Saturday, December 29, 2012

Resolusi BLOG 2013

Hwah.. gak kerasa ya 2012 udah mau kelar aja. Ni juga hari terakhir saya di kantor di tahun 2012. Muehehehhe.. akhirnya saya dapet libur tahun baru juga! Finally! Ngomong-ngomong, ini juga blog update terakhir dari kantor. Mumpung gak ada kerjaan di kantor fufufu~ Ada sih benernya, tapi karena udah bau-bau libur, orang-orang kantor pada males buat ngapa-ngapain, males mikir yang berat-berat. Duh, beginilah etos kerja orang Indonesia. Kalo udah bau-bau akhir tahun mesti males dan pengennya menunggu detik-detik menjelang tahun baru. #sigh Ditambah lagi mendung dan dingin di luar, menambah romantis suasana. #doublesigh

Mumpung saya nulis di blog, jadi saya mau review sedikit perkembangan blog saya dari awal sampai tahun 2012 ini.

Awal nulis di blog itu sejak 2005 di Friendster. Hahahaha.. sekarang blognya udah gak ada.. Padahal isinya lebih berguna daripada isi blog ini lho. Setelah saya lihat-lihat lagi, ternyata isi blog saya ini bener-bener kayak sampah yang gak penting abis. Isinya cuma struggle dan pemikiran-pemikiran yang.. gak ada gunanya juga sih untuk di share #do'oh.

Di tahun 2005-2008 saya lagi aktif-aktifnya nulis blog. Tapi tahu gak sih, apa yang anda konsumsi, itu juga yang akan anda produksi. Anda konsumsi daging, yang keluar ya susah, seret, karena gak ada seratnya. Tapi kalo anda konsumsi itu sayur, yang banyak seratnya, produksi anda pun juga makin mudah (Volare, 2012).
Gitu juga dengan blog.
2005-2008 isi blognya totally sampah, 4l4y, dan hal-hal gak puenting lainnya. Isinya cuma diary konyol anak SMA. Kalo gak percaya, coba baca post saya antara tahun 2007-2008. Asli sampah-sampah gak penting banget itu isinya. Banyak, tapi sampah. Saya juga hobby bikin blog baru, karena jaman itu saya suka kontak-kontakkan dengan blogger yang webdesigner. Jadi, anggapan saya, banyak blog = banyak desain.
Udah gak keitung deh waktu itu saya punya berapa blog. Pindah dari blog Friendster, ke blog.boleh, ke blogspot, ke blog.detik, ke wordpress, sampe domain sendiri pun pernah dicoba. Tapi gak ada yang diseriusin. Kenapa? Soalnya saya gak punya input blogger yang serius. Semuanya alay. Isi postingannya juga gak jauh-jauh dari pamer sana, pamer sini, yang penting desain blognya keren. Udah gitu doang.
Tapi di tahun ini saya ketemu sama komunitas blogger yang lucu abis. Saya bisa tahan berjam-jam di depan komputer, sibuk chatting sama mereka, ketawa-ketawa bareng, tapi udah cuma gitu doang. Yah, masih SMA sih ya... Tapi saya jadi kenal sesepuh blogger yang mempengaruhi banyak pemikiran saya, kayak bang Arham Kendari, Uzi botsu psycho, kak Jutha skizo, Tata England, Rollz, Reeant jerapah, cuipy (duh duh lupa ejaan namanya!), mbak didut, om dino, Bibal mbul sinchan kecil, penyuka brondong Karin RuuRuu, dan orang freak lainnya. Jadi gak heran deh isi blog saya sampah, lha wong komunitasnya aja super duper freak kayak mereka! Walau begitu, sangat menyenangkan bisa kenal orang-orang kayak mereka. Newbie blogger sepertiku belajar banyak dari mereka :D Entah sekarang mereka dimana, kayaknya yang masih aktif cuma bang Arham Kendari, sampe udah buat buku segala. Congratz bang!
Di tahun 2008 saya juga ketemu komunitas blogger baru, blogger Surabaya, dengan isi lebih serius bermanfaat, kayak mas Kiki Ahmadi, mas Dion, mas Arul, Pandu, dll yang mana kebanyakan ternyata mahasiswa ITS. hahahha... Walau begitu, isi blog saya masih tetep gak jauh-jauh dari curcol gak jelas.

2009-2012 kegiatan ngeblog saya fluktuatif. Kadang rajin, kadang mualess sampe nyaris mati suri blognya. Ada beberapa alasan kenapa blog saya megap-megap gitu karena saya udah jarang di depan komputer. Sibuk kuliah & tugas kuliah saya itu kebanyakan keliling-keliling. Sampe rumah udah males buat ngeblog atau sekedar blogwalking. Ngeblog pun karena liburan kalo gak ada tugas yang harus di upload di blog. Tapi di tahun 2011, saya mulai termotivasi ngeblog lagi setelah ketemu blogger-blogger yang 'lebih' nggenah. Mereka share banyak pengetahuan dan pemikiran baru yang lebih terarah daripada sekedar curcol gak jelas. Inputan saya juga jadi lebih luas sejak mulai ngikutin blogger motivator yang terarah kayak Adhitya Mulya, Ninit Yunita, Pandji Pragiwaksono, Jed Revolutia, Jiewa, tim Pearl Magazine --yang gak bisa disebutkan satu-per-satu--. Saya juga lebih sering nulis notes di FB daripada ngeblog. Soalnya jaman itu lagi males-malesnya blogwalking dan ngasih komen. Mana internet juga kurang mendukung dalam hal komen-mengkomen, lebih gampang di FB.

Tapi sejak baca blog-blog kayak yang disebutkan di atas, saya mulai termotivasi lagi untuk nulis blog dengan lebih terarah. Bukan curcol gak jelas, tapi ngasi sesuatu yang bisa bermanfaat buat yang baca (akhirnya nyadar jugaaa!! #tumpengan). Jadi ini dia resolusi blog saya di tahun 2013. Semoga saya bisa rutin (bukan sekedar rajin) menulis sesuatu yang bermanfaat. Oleh karena itu, saya juga butuh dukungan dari blogger-blogger sekalian yang nyasar ke blog ini untuk memberikan komen dan masukan atas tulisan saya berikutnya ya.

Resolusi lain, saya juga akan mencoba blogwalking dan setidaknya memberikan secuil komentar atas tulisan anda. Gak janji komen saya bakal genah sih. Mungkin nanti keluarnya cuma "pertamax!" atau "wow!" (semoga tidak), tapi setidaknya saya mau mencoba rajin buat blogwalking.

Sekian curcol terakhir saya yang gak penting sampai tahun 2012 ini. Semoga bermanfaat. Aamiiinnnn........ Haleelooyaaahh......!!! (mumpung terakhir, alay, alay sekalian dah!!)

14 comments:

  1. Wakakakak~ Asik banget deh baca tulisanmu :D

    etrnayta dikau sudah lama malang melintang di dunia perbloggan :D aku sih cuman punya 3, friendster, wordpress dan terakhir blogspot :D haha~ yg dua pertama itu isinya novel GJ, wakakak~ malu abis kalo dibaca :D

    bur well, here we are, Tuhan banyak intervensi supaya anakNya kembali ke jalan yg benar wakakak~

    ReplyDelete
  2. Mengutip tulisannya Jed:
    "blog diperlukan untuk mengevaluasi pertumbuhan kita"
    kayaknya ada benernya juga. hehehhe...

    Yah, namanya jg baru pertama nulis, ce. Geje-geje di awal itu biasa. kalo katanya mas Pandji & ce Sianne, semakin kita rajin menulis, tulisan kita juga semakin bagus.

    Semangat, ce!
    Ah, malu saya dari dulu tulisan saya ancur, gak menghasilkan apa-apa. hahhahaha..

    ReplyDelete
  3. Akakkaka...Good luck kalo gitu!! Di tunggu postingan2nya. :d

    ReplyDelete
  4. Hi Amanda, pertama kali ke blogmu, nemu dari amsalfoje.

    Wow baru kali ini sepertinya ketemu blogger yang se-serius amanda kalo lihat dari cerita resolusinya. Amazing, kita dukung abiz!

    Ceritamu sepertinya mirip sekali dengan ceritaku. Saya sudah bikin blog kami, jerrytrisya.com dari sejak 2009an. Awalnya iseng aja and jarang diupdate. Tapi dari sejak awal 2012 gak tau mulai darimana, sepertinya aku diketemukan Tuhan dengan banyak penulis2 yg anak Tuhan di luar negeri dan I am totally changed! Tulisan-tulisan mereka mengubah cara pandangku secara drastis and sepertinya passion mereka nular ke gw and sejak itu gw nulis like I can't stop. Duh sorry kepanjangan jadinya, baca aja my 2012 short review post di sini

    Anyway, sejak itu saya terus hunting cari blogger anak Tuhan yang tulisannya orisinil (apa adanya) and rajin update blognya. So far my best fav is ,Lasma's Amsalfoje...big fan of her. Ketemu beberapa yang lain , tapi sepertinya terlalu banyak bolongnya yach.....

    Mulai sekarang akan sering mampir ke blognya amanda...updatenya cukup sering mantab! Gw rasa lihat dari tulisan-tullisannya, amanda sudah boleh set up blog domain sendiri. hitung2 sebagai pernyataan kalo memang mau serius. Saya bisa bantu asal itu wordpress...sudah melalang buana juga otodidak set upnya, my blog sekarang adalah hasilnya...

    Belajar dari para penulis2 hebat in The Lord, sepertinya kita gak akan bisa menemukan siapa jati diri kita sebenernya, kemana minat kita sebetulnya, kalo kita ga bersedia membuka diri dan pikiran kita. Jadi menulis itu membantu banget menemukan jati diri dan passion kita.

    Maap lagi super kepanjangan! Udah hampir kayak nulis satu post di sini!

    Ini ada beberapa link dari Jeff Goins, salah satu yang keep inspire me to write in Jesus :

    5 Lessons from the Early Days of Blogging

    Can stories change the world?

    What You Write About Doesn’t Matter as Much as You Think

    ReplyDelete
  5. halo salam kenal kak jerry! sebenernya saya juga udah pernah baca blognya kak jerry. hahahha.. tp lg males komen waktu itu.. saya cuma blogwalking tanpa meninggalkan jejak apa2 :P

    apa? updatenya cukup sering? sering darimane, kak? belu konsisten ini.. dulu punya domain sendiri, tap yah.. sama aja gak konsisten lagi. Kalo 2013 ini bisa konsisten, kayaknya akan dipertimbangkan utk punya domain sendiri :)

    ahh.. 1 orang lagi yg bilang menulis itu membantu utk menemukan jati diri. Hehehehe...

    thanks udah mampir & share, kak :)

    ReplyDelete
  6. Hi Amanda, oh sudah pernah mampir ke blog kami, it's ok ga komen, kita cuma tuangkan aja apa yang ada dalam hati...gak mikirin komen or traffic ke site

    Kelihatannya dari Nov blog ini sering ada update...tiap 5 harian ada post baru...memang yang lalu2 bolong, tapi kita harus optimis kan bukan pesimis ngeliat ke depan..

    Good luck 2013 ya, keep writing

    ReplyDelete
  7. asyik.. akhirnya nambah lagi blogger aktif yang saya kenal ^^

    ReplyDelete
  8. ameeen! semoga makin memberkati yaa dengan visi yang semakin jelas! ;D

    senang dengan resolusi blognya! aku juga mirip2 gitu :p

    ReplyDelete
  9. Samaaa...aku juga mau rutin ngeblog lagi, tahun kemaren sibuk banget, gila-gilaan kerjaan di kantor , hikssss. Ngeblot termasuk resolusi tahun 2013 juga nih. Semangat buat kita....

    ReplyDelete
  10. halooo ini pertama x comment disini yahhh ahaha. semangat tulissss terusss :D

    ReplyDelete
  11. Wahhh nama saya disebut...
    Iya ya kalo masa2 dulu nulis blog buat gaya2an aja, buat pamer... Sekarang ga nyangka bisa nulis wedding prep di blog sndiri... Sapa yg pernah mikir coba...
    Kalo dulu bacain tulisan sndiri brasa alaaay banget, tapi skrg, puji Tuhan tulisannya jadi lbh dewasa... Hehehe...
    Good luck for both us..

    And, keep writing :)

    ReplyDelete
  12. @kak Mega: kak Mega loh uda rajiin banget ngeblog, hampir selalu ada updatetan :D semangat ya kak!

    @Ani: semangat juga Ani ^^

    @Rollz: Sometimes, I missed that moments, tapi ya.. people change and plans change hehehhe.. Iya gak nyangka loh Rollz sekarang udah wed-prep :D Time flies so fast!

    ReplyDelete