktivitas kayak biasa harusnya masih bisa.. harusnya sih..
7. Segera ke dokter aja lah...

3 november, setelah semalam ga bisa tidur, akhirnya aku putuskan buat majuin jadwal ke RS. Rencananya emang mau ke dokter barengan sama kontrol ke dokter paru, yang harusnya masih seminggu lagi. Tapi karena diliat kok sampe ga bisa aktivitas, ga bisa tidur, langsung kita buru-buru ke RS, ga pake ba-bi-bu. Ga bisa gerak, cuy! Sakit dan kaku banget!

Uda gitu, terpaksa obatnya ketambahan lagi. Obat paru kemaren (Rifastar) belum selesai, ketambahan Acyclovir dan obat lain. Rempong deh, karena Acyclovir ini mesti diminum 4 jam sekali selama 5 kali sehari. Uda kayak sholat aja huahahaha.. Sangking bingungnya aku, sampe aku alarm aja di hp jam-jamnya minum obat ahahaha..

banyak...
Thank God setelah 2 mingguan herpesnya uda kering dan udah bisa aktivitas macem-macem lagi :)
Semoga ga ada penyakit yang mampir lagi yaa.. :(

P.S.: kayaknya emang lagi wabah herpes dan penyakit kulit lainnya di Surabaya nih. Pasien-pasien dokternya kebanyakan herpes, banyak denger kabar anak-anak lain juga kena herpes la, ruam kulit la.. hemmm.. pancaroba kali ya? Virus dimana-mana... jaga kesehatan ya bloggers!

P.P.S.: dokter kulitku ini kayaknya recommended banget kalo ada yang mau ke sana, dr Bertha Susanna Syah SpKK, spesialis kulit dan kelamin RSK St Vincentius A Paulo. Orangnya sabar, en ngejelasinnya masuk akal.

P.P.P.S.: buat kamu, makasih ya udah diingetin minum obatnya (: