Wednesday, October 2, 2013

Pengalaman Bikin Tahapan Xpresi BCA

Disclaimer: Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi dan sangat bersifat subjektif. Kalau menyinggung salah satu pihak, bisa langsung menghubungi saya sendiri :D

Keliatannya gaya banget ya pake disclaimer segala :D

Jadi ceritanya, kemarin, 30 September 2013 aku mulai buka rekening BCA. Ini pertama kalinya aku berurusan dengan bank atas kemauan sendiri. Hahaha.. Soalnya males gitu ribet-ribet di bank, gimanapun juga buatku yang namanya bank = bisnis. Mereka ya pasti cari untung, sedangkan aku toh belum terlalu perlu produk mereka. Nabung? Bisa di bawah bantal. E-commerce? Nggak main juga. Transfer? Bisa nebeng papa. Beli pake kredit/debit? Nebeng papa. Pokoknya prinsipku, apapun yang gak ribet, jangan dibuat ribet. Huehuhehuhe..

Setelah penantian dan research yang cukup panjang, aku putuskan untuk buka rekening BCA. Salah satu alasannya, banyak temen yang pake BCA en kalo mau beli online kebanyakan juga pake BCA. Untuk booking tiket juga mereka bisa terima Debit BCA. Ini mau buka reksadana juga, lagi-lagi BCA bisa mempermudah.

Walau sempet (sering lebih tepatnya!) denger kabar jelek soal BCA, aku tetep coba anggap itu semua sebagai resiko perusahaan besar. Walau harusnya ya semakin besar sebuah perusahaan, harusnya sistem juga makin bagus ya. So, browsing sana-sini, aku putuskan mau ambil produk BCA Tahapan Xpresi.

Tahapan Xpresi secara umum hampir sama kayak Tahapan. Bedanya potongan administrasinya "cuma" 5.000 rupiah per bulan. Bandingkan dengan Tahapan Silver/Gold yang 13.000 rupiah! Trus paspor BCA-nya (sebutan buat kartu ATM) juga anak muda banget, malah di beberapa tempat bisa pake foto sendiri. Nah ini nih mantep buat yang narsis-narsis hauhauhauhha.. Untuk fasilitas kayak m-BCA, internet banking, keyBCA, dll (gak tau, banyak deh, puyeng) kurang lebih sama kayak Tahapan. Kartunya juga bisa buat debit. Gak jauh beda sih sama Tahapan. Bedanya, Tahapan Xpresi gak dapet buku tabungan, jadi kalo butuh print out ya lewat internet banking.

Kupikir cukup praktis dan produknya juga sesuai nih sama keadaan dompet. Hehehhehe.. 2 kali berurusan sama bank (CIMB Niaga dan BNI) kan karena urusan sekolah, cukup ribet sebenernya ngurusin buku tabungan itu. Kalo sekarang bisa diurus lewat internet banking kan lebih oke. Toh aku juga sekarang lebih sering berurusan sama internet. So, aku tekadkan diri untuk ke bank! Yeaahh!

Sayangnya, ada pengalaman kurang enak di KCP Pondok Candra (gak pake sensor ya :D). Kronologisnya begini.

29 September 2013:
disuruh pulang sama satpam, karena gak bawa KK asli. Sempet mikir dan bingung, katanya papa cukup KTP aja.. menurut web juga gitu.. Ga tau lah. Pulang, eh ke kantor lebih tepatnya.

30 September 2013:
udah bawa KK asli, fotokopian 2 lembar. Akhirnya bisa juga, ngisi form, dll, nunggu dipanggil. Kira-kira 15-30 menitan, dipanggilah aku ke 'kursi panas'. Sempet bingung awalnya karena di form gak ada pilihan Tahapan Xpresi, jadi kukosongin. Nyampe di CS, sebut saja Mbak M, aku tanya dong, bisa gak buka Tahapan Xpresi. Mbaknya utek-utek sana sini, liat KTP, trus pergi. Ditinggal saya. Ternyata mbaknya tanya ke CS lain, "ini udah 23 tahun bisa gak buka Tahapan Xpresi?" (kira-kira gitu inti pertanyaannya). Trus mbak M jelasin ke aku kalo ini bakal ditutup setelah umur 25 tahun. Aku pun mengkerutkan dahi. Soalnya info yang aku terima katanya Tahapan Xpresi udah gak ada batasan umur. Sampe di sini aku mulai ragu, jangan-jangan aku salah baca info ato infonya udah kadaluarsa nih! Soalnya aku sering banget gitu, udah yakin yakin, tau dari internet, nyampe di tempat ternyata udah kadaluarsa. Dhueengg..

Aku diem kan, mikir, sedang mbaknya lagi ngisi-ngisi formku. Trus aku beranikan diri tanya lagi, "Mbak, saya pernah tau sendiri kok kalo Tahapan Xpresi ini setelah umur 25 tahun masih bisa diperpanjang." Waktu itu aku belum tau (dan lupa-lupa inget) kalo Tahapan Xpresi gak ada batasan umur. Taunya ya bisa diperpanjang itu. 

Trus mbak CS di sebelah Mbak M, sebut saja Mbak X (karena gak tau namanya), bilang dengan rada judes gitu, "Gak bisa, mbak. Tahapan Xpresi ini langsung ditutup tabungannya kalo mbak umurnya udah 25 tahun lebih 1 hari!"

"Apa maksudnya 'langsung ditutup', mbak?" (bingung + shock)

"Ya langsung gak bisa diapa-apain gitu tabungannya."

Wuaahh shock dong aku. Sebagai newbie perbankan, aku mikir, ini kalo saldoku di Xpresi ada 5 juta, trus pas ultah ke 25 (yang artinya kurang dari 2 tahun lagi) tabunganku langsung ditutup dan ga bisa diapa-apain, 5juta-ku ilang dong?? Pengen aku semprot, "Berarti BCA ngambil duit nasabah dong!!" Tapi sangking shocknya, speechless deh di depan mbak adminnya.

Akhirnya mbak M menawarkan (lebih tepat rada maksa menurutku) untuk buka Tahapan biasa aja. "Adminnya sama kok mbak sama Xpresi." Sama ayammu! Anaknya tetanggaku yang masih TK aja ngerti kok LIMA RIBU itu beda sama TIGA BELAS RIBU.

Ya sudah, gak mau ribut, aku buka Tahapan Silver. Eh masih dipaksa ditawari lagi, 
"Gak mau yang Gold aja, mbak? Adminnya sama, kalo Silver cuma bisa tarik sampe 7 juta, kalo Gold bisa sampe 10juta."
Ini lagi, udah muka bete kan aku, 
"Nggak, mbak, Silver aja." 
Mau 7 juta kek, 10 juta, 100 juta, intinya kan SEKARANG aku gak punya duit segitu, sambel.

Selesai urusan panjang di BCA, langsung cabut kantor. Untung kerjaan lagi sepi, jadi dateng siang gak masalah. Tapi masih penasaran dong, kok bisa ya? Masa sih salah baca. Trus coba tanya lewat Twitter. Inilah salah satu keuntungan sosial media. Perusahaan ini sigap banget ngasih infonya di Twitter. Huahuaha.. takut di-buzzer kali ya?

NAH LHOOO!!! Ketipu kan aku! Apa-apaan semua iniii!! *kesal* *kesal*

Trus coba kroscek lewat FB dan kaskus. Hemm.. info-infonya sama sekali gak ada yang membantu. Aku juga coba searching, siapa tau ada yang share soal Tahapan Xpresi dan dia sekarang udah di atas 25 tahun. Hemm.. gak nemu juga infonya. Masih takut kan, sapa tau emang BCA yang Jakarta (pusat) udah gak ada batasan umur, tapi di tempatku, KCP kecil di daerah perbatasan mereka masih berani nutup? Kan gawat juga tuh.

Abis itu email komplain duoongg.. Bukan minta diganti rugi sih, cuma lebih tepatnya ngeluarin uneg-uneg, jangan sampe ada nasabah lain yang kena tipu kayak aku gini. Ya iya ya kalo nasabahnya itu orang kaya, ilang ratusan ribu gak masalah. Kalo yang dompet kembang kempis kayak aku gini kan 10 ribu rupiah itu ya berarti banget. Bisa buat makan nasi goreng 1 porsi tuh!

Ini aku ceritain email komplain yang aku kirim ke Halo BCA.


Jujur, waktu ngirim ini, aku gak berharap dibales. Udah gak peduli deh mau ditanggepi atau dibiarin aja. Ngerti sendiri, perusahaan gede kayak gini aku yakin pasti banyak email komplian sebanyak ini, dan aku sendiri cukup kenyang beberapa kali kirim surat pembaca, telpon hotline, atau email komplain tapi gak pernah ada balesan atau tanggepan.
Mo ngirim via social media juga, aku butuh tempat yang gede untuk menumpahkan uneg-uneg ini, mana cukup 140 karakter? Ya sudah relakan saja kalo gak dibaca.

Ternyata responnya cukup bagus. 1 jam kemudian dibales sama adminnya.

Nah kebetulah nih, langsung sikaat!

Sampe sini aku anggep case closed yah. Di sini pun aku masih anggep paling-paling sama KCP Pondok Candra juga gak bakal ditanggepin. KCP kecil juga. Ngurus pembukaan rekening aja ribet, peraturan baru yang udah jalan hampir setahun juga mereka masih gak ngerti, jadi aku juga pesimis bakal ditanggepi. Whatever lah ya. Abis gini aku bakal tetep maksa buka Xpresi dan nutup Silverku aja.

Case closed.

1 Oktober 2013:
Pagi menjelang siang di kantor, rupanya ada telpon. Aku kira gak tau dari reksadana atau online trading dari mana (sisa IFEF yang lalu) yang telpon dan nawarin produk. Catet ya, kalo udah berani naruh nomer telpon di pameran atau forum kayak gitu, mesti siap dengan resiko ditelponin orang-orang sales gini. Jadi ya dinikmati aja. Toh belum punya pacar juga, anggep aja ada yang perhatian buat telpon. Huahuahhahuua! “Halo, siang ibu.. Kenalkan saya XXX dari YYY, bisa minta waktunya ibu ya..” Walau aku lebih prefer dipanggil ‘mbak’ sih..

Ehm, kembali ke topik.

Ternyata yang telpon itu dari Csnya KCP BCA, menanggapi email yang aku kirim ke Halo BCA kemarin. Walau sebenernya masih kesel, dan males, tapi karena aku ini nasabah yang baik hati, tidak sombong, dan gemar menabung, jadi kucoba layani apa maunya juga.

“Siang, ibu, saya dari KCP Pondok Candra, mau menanggapi email yang ibu kirim kemarin soal layanan kami ya.”
Batinku, “Boleh juga nih Halo BCA, Cuma sehari langsung ada tindakan dari KCP Pondok Candra.” Oke, level hati pun +1.

Csnya ini sebut saja Bapak F, minta maaf soal CS yang melayani aku kemarin dan soal info yang bohong salah (soal biaya admin dan batasan umur) dan ngasih info lagi soal Xpresi, kalo bener sekarang gak ada batasan umur dan biaya adminnya 5000 per bulan. Yayaya, uda ngerti kok, pak!

Aku: “Oke, trus ini gimana, pak? Saya udah terlanjur buka Tahapan Silver.”
Pak F: “Gapapa, bu, kalo masih mau buka Xpresi, bisa sekarang buka gak perlu pakai antri, langsung ketemu saya saja.”
Aku: (sambel, emang aku kurang kerjaan apa pulang rumah lagi?) “Ini saya lagi di kantor, pak.”
Pak F: “Terus gimana, bu?” (suaranya agak-agak lemes takut gitu)
Aku: “Ya besok aja, pak.” (Gak mungkin sekarang lah! Udah di kantor juga!)
Pak F: “Oh iya, kalo gitu besok saya tunggu ya bu.”
Aku: (mencoba menegaskan lagi, supaya gak terjadi apa-apa) “Pak, ini saya mau menegaskan lagi, berarti kalo saya buka Xpresi, nanti setelah umur 25 tahun tabungan saya gak ditutup ya?” (bisa jantungan aku kalo beneran gak pake satu-dua-tiga langsung ditutup, sungguh hadiah ultah ke-25 yang luar biasa).
Pak F: “Enggak kok bu, udah gak ada batasan usia, gak ditutup kok bu.” (masih rada takut gitu suaranya) (emangnya suaraku nyeremin ya? A’uk deh!)
Aku: “Besok langung ke bapaknya nih? Bawa apa?” (sapa tau ribet-ribet lagi, ntar disuruh pulang lagi)
Pak F: “Iya, langsung ke saya saja. Cukup bawa KTP, kan datanya ibu sudah ada disini.”
Aku: (masih gak percaya kalo Cuma bawa KTP, jaga-jaga mending bawa KK, semua deh!) “Ya, pak, terima kasih.”
Pak F: “Terima kasih, bu. Maaf atas ketidaknyamanannya.”
Aku: “Ya terima kasih, pak.”

Dan ditutup basa-basi seperti biasanya.
  
Oke, sejauh ini penilaianku yang minus ke BCA terutama KCP Pondok Candra, udah +1. Yang artinya nilainya bisa masih minus atau 0 hauhauhuahuha... Kita liat besok ini bakal seribet apalagi. Sampe aku diusir lagi sama satpamnya... You’ll see! *ngepalin tangan*
  
Oke, sampe sini aku bukan bermaksud mau menjelekkan KCP Pondok Candra atau gimana, mungkin juga kalian yang baca ini bakalan mikir aku ini ternyata orangnya ribet bener gitu ya, sama soal tabungan aja sampe segitunya. Aku Cuma pengen share ke temen-temen seandainya dapet CS yang gak ngerti apa-apa seperti yang aku alami. Kalo emang kalian yang baca ada yang punya hubungan khusus (konotasinya kok jadi aneh ya? Hauhauhua..) sama BCA, atau KCP Pondok Candra, ini murni Cuma ngingetin aja, jangan sampe nasabah berikutnya ngalamin apa yang aku alami, supaya nama kalian gak tambah jelek juga kan.

Bank itu gak berbeda sama Matahari Dept Store, Giant, Carefour, ataupun bisnis lainnya. Mereka jualan produk yang dipoles dengan slogan “Mari menabung!” Gimanapun juga, mereka perusahaan yang cari untung juga. Sama kayak supermarket gitu. Dan kita, sebagai nasabah atau calon nasabah BERHAK, inget ya, kita berhak milih produk yang kita mau!

Misalnya nih di Matahari, kita mau belanja jeans. Trus kita udah pilih, nyobain salah satu merk jeans en kita mau bayar. Trus mbak-mbak SPGnya nawarin, “mbak, beli jeans yang ini aja, enak lho harganya gak jauh beda sama jeans yang mbak mau itu, tapi ini nambah XXX rupiah, mbak juga dapet bonus es krim gratis dari McD tiap bulan.” (ini fiksi belaka).

Trus kita bilang, “Gak mbak, mau yang ini aja, udah enak.” Trus mbaknya bilang, “Tap jeans yang itu 1 tahun lagi udah gak bakal cukup, mbak. Mending yang ini bisa dipake sampe 2 tahun, bonus es krim lagi!” (Lu ngedoain gue cepet gembrot gitu ya?? Minta digampar nih SPG hauhauhuaha..)

Kesel gak sih dapet SPG kayak gitu, kita pasti mangkel dan gak jadi beli jeans kan? Kalopun beneran jeans itu nanti gak muat setelah setahun, ya itu resikoku dong? Kok maksa disuruh pake jeans lain.. Gak apple to apple sih, tapi moga-moga lewat analogiku ini bisa rada jelas maksudku tentang sales.

Bank juga sama. Walau aku juga sadar ini salah satu trik penjualan mereka, tapi tolong, kami juga berhak untuk tahu yang sebenar-benarnya tentang suatu produk. Apalagi ini jaman teknologi dimana-mana, info itu mengalir deras. Kalo sampe terjadi perbedaan, udah gak jamannya lagi ‘memaksa’ calon pembeli. Apalagi pembeli yang polos sepertiku gini, jadi kemakan kan sama info-info yang gak bener. Padahal Tahapan Silver itu bukan produk yang aku inginkan dan aku butuhkan. Pengen makan nasi kok dipaksa makan kentang. Gimana toh.

Pesan buat nasabah atau calon nasabah lain (gak harus BCA atau yang terkait KCP Pondok Candra), belajarlah untuk cari info sebanyak-banyaknya soal sebuah produk lebih dulu, apalagi yang berhubungan dengan bank. Kalo perlu telpon, mention, atau  komen di forum-forum. Karena ini menyangkut masa depan dan uang kalian juga kan. Mungkin kelihatannya 13ribu bukan angka besar dan kalian juga butuh rekening itu, tapi gimanapun juga kita berharap bisa nabung long-term gitu kan.

Walau keliatannya cuma beberapa ribu rupiah, kalo ada 1000 nasabah yang sama di seluruh negeri, udah kekumpul berapa itu coba? Belum produk-produk yang lain. Bukannya mau menghalangi kerja bank sih, tapi tolong bank juga kerja dengan bener. Jangan ambil remah-remah dari seluruh nasabahmu. Kasian lho kita-kita yang di golongan menengah gini. Padahal jumlah golongan menengah gini paling banyak di Indonesia.

Tips lagi, buat calon nasabah atau  nasabah, jangan takut untuk komplain. Semakin kita diem, semakin bank tersebut gak ngerti kalo udah merugikan kita, dan makin banyak calon nasabah lain yang tertipu. Ini udah jaman email, socmed, dan kita bisa ngeluarin semua uneg-uneg tanpa harus takut keluar rumah  kayak jaman pak “Enak jamanku toh?”. Kita keluarin uneg-uneg gini gak perlu kuatir dibuntuti “Petrus-Petrus”. Jadi katakan saja! Apa gunanya kolom pengaduan yang mereka buat kalo kita gak ngadu? Biar gak magabut gitu lho heuheuhu..

Sejauh ini aku belum nemu ada yang share yang pake Xpresi dan udah 25 tahun ke atas. Belum tau juga ini bakalan ditutup atau gak. Atau tahun depan BCA ganti kebijakan lagi, I don’t know. Mungkin 2015 nanti aku bisa share gimana keadaan Tahapan Xpresiku ya :D

Update!
2 Oktober 2013:
Jadi pagi ini mampir lagi ke KCP Pondok Candra, menanggapi tantangan panggilan pihak KCP Pondok Candra untuk buka Tahapan Xpresi, pagi-pagi dateng lagi dong aku ke sana. Dan, gak ‘diusir’ satpam! (+1)

Ternyata Bapak F lagi melayani orang lain, dan aku disuruh tunggu ‘sebentar’. 5 menit, 10 menit, 30 menit pun berlalu. Trus tiba-tiba, lagi asik twitteran, bapak F nyamperin (kayaknya disuruh satpamnya, soalnya liat aku nunggu lama), bilang mohon tunggu sebentar untuk nanti dilayani Mbak M (yang ngurusin Tahapan Silverku kemarin). Dalam hati, “Katanya kemarin langsung ketemu situ, sekarang dipingpong ke Mbak M..” (-1)

Oke, nunggu lagi. Tiba-tiba perut sakit, mules, keringet dingin mengucur. Kebelet p*p! Astaga.. di detik-detik menegangkan begini.. 5 menit, 10 menit, 30 menit.. Kok belum kelar-kelar ya.. Trus Mbak M nyamperin, “Mohon tunggu sebentar ya, ce (ce??!), setelah ibu itu nanti silakan cece langsung ke saya.” (sambil senyum manis yang entah dibuat-buat atau tidak). (-1!)

Okeee… *keringet dingin mengucur*

Bapak sebelah udah ngomel-ngomel, nunggu sejam lebih.

Liat jam..

Liat hape..

Toleh kanan toleh kiri..

Liat jam..

Liat hape..

“Pak, toilet sebelah mana ya..”

Gak tahan mameenn! Bertarunglah aku di toilet BCA. Tapi karena toiletnya bersih dan gak bau, plus ada air dan tissuenya, +1 deehh..

Skip kejadian private tersebut. Abis dari toilet, Mbak M sepi, jadi aku langsung dilayani di sana. Cepet sih yang ini, mbaknya juga minta maaf karena kemarin salah info (ya, semoga lain kali gak salah lagi ya mbak!). Trus ya prosedur yang biasa, tanda tangan, tanda tangan, tanda tangan (kali ini gak pake latihan tanda tangan dulu, yang kemarin sampe disuruh latian tanda tangan biar sama, apaa coba.. heuheuhue..). Trus mbaknya menawarkan, yang kemarin mau ditutup atau gak? Gak usah lah mbak, ntar kena biaya lagi, biarin aja deh. Soalnya nomor rekeningnya bagus, heuheuhue..

Trus ditanya lagi, mau diganti uangnya gak? Biaya admin sama biaya kartunya. Hah!! Enak aja main ganti-ganti gitu, waktuku gimana ini kebuang sia-sia nungguin situ! Cih!! Tapi karena aku orangnya baik hati, tidak sombong, gemar menabung, dan gak mau ribut, aku terima aja uangnya biaya admin 12ribu plus biaya kartu 10ribu. Lumayaan 1 porsi Spesial Belut Surabaya yang bisa pilih mau digoreng basah, setengah kering atau goreng kering. Nyam :9

Trus dikasih minum juga, ditanya-tanyain sama Bapak F, nama panggilannya siapa, trus kerjanya ijin ya ce? (Iya lah, pak, nungguin ngurus ini nih jadi lama), kerja apa, gitu-gitu deh. Trus ditawarin boleh pilih nomor rekening. Wah asik juga kayak pilih nomer hp, euhauhuhau.. (+1)

Kira-kira setelah hampir 2 jam disana, akhirnya Tahapan Xpresiku jadii! Ya ampun.. demi sebuah kartu hauhauhaua.. Plus mbak M juga menawarkan, besok kalo mau ambil keyBCA-nya, bisa langsung ke Mbak M, gak perlu antri lagi. Dalam hati, oke mbak! Paling ntar juga nunggu lagi!
Kira-kira tampang Paspor Xpresi-ku seperti ini heuheuhe..

Lesson Learned:
Kadang kita takut gitu kan ya kalo terjadi apa-apa sama uang kita, secara kita nyarinya gak mudah dan kita pengen taruh di tempat yang aman. Di sini aku belajar jadikan mindset bahwa bank itu fungsinya bukan buat tabungan, tapi lebih kayak dompet. Kalo mau nabung, mending simpen di rumah aja (kalo jumlahnya gak besar), aman, bisa diliat, dan gak kegerus biaya macem-macem. Resikonya paling gak tahan untuk gak dibelanjakan. Iya kaann?? Hayo ngaku! Huehuheuhe.. Buatku, rekening ini dipakai untuk kemudahan pengeluaran, kalo butuh transfer atau apapun.

Jangan ragu untuk pilih produk yang paling sesuai juga dengan keuangan kita. Inget, jangan sampe kita yang dikendalikan uang atau bank. Mereka cuma ‘alat’ yang bisa kita pake dalam ngatur keuangan. Gak beda kayak nulis pake pensil, bolpoin, atau diketik. So, jangan sampai kita gak tau apa-apa soal produk yang kita pakai, dan akhirnya kita jadi kewalahan sendiri karena uang kita banyak yang ilang dengan sendirinya. Kita yang mesti tau uang kita ini larinya kemana dan buat apa aja, jangan pas akhir bulan cuma ngomel-ngomel karena uang tiba-tiba lenyap, padahal kita spend untuk sesuatu yang sebenernya bisa dihindari (ya salah satunya admin bank dan biaya parkir bank itu).

Sekali lagi, aku juga gak bermaksud menjelekkan KCP Pondok Candra. Yah, aku ngerti juga lah, dengan personel yang dikit harus melayani nasabah yang bejibun tiap harinya ya pasti mana sempet gitu kan update berita dari kantor pusat. Aku sendiri kalo kerjaan overload juga gak bakal peduli sama urusan yang lain. Aku juga sadar ini salahku juga karena gak ngotot bikin Tahapan Xpresi kemarin, tapi masih ragu-ragu juga. Cuma menginfokan aja untuk yang mau buka rekening BCA, Tahapan Xpresi ini udah gak ada batasan umur yaa.. Jadi kalo KCP tempatmu ternyata mirip kejadiannya sama KCP di tempatku, udah gak usah ragu, buka aja gapapa, trus aduin lagi lewat @HaloBCA heuhehuehe.. Muter aja dong? Ya iya lah.. harus up to date gitu lho sama kabar terbaru. Ya gak? :P

Buat calon nasabah, pahamilah semua orang ini bekerja kok, dan gimanapun juga mereka berusaha melayani sebaik mungkin, walau aku percaya selama ngelayani nasabah cerewet dan pelit sepertiku gini mereka paling juga ngedumel dalam hati sama kayak aku, hauhauhuaha..! Tapi ini bukan pegawai kelurahan yang kalo kita komplain sampe mulut berbusa mereka cuma nanggepin dengan asap rokok, tapi mereka juga berusaha ngurus sebaik mungkin, cuma ya itu, karena overload dan personel dikit, jadi yaaa… sabar aja yah pak, bu, mbak, mas, dek!!

Thanks for reading!

Update 4 Maret 2015!
Setelah melewati umur 25 tahun, puji Tuhan Tahapan Xpresi saya gak ditutup. Reviewnya sudah aku posting di sini yaa ;) 

168 comments:

  1. Hahahahaha, salut deh manda, kamu mau ribet gitu d^^b Dan niat banget sampe kirim email gitu. TOP. Kamu gak ragu berjuang untuk hal yang bener. Go girl (",)/

    ReplyDelete
  2. Selama ini aku pake BCA ga ada komplain sih :3 aku udah buka tahapan BCA sejak mau lulus kuliah, maklum kudu ngurus semua sendiri hahaha~ dan BCA salah satu bank yang fasilitasnya ok :D awal bulan tinggal ke BCA dan semua tagihan beres :3 cuma aku ga mau ribet juga make internet banking, key BCA dll belum butuh :\ nanti klo aku udah jadi CEO ya :p

    Kalo BCA di cabang biasanya aku buka rekening beres sih :3 aku suka CSnya :D ehehehe~ udah kenal pula XD sampe sering ditegur gara2 suka numpuk buku tabungan *ituloh, ga pernah ngeprint sekali ngeprint langsung ganti buku berkali2 lol*

    kurasa case by case sih... :)

    btw, salut juga dengan pelayanan BCA yg begitu komplain masuk ke pusat langsung ditanggapi sampe ke cabangnya :D coba manda protes lagi soal nunggunya manda sampe 2 jam :3 *muahahahah!! *ketawa Villain* pasti CSnya kena tegur lagi hueheheheh~ tapi kasian deh XD namanya juga orang kerja :)

    ReplyDelete
  3. @Mbak Mega: Gak ragu berjuang untuk gak rugi benernya, mbak hauhauhauhua.. ogah rugi ini ceritanya :P

    @ce Bong: kayaknya semua pelayanan tergantung KCPnya ya, ce. Aku pas emang dapet KCP yang.. yah.. gitu deh. Tapi overall sekarang udah beres res kok. Dan sekarang ngerti, kalo ngurus-ngurus mending awal bulan deh, sepiii banget :O
    Kalo aku emang lebih butuh internet banking sih, soalnya jarang bisa ke ATM atau bank, jadi kalo butuh transfer yang mendadak atau booking tiket, bisa langsung konek internet, trus transfer2 deh. Ketularan papa ini :D
    Iya bener, ce. Gak nyangka lah komplainya ditanggepin kurang dari seminggu. Huahuahuha.. yang nunggu lama itu gak usah di komplain lah, berusaha memahami emang lagi rame pas itu dan CSnya juga gak lelet kok :D

    ReplyDelete
  4. huahuahuahua..
    intinya klo mau ga ribet" harus punya duit ya?? kalo ga punya duit kan apa nya juga yang mau ditabungin??
    aku selama ini pengalaman buruk di KCP pokcan ini cuma disuruh latihan tanda tangan sampe berkali", selalu ga sama...
    kapan lalu waktu mau join WWF juga gagal pas ngurus autodebetnya, soalnya tanda tanganku dianggap ga sama ~.~
    Nice story manda!!! 2 jempollll dahhh

    ReplyDelete
  5. Iya bener, Bob, harus punya duit yang baaanyak, langsung buka Platinum jadi gak ditawari apa-apa lagi sama banknya hauhauhua..
    Eh iya lho, orang-orang sana bener-bener niat nyuruh tanda tangan. Tapi makin latian, tanda tanganku makin gak mirip di KTP hahahha.. ga tau deh.

    ReplyDelete
  6. Ini serius mba sampe segitunya pelayanan balik BCA karena kesalahan. Wah jadi pengalam banget ga perlu takut auntuk menyampaikan keluhan. Memang cs kadang-kadang harus dikasih pelajaran kaya gitu biar ga sembarangan melayani customer. Thx infonya mba. Nice

    ReplyDelete
  7. Yup. Sampe segitunya. Makanya waktu ada orang dari BCA mau survey tentang pelayanan BCA, aku sih dengan senang hati ngasih nilai cukup tinggi. Hehehhe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya mau bikin rekening di bandung dg ktp bekasi aja di ribetin, padahal di web bca g pake gono gini. asem emg cs newbie

      Delete
  8. dimarahin abis2an tu pasti cs nya

    ReplyDelete
  9. Kemarin aku juga baru bikin Tahapan Xpresi.. Untungnya ga di bikin ribet sama CS nya, dijelasin satu-satu meski pada akhirnya ga ngeh juga (maklum masih maba, ga ngerti masalah kayak ginian) dan untungnya juga engga di suruh latihan tanda tangan -w-

    ReplyDelete
  10. @Dewi Bios: maybe...

    @1295hadira: Mungkin karena masih maba hehehe.. saya kan maba kantoran yang gak mau rugi :P

    ReplyDelete
  11. Numpang comment ya Volare Amanda...
    Gw juga mengalami nasib serupa nih, mau buka tahapan xpresi dan ditolak. Gw juga udah menindak serupa dengan kirim email dan udah ditanggapi sama team Halo BCA, tapi udah 3 hari belum ada tindakan juga tuh dari KCP BCA yang aku complain, huh sebel banget deh! Padahal KCP BCA yang aku complain di Jakarta, tapi ga ngaruh tuuuh... Ternyata aku tetep dicuekin hahaha. Nice share, salam kenal :)

    ReplyDelete
  12. Hahaha.. sabaaarr aja ya Rachel.. gw sendiri setelah complain juga udah ga berharap tinggi-tinggi, makanya gw tulis case closed :) Diurus ya sukur, enggak juga jadi pelajaran deh.

    ReplyDelete
  13. Wah mbak manda, searching2 malah nemu blognya mbak haha. Thanks for sharing mbak :) kmrn mau daftar XPresi juga diperibet sm mbak2 CS-nya, akhirnya beralih ke tahapan biasa :'''

    ReplyDelete
  14. @Dilla: Oh ya? Sama berarti ya hahahha.. aku sih ga mau rugi, jadi maksa aja bikin Xpresi :P

    ReplyDelete
  15. Boleh tau ga itu tahapan xpresi buat nutupin biaya administrasi minimal harus nabung berapa? Mau buka cuma masih ragu2 nih, makasih :)

    ReplyDelete
  16. Setelah membaca blog ini malam tadi..akhirnya saya mempunyai keyakinan lebih untuk membuka rekening tabungan xpresi..
    Tapi kecewa yg saya dapatkan hari ini..karena penolakan oleh cs yg melayani :(
    Tabungan xpresi ini dibuat seperti abu2..dan mlh lebih diarahkan ke tahapan ato tabunganku..
    Karena dah tingginya keyakinanku akhirnya ku putuskan untuk meninggalkan kursi panas tadi..
    Dan akhirnya curhat disini deh..hee:))

    Oh iya..kira2 klo mau coba buat diluar kota apa ada syarat lain ya??
    Masih penasaran. Mungkin nasib kcp di kota kecil seperti ini..jadi mengalami penolakan..hmm

    ReplyDelete
  17. @De Sanata: keren apa nih? saya? makasih lhooo :)) *narsis*

    @AFH and DJA: Waduh, kalo sejauh itu sih saya juga gak tau. Tapi self opinion ya, kalo mau nabung jangan pake BCA :)) BCA dipake buat transaksi2 aja sih kalo buatku. Jadi ga pusing mikirin itu. Kalo mau aman ya pastinya di atas 5 juta.. ato 10 juta sekalian :))

    @widi: *pukpukpuk* sabar yaa heuheuhue.. Bener tuh kayaknya berita soal Xpresi masih simpang siur banget. Tapi oke banget tuh berani langsung tinggalin kursi panas! Kayak gw nih malah kemakan :(
    Kalo mau coba di tempat lain, mending langsung cek ke KCPnya aja deh. Soalnya syaratnya beda2 tiap KCP. En gw jg ga pernah ngecek2 ke KCP lain :))

    ReplyDelete
  18. besok kalo saya mau buka Tahapan Xpresi, minta anterin cece Amanda aja, biar lancar dan dapat nocan jg.. hehehe... :D

    ReplyDelete
  19. wew, ternyata banyak juga yang ngalamin kasus serupa ya! just update nih manda(boleh ya sok akrab manggil manda, hehehe), seminggu setelah kejadian penolakan yang gw alami, akhirnya gw di-call juga sama kcp tempat gw ditolak dan dibolehin bikin tahapan xpresi dibarengin permintaan maaf dari pihak kcp itu, disertai biaya administrasi yang digratisin sebagai permintaan maaf, LOL hahahaha. oh iya gw lupa infoin, kalo gw juga langsung cabut pulang begitu ternyata permintaan buka tahapan xpresi gw ditolak, jadi ga sempet jadi korban "salah pilih tahapan" gitu, hehehehehehe. buat yang lain yang masih ditolak gitu, coba aja lebih gigih lagi, siapa tau emang pihak kcp di masing-masing tempat yang berupaya untuk curang kan, terus kita deh yang mesti nanggung ruginya, karena ga dapet apa yang kita mau. jujur sih gw termotivasi dari blog amanda ini, and finally I get what I want, hahaha
    thanks for sharing ya, manda :D

    ReplyDelete
  20. Wuaahh congratz yaa Rachel! *jabat tangan*
    Thank you for sharing too!
    Betul itu, sebagai golongan menengah di Indonesia kita mesti pinter2 pilih tempat naruh uang, biar gak makin miskin ya kan! Hidup golongan menengah! *berapi-api*

    ReplyDelete
  21. whuahaha.. sabar manda, sabar.. sebetulnya gw agak "bingung" juga sih ya, kenapa proses bikin tahapan xpresi harus dipersulit sih? kalo seperti ini kan, kalo akhirnya nanti orang-orang yang mengalami penolakan buat bikin tahapan xpresi semua complain ke halo bca, dan at the end mereka harus menindak satu-satu semua pengaduan disertai masing-masing kcp harus memberi "special offer" selaku permohonan maaf like: boleh pilih nomor rekening, penggratisan biaya administrasi, dll dsb etc bukannya endingnya mereka malah makin rugi dan kerepotan ya? haha tau deh aneh emang. paspor xpresi gw persis sama ky punya u manda, tapi nanti gw mo upgrade ke yg pake photo ah, kebetulan ada kcp yg available untuk paspor ber-photo ga jauh dr rumah gw :D

    ReplyDelete
  22. Hmm.. gw juga ga ngerti, tapi spekulasi gw sih karena belum banyak orang yg aware dengan produk ini. Lah gw googling sampe kemana-mana gak nerima info apa-apa terkait produk ini. Kalopun ada, yg bikin ya anak sekolahan, jadi yaa jelas aja lah mereka jg ga aware sama penolakan begini.
    Tapi yah, I hope dengan gw share begini, BCA bisa lebih jelas lagi ngasih info soal produknya. Kalo emang ini sasarannya buat anak sekolah/kuliah, ya mohon diperjelas di web dan socmednya. Gw jg berharap makin banyak orang yang komplen setelah ini bikin BCA jg segera menindaklanjutin produknya :)

    ReplyDelete
  23. Nice sharing mbaak ^^
    Untung aku baca tulisan mbak dulu nih sebelum buka tahapan. Tadi udah sempet ke bank BCA di Cimahi tapi untungnya bank udah mau tutup jadi kata satpam besok lagi aja. Eh, pas aku tanya ke satpam kalo mahasiswa bisa buka Xpresi apa nggak, si satpam malah bilang nggak bisa soalnya cuma pelajar yang bisa. Aku kagetlah, secara udah nanya ke temen yang expert perbankan kalo Xpresi udah diperbaharui -____-

    ReplyDelete
  24. Aku Mau bikin juga nih, tapi masih binggung antara BCA / BNI. Dan takut di persulit CS-nya. Secara dulu pas mau bikin tabunganku di mandiri di persulit bgt (karna bukan produk utama)

    ReplyDelete
  25. Aku Mau bikin juga nih, tapi masih binggung antara BCA / BNI. Dan takut di persulit CS-nya. Secara dulu pas mau bikin tabunganku di mandiri di persulit bgt (karna bukan produk utama)

    ReplyDelete
  26. Waktu buka rek tahapan xpresi haris pake telpon rumah gak?

    ReplyDelete
  27. @Eccy: Awalnya aku sih dipersulit. Tapi setelah bisa dibuka, ya biasa aja sih..

    @Indah: Gak harus

    ReplyDelete
  28. aku baru baca blognya mba nih. baru aja hari ini aku buka tabungan xpresi. tapi alhamdulillah aku buka di KCU Thamrin, CS ramaahhhh bgt. hahahha. y bisa dibilang puaslah. padahal seharsnya sih walaupun beda tempat pelayanan tetep harus nomor 1. tapi setelah baca jadi ga ragu klo mo komplen ke cs. nice. thx.

    ReplyDelete
  29. hai... saya baru senin kemarin dtg ke BCA terdekat untuk buka rek Xpresi...tapi gagal :( ...saya malah ditawari produk lain...tp saya memilih untuk menolak dan pulang dengan tangan hampa....hiks setiba di rumah langsung deh saya complain ke fb Xpresi BCA, setelah itu sy diminta melanjutkan keluhan saya ke email haloBCA... sudah ada balasan email sih tp lom ada tindak lanjut konkretnya... masih nunggu nih kira2 akan ada telpon dari pihak BCA ga ya...

    ReplyDelete
  30. waktu awal dtg mo buka Xpresi malah ditawarkan produk lain...bla bla bla...akhirnya aq pulang tanpa hasil n langsung kirim email complain ke haloBCA, besoknya kepala cabang tempat aku mo buka rekening telpon n minta maaf lalu minta aku datang lagi, katanya akan dibantu utk proses pembukaan rekening tanpa antri.
    esoknya aku datang n bener...kepala CSO n kepala cabangnya nemuin aku n minta maaf, aku langsung dilayani tanpa antri... n dapat souvenir payung sebagai permintaan maaf... akhirnya berhasil juga buka rek Xpresi :)

    ReplyDelete
  31. salutt dehh buat amanda...
    dua jmpol buat kbranian.ya

    ReplyDelete
  32. malah seru baca nya wkwk, makasihhhh pencerahannya /? xD

    ReplyDelete
  33. Mo nanya nih,Anaku kan ngrengek terus minta dibukain tab expresi bca, tapi buat anak SD kelas 2 bisa ga?
    # makasih pencerahanya....

    ReplyDelete
  34. Waahhh thank you all buat sharingnya, ada yg berhasil, ada yang mesti bergelut dulu :D
    Eniwey, setelah hampir setengah tahun pake Xpresi, ternyata ada kekurangannya, gak bisa autodebet buat beberapa reksadana :( (dan mungkin untuk instrumen autodebet yang lain juga). Tapi gak terlalu masalah juga sih benernya, selama rajin-rajin transfer.. hihiihih..

    @Amin Tofik: wah, kurang tau saya.. mungkin bisa langsung cek webnya atau ke KCP terdekat. Tapi... apa sih yang gak bisa? Ini Indonesia, bung! :D

    ReplyDelete
  35. sist 2 hari yang lalu saya buka Xpresi tapi saya dikasih tau harus punya simpati atau xl terus user id dikirim lewat e-mail?? klo dlu sist gtu ga ??

    ReplyDelete
  36. Nurfitria Wati: Iyap... kebetulan saya pake XL hehehe..

    ReplyDelete
  37. paspornya cuma ada nomer doank kah sist Amanda???apa gak bisa dikasih nama seperti paspor silver/gold???

    ReplyDelete
  38. huh? paspor silverku ga ada namanya tuh

    ReplyDelete
  39. mba td saya baca komen mba, kata mba kalo nabung jangan pake BCA, BCA buat transaksi aja, emang kenapa tuh mba kalo nabung di BCA?

    ReplyDelete
  40. self opinion aja, nabung di bank jaman sekarang kalo tabungannya di bawah 5 juta, uangnya bakal kepotong biaya admin. Lah kalo biaya adminnya 10ribu ++ kan mesti nabung 10jutaan ke atas. Karyawan biasa kyk gw yg gaji masih UMR gini mana sanggup? Emang ga makan? ga jajan? gak perlu bensin? ga perlu bayar internet buat balesin komen begini?
    Lah ya apa itu namanya nabung kalo tiap bulan kepotong? Apalagi ATM menjamur dimana-mana, sanggupkah gak ngambil duit pas kepepet? :))
    Gak cuma BCA sih benernya. Soalnya menurutku pribadi, BCA mudah banget terjangkau dimana2, ya ATM, ya mobile. Kapanpun dimanapun, terutama di kota besar. Jadi lebih cocok buat transaksi.

    Sekali lagi, it's just self opinion. I'm just trying to protect my future self. :D

    ReplyDelete
  41. Berawal dari googling bca xpresi akhirnya bisa sampe ke blognya mbak Amanda ini.

    Saya suka nih kalo baca tentang kasus2 pengaduan yg berakhir happy ending buat pihak konsumen. Semoga bisa mnginspirasi yang lain.

    Thanks for sharing.

    ReplyDelete
  42. haloo kakaaaa ... itu bikinn xpresi pake npwp enggak ya ? kok di situsnya harus ya ?

    ReplyDelete
  43. @Dani Ha: thank you, Dani..

    @Rizqi: Kalo di bawah 25 tahun gak harus, tapi ada surat pernyataan pake materai, jadi bayar materainya.

    (gw uda kayak marketingnya BCA aja :p)

    ReplyDelete
  44. kasian cs nya.
    manusia gaada yang sempurna dan ga luput dari kesalahan.
    kalaupun sudah tau salah tidak perlu dibesarkan kesalahanya.


    ReplyDelete
  45. Anonim: Betul.. that's why i wrote this, supaya kalo ada CS BCA (atau calon CS) belajar untuk gak mengulangi kesalahan dan bener2 pelajari produk perusahaannya :D

    ReplyDelete
  46. weww,,, info nya bgus nih sis,,,
    baru bkin tahapan xpressi juga soalnya,, trus CSnya juga bilang umur 25 langsung tutup persis kasusnya kaya diatas..., tapi berhubung ga bawa duit banyak buat bikin yng tahapan biasa,,, jadi bodo amat lah mau ditutup mau kaga... yang penting bikin dulu..
    pas liat tulisan ini jadi tenang dikit lah....tks bgt nih share pengalamannya,,,

    ReplyDelete
  47. oh ia ... katanya kemaren kalo buka tahapan xpresi itu ketika pin terblokir nggak bisa dibuka lagi ... alias harus tutup akun ... benar kah ? #terlanjur pake tahapan :3

    ReplyDelete
  48. sis mau tanya donk
    http://www.bca.co.id/id/biaya_dan_limit/dana_dan_simpanan/tahapan_xpresi/tahapan-xpresi_landing.jsp

    disitu ada bintang
    "*) Apabila bertransaksi di bawah limit ATM Silver
    Keterangan: Jumlah dalam Rupiah (IDR)"

    maksudnya apa ya karena
    lumayan juga klo di atas limit silver kena 15000 per transaksi

    ReplyDelete
  49. mau nanya mas mbak, tahapan expressi ini apa bisa buat transfer maupun menerima uang dari atau ke rekening bank lain ? mohon bantuannya y

    ReplyDelete
  50. apakah syarat pendaftaran tahapan expressi harus menggunakan NPWP ??

    ReplyDelete
  51. Anyone.. can help me?
    *BRB nyari CS BCA*

    -bukan CS BCA-

    ReplyDelete
  52. Kmarin sih isen, browsing yang ngeluh soal pelayanan BCA. Cukup byk sih pandangan negatif atau kekecewaan nasabah terhadap BCA. Sebagai salah satu front officer, aku cukup seneng byk info atau keluhan nasabah terhadap BCA. Makasih byk, udah mau share. Dan ini juga bakal aku gali soal info sebenernya tentang tahapan xpresi. Thx for share.

    ReplyDelete
  53. Siip!
    Aku sih berpendapat banyak komplain menandakan nasabahnya banyak huehuehue..
    Thank you udah mampir, semoga bermanfaat ke depannya buat BCA :D

    ReplyDelete
  54. kak kalo umur 16 tahun harus sama orang tua ya?

    ReplyDelete
  55. mau nanya mbak, tahapan xpresi bisa buat pembayaran tagihan seperti PLN, Kredit, Asuransi juga kah ? mohon info.nya yang sudah punya rekening tahapan Xpresi dong :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau sih, tp di klikbca ada pilihannya. Berarti bisankan ya? :D

      Delete
    2. untuk PLN hanya bisa yang pasca bayar.
      Kredit dan Asuransi bisa, tapi cuma yang ada pilihannya di klikbca, seperti kata mbak manda.

      Delete
  56. Hehehe,,, Memang kita awalnya maunya gak ribet malah jadi ribet,,,

    Aku sudah 3 tahun jadi nasabah BCA Tahapan Reguler, dan gak pernah dipake untuk nabung, aku pikir-pikir mau downgrade aja ke BCA Tahapan Xpresi, lumayan biaya admin cuma 5rb, hehe,,, toh cuma buat nerima gaji dan transaksi aja, kalo nabung aku di bank syariah,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. tapi coba dipikir2 lagi aja, soalnya walau admin ringan, tetep lah pasti ada kekurangan yg ga didapet kalo pny tahapan reguler..

      Delete
  57. nice sharing mbak.. saya pas kmrn googling2 nyari pengalaman yg buka tab xpresi BCA, akhirnya sampe ke blog ini.. bener kata mbak, kalo bisa cari info sebanyak mungkin ttg suatu produk yang kita mau pake, biar ga gampang "dibodohi" ataupun "dijebak" dgn info2 yg salah, yg ujung2nya kita malah ga jadi ambil produk sesuai keinginan kita. pglmn sy kmrn buka tab xpresi jg lancar (sy umur 25 lbh dikit :p), dan pelayanan CS nya pun sgt ramah n helpful. keep posting & thx for share :D

    ReplyDelete
  58. wah keren ceritanya bikin nampol bacax >_< aq rencanax mau buka tabungan BCA expresi kemarin pas blg ada batasan umur gila bener aq skrg udah 24 klo tiba" d out pas umur 25,truz d blg mbakx negatifx doang ngak ada bukulah,ngak bisa pake d luar kotalah, klo tau potonganx irit kantong (-o-')a gila banget....wah gila bener aq ternyata dapetx ATM gold ngak baca" info tiap bln potonganx ampun.... tiap saldo 50 pasti lgsg d bawah 50....wahwah thankz banget infox sungguh membantu, buka ATM BCA tuk OLshop ternyata untung 15rbu per item kemakan potongan tiap bln stlah pkir" untungx lari k bank semua :D hahay thankz ya atas info yakin d buka BCA Expresi (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, yah namanya jg kerja bidang jasa, jadi ya anggep aja 15rb buat bayarin karyawan (jasa bank) deh :p

      Delete
  59. hmm, kak amanda, mau tanya, nih. di atm yang xpresi ada logo visa/maestro/master card, nggak? cuma butuh bank untuk numpang lewat duit soalnya; lebih tepatnya via paypal, makanya lagi cari yang bisa untuk transaksi internasional tapi biaya adminnya murah. hehehehe. makasih sebelumnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. maestro ada.. kalo mastercard.visa bukannya cuma ada di debit card ya? *CMIIW* kalo ada yang di debit card, aku mau bikin juga duonkss hahaha..

      Delete
  60. Hahaha keren kak Valore tulisannya, saya lg iseng cari info tentang tahapan xpresi bca eh nemu blog ini. Syukur saya jd tau semua syarat dan persiapan dokumen2 nya, termasuk persiapan diusir satpam! :O Besok siap berangkat deh buka tahapan xpresi, smga di KCP saya bisa pake foto pribadi paspor xpresi bca-nya, biar alay-alay gituuu... :p Semoga saya (21thn) bisa lgsg bikin rekeningnya tanpa ocehan2 yg ga jelas dri adminnya. Thanks atas info nya juga tulisannya yg menarik kak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. besok = hari ini?
      bukannya libur ya soalnya pilpres? hahahha..
      iye.. siap-siap aja lah.. semoga sukses! :)

      Delete
    2. Buka kok, kan sekalian buka tps di KCP-nya kak :p

      Delete
  61. makasih infonya mba manda, saya kebetulan lg nyari info untuk tahapan xpresi BCA. *maklum anak baru. hehe
    yg mau saya tanyakan kalo misalkan kita mau nabung itu caranya sama seperti biasa atau ada cara khusus ya? kan gak ada buku tabunganya tuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kok nabungnya kyk tabungan biasa. Dateng ke bank, setor, ttd, beres deh.

      Delete
    2. Anyway, kenapa pada kuatir soal buku tabungan sih? Selama aku nabung di 2 bank yg lain, buku tabungan itu ga ada gunanya sama sekali kecuali utk tau no rekening sama cashflow uang. Dan 2 hal itu di BCA Xpresi malah jd simple, saya ngeceknya via hp aja uda bisa ga perlu buka buku..

      Delete
    3. iya mbak, awalnya sih takut ribet untuk kedepanya karna gak ada buku tabungan, taunya malah lebih simple. paling harus sering bawa charger aja biar smartphone nya gak lg lowbatt pas mau transaksi. hehe

      Delete
  62. mba kalau gak ada buku tabunganya gimana tahu no rekeningnya? tolong di jwab ya mba. terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. nanti tertulis kok nomer rekeningnya di kartu atm nya pas pertama kali buka rekening.

      Delete
    2. No rekening bisa diliat di ATM, mobile banking, ato klikbca. Krn ga ada buku tabungan en ngeceknya via online2, amannya sih catet aja no rekeningnya di kontak hp heehe.. asal pin passwordnya jgn dicatet jg ya!

      Delete
  63. kak aku mau nanya dong, waktu kamu bikin tahapan expresi biayanya minimal yang mau dimasukkan ke tabungan pertama kali berapa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ga salah 50ribu. Tapi amannya bawa aja 100-200ribu.

      Delete
  64. Thanks infonya.
    Sorry diluar konteks Mbak.
    BCA xpresi sama BRI syariah enak mana ya?, gak diliat dari bunganya sih. tp dari potogan perbulannya, yang penting duit utamanya gak berkurang aja, jangan-jangan 5 bulan kedepan udah nol saldonya (maklum masih pake metode tabungan bawah bantal).
    katanya BRI syariah gak ada potongan perbulannya, apa beda nama ditempat mereka ya.
    Mohon infonya.
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. BCA Xpresi dan BRI Syariah (BRIS) sangat jauh berbeda. Kalau pengen nabung, mending di BRIS aja. Soal'y BRIS tidak make biaya administrasi, kan make prinsip wadi'ah.
      BRI (konvensional) dan BRIS (prinsip syariat Islam) memang berbeda, kalau di BRI menggunakan bunga simpanan, maka di BRIS (berlaku utk semua bank berlabel syariah) menggunakan yg namanya bagi hasil.
      Utk BCA Expresi kelebihannya seperti biaya administrasi perbulan 5rb, paspor bisa dikustom (ganti gambar), dan bisa debit di marchant yg berlogo BCA debit, seperti Gramedia, Alfamart, dll .....



      Dan kebetulan Mbak Manda dah kasih pengalamannya di sini yg berhubung saya jg pengen buka BCA Xpresi, tp harus punya NPWP dan Surat Keterangan Domisili .... jadi pikir 2x deh mau bikin ....

      Delete
    2. Betul. Kalo niat NABUNG, saya saran BRI saja spt yg dijelaskan Melaz-sama.
      Saya sendiri dari awal memang ga mau pake BCA utk nabung, tp utk belanja dan kerjaan. Terlalu riskan pake BCA buat nabung, tangan saya suka gatel ke ATM dan gesek2 kartu debit soalnya. Kalo nabung di BCA bisa gawat, abis terus tabungannya :))

      Delete
  65. waahh.. nice post (y) aku baru jadi maba jurusan perbankan dannn ..dapet tugas suruh buka rekening.. skarang jadi tau nih tahapan xpresi BCA kyk gmn, mkasih ya mbaak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama.. sukses kuliahnya, dan bisa bantu perbaiki sistem perbankan Indonesia :)

      Delete
  66. mungkin aja tuh csnya blm update abis pulang kampung, hehehe, don't judge a book by its cover, thanks for you good info.

    ReplyDelete
  67. Thanks for sharing, manda
    Wah bener banget , waktu itu gw jg buka tabungan xpresi bca, nah CS nya udh nawarin tabungan ini-itu yg penting bukan xpresi. Nah terus pas gw tanya2 ttg xpresi, kyk cm kekurangan2nya aja yg disebutin ama mbak2 Csnya, kyk g ada buku tabungan dan REKENING TABUNGAN AKAN LANGSUNG DITUTUP PAS UMUR GW 25 TAHUN. Fyi, waktu itu gw buka rek. umur 23 ato 24 tahun gitu gw lupa. Tp berhubung gw mau buka rek bca buat transfer2 antar online shop aja, which is ols gw kecil2an bgt untung ga seberapa, gw ga mau dong untungnya cm buat biaya admin aja. Akhirnya gw keukeuh mlih tabungan xpresi bca hahaha.
    Singkat cerita, gw umur 25 thn ini. Dan sampe bulan oktober ini gw udah 25 tahun LEBIH 5 BULAN dan Alhamdulilllah rekening bca gw msh bs dipake smpe skrng. Dan stlh baca blognya mbak manda ini, gw yg selalu was2 jaga saldo gw di bawah 100rb setelah umur 25thn hha, jd ga takut lg nambahin saldo lbh banyak krn rekening ga bakal ditutup (bener kan?)
    Let’s sharing, don’t be a silent reader..
    Well, kayaknya kita msh butuh “saksi hidup” orang yg umurnya di atas 25 tahun dan tabungan xpresinya masih bs dipake, selain gw tentunya. So let’s sharing..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah keren sharingnya, kak Sherry! 3 bulan lg saya jg umur 25. Lets see what happen hehehehe..

      Delete
  68. siip.. sama2.. semoga bermanfaat.. utk lbh menenangkan hati bs diliat link berikut ini:
    https://id-id.facebook.com/XpresiBCA/posts/567623223298973
    http://tabunganbank.blogspot.com/2013/12/3TabunganBCACaraMembuatdanBiayaAdministrasi.html

    ReplyDelete
  69. Kalau saya 2 kali ditolak BCA karena KTP saya luar kota (Jakarta).
    1. Pake surat keterangan kerja, tapi masih ditolak karena domisili kantor saya di Kuningan buka rekening di Cawang.
    2. Domisilinya udah sama tapi kata CS nya harus ada no ktp bla bla di Keterangan Kerja nya (Yang bikin bukan saya, kan HRD perusahan)
    Padahal waktu buka rekening BNI ga seribet ini, mudah banget. Ane ampe sekarang kapok mau buka rek BCA, pelayanan CS nya juga kurang nyaman (pasang muka judes). Kayak ga mau ribet gitu.

    ReplyDelete
  70. bakat tuh jadi penulis,.. storynya keren abis.. hahahaha ya aplause deh

    ReplyDelete
  71. Mau tanya dong tahapan Xpresi untuk biaya transfer ke sesama bca dan luar bca berapa ya pakai atm?

    ReplyDelete
  72. Setelah saya baca pengalamanmu.

    Saya beri komentar sedikit.
    Terkadang CS nya masih TRAINEE jadi gak tau Info terbaru dari PUSAT dan terkadang masih agak susah menanggapi.
    Tadi siang barusan saya berurusan dengan CS yang masih TRAINEE dia masih bingung menanggapi permasalahn nasabah,
    tadi TandaTangan di Kartu ATM aja bingung menggunakan apa.

    Saran dari aku sich kalau mau buka Tahapan Xpesi buka di MyBCA atau KCU aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi sekalipun Trainee, masa iya sih hal-hal dasar tentang produk BCA atau bahkan TANDA TANGAN DI KARTU ATM gak diajarin sama pihak BCA? :O Saya awam loh, cari taunya ya di websitenya.. baru kaget pas di lokasi :D

      Sarannya mungkin bisa dicoba buat temen2 lain? hehehe..

      Delete
  73. Kalau mau buka tahapan xpresi syarat nya bawa surat" apa aja? (Biar ga diusir satpam)
    trus setoran awalnya minimal berapa?
    *Masih newbie nih hehehehe, buat jajan olshop :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya sih KTP doang cukup, tapi gak tau lagi di KCP kamu. Kalo Xpresi sih min 50 ribu kalo gak salah. Coba cek websitenya aja

      Delete
  74. bisa buat gambaran, soalnya mau buat rekening juga :v

    ReplyDelete
  75. thanks for sharing !! :) berguna banget

    ReplyDelete
  76. Salam kenal manda.. baca blogmu ini aku ketawa ngakak *buahahahahaaaa* gila itu cs kerja gak bener banget! Jelek*in nama BCA aja. Tindakanmu itu udah bener banget manda biar tau rasa itu cs wkwkwkwk. tapi salut lahyaaa sama pihak BCA cepat tanggap saat ada complain dari customer. Tulisanmu ini berguna banget thankyou :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah.. biar sama-sama belajar lah :D siip.. sama-sama ;)

      Delete
  77. aku juga mau buka tahapan expresi deh :D setelah baca blog ny manda jadi tahu deh pilih yg TAHAPAN atau EXPRESI, thanks tulisan nya cantik membantu sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siip.. yang penting sesuai kebutuhan yah :D

      Delete
  78. Makasih mbak. Soalnya aku juga mau buka xpresi. Jadi udah tau selukbeluknya hehehehe

    ReplyDelete
  79. Mba, udah 2015 mba. Update dong mba gimana kelanjutan xpresinya? Ehe ehe.
    Rencana besok mau buka rekening bca nih demi olshop. Hehe.
    Anw, makasi banyak mba infonya 😀😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelanjutannya bisa dibaca di sini https://volareamanda.wordpress.com/2015/02/12/review-bca-tahapan-xpresi/
      Olshopnya apa dulu nih? Kalo transaksinya di bawah 5 juta masih bisa pake ini, kalo udah maen jut-jut semacam olshop gadget gitu not recommended loh..

      Delete
  80. Saya mau buka rekening demi olshop, transaksi perbulan di bawah 5 juta kok, saldo minimal agar uang tidak habis terpotong biaya administrasi berapa yah ? Terus kalau mau nambah saldo bank tanpa ke bank nca bisa gak ? Soalnya kantornya jauh banget dari rumah saya, hehehe( saya sekarang kelas 1 sma ).

    ReplyDelete
  81. Saya mau buka rekening demi olshop, transaksi perbulan di bawah 5 juta kok, saldo minimal agar uang tidak habis terpotong biaya administrasi berapa yah ? Terus kalau mau nambah saldo bank tanpa ke bank nca bisa gak ? Soalnya kantornya jauh banget dari rumah saya, hehehe( saya sekarang kelas 1 sma ).

    ReplyDelete
    Replies
    1. saldo minimal 10 juta.
      bisa aja, lewat atm setor tunai itu bisa.

      Delete
  82. nice share mbak..
    itu suku bunganya gmn? lebih besar dari biaya bulanannya gg mbak...?
    trs,, dulu waktu di suruh bawa KK asli, itu beneran berfungsi?

    *lagi pengen buka tahapan xpresi nih,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh nggak tau soal bunga berbunga ya.. soalnya kan tujuannya buat dompet, banyak transaksi. Jadi ga peduli bunga soalnya tiap akhir bulan pasti saldonya abis dibelanjain :p
      Ga tau juga itu KK berfungsi apa, pokoknya bawa aja.

      Delete
  83. Pengalaman kamu sangat membantu banyak orng mbak...dan saya mengucapkan banyak terima kasih,
    Hari ini mengalami kejadian yg sama di KCP kota trenggalek, wktu itu sy mau buka tahapan Xpresi setelah googling sana sini, ehh sama CSnya dan atasannya yg juga ngomel2 ke saya intinya gak boleh pake tahapan Xpresi karena tahapan Xpresi itu dikhususkan untuk pelajar, nah loh...Lha wong ktp saya masih pelajar kok..
    Dan pada akhirnya karena gak mau ribet2 lagi akhirny dg terpaksa dan dipaksa sy buka tahapan bca biasa, habis pulang langsung sy sikaaat menghubungi halo bca (memang sudah sy rencanakan wktu duduk dikursi panas itu daripada ribet panjang2), setelah cerita blablabla akhirnya email saya pun langsung ditanggepin oleh halo bca (walaupun sy juga gak berharap di bales, lha wong KCP di kota kecil saja), tpi belum tau apa tindakan selanjutnya yg dilakukan oleh KCP BCA trenggalek habis iNi, meskipun sy tidak berharap banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yowis lah.. bank kan ga cuma BCA hehehe.. kalo kepaksa yauda lah..

      Delete
  84. Sebenarnya saya terbiasa menggunakan MBanking BCA melalui Ponsel. Pengalaman pertama saya menggunakan Internet Banking untuk transfer antar Bank malah membingungkan karna harus mengisi Nama Bank, Cabang dan Nama Pemilik Rekening serta harus menggunakan Key BCA untuk mendapatkan kode transfer. Saya transfer masih bingung dengan LLG dan RTGS yang saya pilih adalah LLG karena defaultnya adalah LLG pada klikbca yang saya buka, namun akhirnya setelah proses selesai dana tidak masuk dengan selesainya saya transaksi melalui EBanking tersebut karena saya tanyakan kepada yg saya transfer belum ada dana masuk namun dalam mutasi rekening telah tercatat dan biaya Rp. 5000,-. Kalo untuk langsung masuk baca-baca harusnya menggunakan RTGS tetapi dengan biaya Rp. 25000,-
    Coba bandingkan dengan menggunakan M-BCA kita hanya memerlukan nomor rekening, begitu transaksi selesai maka saat itu juga dana telah masuk ke rekening tujuan dengan biaya Rp. 6500,-

    Share Info Guys.......... : )
    Berwisata ke Jogja dengan Sewa Mobil Murah atau Sewa Mobil Matic serta Sewa Mobil Lepas Kunci gratis antar jemput di Bandara, Hotel dll. Kami juga melayani paket wisata atau sewa mobil dengan sopir. Untuk Daftar Wisata Jogja
    www.iwantransport.com
    www.rentalmobilyogya.net
    www.podjokjogja.com
    www.rentalmobillepaskunci.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah palsu.. selama ini gw gak seribet itu kok.. mungkin pengaruh orang ya. Kalo orangnya ribet jadinya transaksi juga ribet :p

      Delete
  85. Waduh bacanya ribet >.< btw kalo berkenan hati

    Saya dibawah umur saya baru 15 tahun masih ragu untuk membuat rekening BCA karna bisnis Online tertentu...

    saya pengen tau perbulannya dipotong berapa saldo ya ???
    Jadi biar gak bingung

    Btw kalo CS nya nyebelin siap siap aja pake golok :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belajar dulu ya dek.. coba baca2 webnya...

      Delete
  86. mantap,
    saya baru buat rekening tabungan Xpresi.
    So far.... ga ada masalah,
    kk volare update dong gimana tabungannya sekarang,
    ada masalahkah?
    maaf anon, ribet mau login -_- hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketauan ga baca sampe abis yaa.. :p

      Delete
    2. haha tau aja kak,
      btw kak, sy buat rekening xpresi buat nabung kak,
      pendapat kk?
      hehe

      Delete
    3. Nggak pernah setuju kalo tabung di tempat yang ada ATMnya.

      Delete
  87. " Kalo buat nabung, saya sangat sangat gak rekomen. Kalo mau nabung atau parkir duit, mending pake Tabunganku deh. "

    waduh kak, saya buat tahapan Expresi malah buat nabung -_-
    bener tu kalo Tabunganku ga pake biaya administrasi?

    ReplyDelete
  88. mbak misal saldo rekening expresi udah dibawah 5 ribu, apakah rekening masih aktif, kalo masih kira'' brp bulan ya ?

    ReplyDelete
  89. Hi volare. Skg udh 2015 dan syg bgt bca masa hrus terulng kjadian d sy. Bca yg sy datangi jg blgy cm ampe 25. beday pas dtawarin produk lain sy lgsg nolak.hee. tp Berkat baca ni saya ikutin cara km buat komplain tp blm dtlp nih. Sbnery rada mles jg buat balik lg terlebih yg m bkin mamah sy. Dan jarsk k bca dr rmh ckup jauh. Huhu

    ReplyDelete
  90. Sis manda, mau tanya kalo setoran bisa pakai mesin setor di atmatau harus ke tellernya(setor manual) ya? Terima kasih :)

    ReplyDelete
  91. pengalamannya ga beda jauh sama aku. sama-sama dibohongin tentang bca xpresi dan disuruh pake bca tahapan silver duhh bca kenapa sih. nice post kak 👍 kalo gitu ga usah sekalian adain promo bca xpresi aja sekalian. iya ga?

    ReplyDelete
  92. Baru baca blog nya ba manda nihh hehehe. Saya kan mau buka rekening BCA Expresi nih, tapi saya masih berumur 13thn. Bisa kan ya buka rekening ini? Trus syarat buka rekening ini untuk saya yg usianya 13thn apa? Harus sama orang tua juga??

    ReplyDelete
  93. Thanks infonya!
    Panik banget abisnya baru buka xpresi, terus ada info batas 25 tahun @@

    ReplyDelete
  94. Sis manda mau tanya, tahapan expresi kalau keblokir salah pin memang harus tutup akun ya? Itu saldo nya masih bisa di ambil ke bank nya langsung kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak tau, nggak pernah keblokir

      Delete
    2. Kok sama di BRI ya ..

      Aku mau daftar BRI Simpedes 6500/perbulan eh disuruh buka yang Simpedes kartu kuning 12000/perbulan katanya yg 6500/perbulan kartunya habis

      Delete
    3. Biar tetap hidup dan nyimpen duit kita, SEMUA perusahaan akan berusaha cari keuntungan.

      Delete
  95. Sis mandaa atm xpresi ku keblokir, kalau gak salah kalau xpresi harus tutup akun kalau keblokir ya? Saldo nya masih bisa diambil kan sis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak tau, belum pernah ceroboh sampe keblokir. Harusnya bisa.

      Delete
  96. Boleh nih kedepan di rekomendasikan ke anak untuk buka tahapan xpresi

    ReplyDelete
  97. Kak manda, aku baru aja dari bank bca kcp pondok candra, aku juga mau buka tahapan xpresi, tp kata CS nya aku disuruh daftarin nomer dlu ke plaza marina buat m banking, stauku mau buka rek tahapan xpresi cuma bawa uang dan identitas diri kan kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada hubungannya antara daftarin nomer sama syarat buka rekening.. coba tanya aja ke CSnya supaya lebih jelas..

      Delete
  98. gimana caranya liat histori transfer, tarik tunai, dan lain lain dari awal buat rekening? kalo tahapan biasa kan bisa liat di buku tabungan, nah kalo ini dimana ya>?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di klikbca ada di Histori Transaksi, kalo mau model kayak buku tabungan, ada di Mutasi Rekening

      Delete
  99. Saya barusan daftar mba', klo cara saya, saya daftar online dulu di klikbca, nanti ada nomor pendaftaran gitu, ada formulir dlm bentuk pdf tgl print, dan bawa ke cabang BCA. Sampai disana, csnya rada jutek mukanya sambil tanya, "Ini daftar dimana?", sya jawab "Daftar online lah, kan ada klikbca, disana tertulis tgl bawa aja formulir ini". Cs nya blg "Tapi ini gak ada buku tabungan", "udah tau mbak", cs blg lgi,"tapi motif kartunya cuma ada satu disini", "gpp mbak,gak penting juga motif di kartu", padahal saya udah siapin foto anak utk dicetak dikartu, katanya baca diinternet bisa. Csnya mati kutu, gak bisa bujuk saya dengan silver, platinum atau gold. Mbak nya kayak pasrah, dan senyum nya tetap dipertahankan utk melayani nasabah.

    Sambil mau tanya, Virtual Account utk apa ya? Saya gak ada, dan keyBCA juga utk apa? Saya gak dapat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Virtual Account itu untuk akun-akun khusus yang memang menggunakan VA. Misalnya Reksadana. KeyBCA memang bikin sendiri, pak. Tujuannya untuk internet banking.

      Delete
  100. Sukaaaaaa baca blogny kak hehe. Btw aku baru jadi nasabah tahapan xpresi bca juga, dan skrg lg bingung soalny gak bs regist online di m-bca ktny pulsa tdk cukup pdhl msh 16rb, emg prlu byr brp sih? Awalnya mau trf belanja online, tp kt CSnya hrs tggu 1x24 jam br bs dipake krtuny, dan ini belom bs regist malah-_- huhuu..

    ReplyDelete
  101. Waduh saya baru buka rek. Tahapan atm silver. Padahal pungsinya buat nabung ama penarikan. Potongan perbulan 15.000
    Mbak cs nyaranin tahapan saja.. gara malu bnyak omong ya q yaya aja.
    Skrang galau pdahl mau tarik total 450.000 eh saldo rata2 biar ga ad potongan tambahan harus 100.000
    Trus q cek saldo lewat klikbca 440.000
    10.000 mutasi debet.. apa sh mutasi debet bener2 ga ngerti. Gmn solusi padahl mau naruh uang di bca sekitar 8jt. Tp potongan tiap prbulannya 15.000
    Welehhh... curhat dulu. Klo nabung di bri nyari simpedes prbulan 6.500. Tp kata blog q bca bnyak potongan tarik uang ke di atm bri sendiri ada potongan
    Trsfer sesama bri jg ad potongan.
    Galau berat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nabung jangan di tempat yang ada ATMnya.

      Delete
  102. Mau tanya dong, kan aku juga pake tahapan ini, terus temenku mau transfer uang dan minta no rekening bank bca aku, aku sendiri gatau no rekening banknya soalnya kan tahapan expresi ga ada buku tabungannya jadi aku gatau no rek aku brp , intinya kalau mau liat no rek dimana yaa? Di kartunya? Kartu bagian depan atau blkng? Yang 16 digit atau yg 10 digit yg ksh dari csnya? Gimana sih nanyanya ko aku bingung sendiri hehe , semoga ngerti yaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas bikin ga didampingi orang tua ya dek? :D
      no rekening ada di kartu bagian belakang yang disertai nama pemegang rekening plus tanda tangan.
      bisa juga cek lewat login di klikbca.com di bagian Informasi Rekening.

      Delete
    2. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  103. Kak, Volare Amanda. Aku mau tanya boleh, ya?:D Aku baru mau buat rekening Xpresi dan dengar-dengar setiap penarikan uang dipotong Rp. 15.000 Apa benar, Kak? soalnya aku jadi ragu, karena uang segitu bisa untuk 3x anak kos makan. Hehe, maaf ya malah curhat. Tolong dijawab ya, Kak. Terima kasih :D

    ReplyDelete