Saturday, September 28, 2013

CS @XLCare dan IFEF Surabaya 2013

Ini nggak ngerti kenapa 3 hari ini gak bisa ngepost apa-apa di Blogger. Jadinya ngetik di email, trus nanti di rumah baru ngepost. Hahahaha.. Tadinya mikir browsernya yang payah, tapi dicoba di browser lain juga error. Ah gak asik ah. Ato jangan-jangan ni virus ya? Soalnya emang browser di komputer kantor itu udah kena virus, error gitu. Tapi masa sih sampe IE juga error? A'uk ah. Jadi terpaksa postingan kali ini dirapel jadi satu yak.

@XLCare
Ni ceritanya siang-siang kemaren ditelpon sama CS-nya XL. Soalnya kapan hari sempet komplen gitu lewat twitter, gara-gara CSnya gak bisa ditelpon. Biasalah, nyebelin kok CS itu. Untung udah ada twitter sekarang. Biasanya di twitter sih cepet responnya. Malah aku yang lelet balesnya, soalnya kan gak onlen tiap saat, jadi kalo pas ngecek ya baru tau ada balesan. Buat yang pake XL dan mau komplen-komplen, boleh nih ke @XLCare.
Trus kemaren pas liat DM dari @XLCare, ternyata aku udah 2x komplen. Yang pertama gara-gara gak bisa internetan. Case closed gitu. Trus yang kedua, biasanya kan aku pake paket Bebas Internetan. Gak tau tuh gimana, pake paket ini bisa bener-bener free loh internetannya. Mo internetan sampe batere abis dan hape panas pulsanya juga gak berkurang-berkurang. Asik deh. Toh pakenya juga paling banter buat social media atau kirim email doang.

Kirain ini satu paket sama paket keluarganya gitu. Kan ceritanya aku jadi pake XL (lagi) soalnya nomer keluarga gitu. Jadi nomernya berurutan. Trus aku liat nomernya bagus, jadi oke deh, relain Axisnya pergi aja. Huahuahua.. Ternyata Bebas Internetan ini cuma free 6 bulan pertama, trus baru pilih paket lainnya. Hmmm.. rada trauma deh saya soal paket mempaket gini. Jadi sampe sekarang belum tau mau pake paket yang mana. Tapi ajdi nyadar juga, wah ternyata udah 6 bulan ya pake nomer ini. Hmmm.. sejauh ini oke lah XL. Aku dapet bonus SMS tiap hari 920 SM ke sesama XL, 80 SMS ke lain operator. Everyday! Yayy!! Suka lah aku bonus-bonus SMS gini. Soalnya kan jualan pulsa juga, trus butuh buat broadcast-broadcast SMS gitu. Lumayaann.. Trus pake SERBU-nya oke juga. Kadang kalo butuh curcol sama bapak gembala, lumayan bisa pake SERBUnya, nelfon sepuasnya cuma dengan 1-2ribu! Huehuehueh... Toh aku juga bukan orang yang suka telpon lama-lama sampe 6 jam gitu kan, paling 2-3 jam. Jadi cukuplah.
Eh tadi mo cerita apa ya?
Oiya, ditelpon CS.
Jadi tadi nih CS XL-nya nelpon trus ngadain survey terkait pelayanan @XLCare gitu. Suaranya asik gitu, kayak suaranya sapaa gitu. Kan sebelum ditelpon, saya lagi asik dengerin Hard Rock FM, jadi lagi terpukau sama suara penyiarnya. Tiba-tiba ditelpon gitu. Biasanya aku kesel sih dapet telpon gitu, soalnya ntar nawarin apalah, nipu-nipu gitu. Bikin emosi lah, mana belum makan siang pula. Untung cuma survey dan CSnya sopan juga.

Dan entah kenapa, abis ditelpon itu tiba-tiba aku jadi pengen kerja jadi CS! Asik gitu rasanya, nelponin user, trus survey-survey gitu. Secara emang aku suka wawancara-wawancara gitu deh heheheh.. Cuma setelah dipikir-pikir lagi, males juga sih jadi CS, dapet telpon komplen terus kan tiap hari. Kesel lama-lama. Bisa gak ya jadi CS yang bagian survey gitu doang, trus dapet usernya yang ramah dan suka ngajak guyon kayak aku? Buahahhahahah..!!
Overall, operator di Indo ya gitu-gitu aja sih. Ada nyebelin ada nyenenginnya. Udah hampir 4 tahun ini aku pake IM3 juga kadang nyebelin (walo emang karena dodolku aja sih, ngutek-ngutek paket), tapi toh akhirnya bisa puas juga hehehhe.. XL juga gitu, yang nyebelin malah Twitter dan Gmailnya nih. Entah kenapa buka Twitter di Opera Mini suka tiba-tiba logout sendiri pas asik-asik berkicau. Udah gitu akhirnya gak bisa berkicau lagi. Huh. Yang paling aneh malah Nexus-nya papa. Kalo login Twitter, gak pake 1-2-3, langsung nutup tuh browser! Aneh banget. Buka Facebook oke-oke aja lho.
Trus Gmail juga. Sekarang gak bisa buka versi webnya, cuma bisa buka versi mobilenya :( Padahal kan aku butuh buat kirim-kirim data gitu lewat hp, dan kalo versi mobile gak ada pilihan attach file-nya. Hiks. Apa mungkin gara-gara abis di-upgrade ya? Entahlah..
Kalo blogger ada info soal Opera Mini gini kabarin ya. Oya, fyi, hapeku itu bukan smartphone, android, atau BB ya. Hape biasa yang mungil namun serba guna. Heuhuehuehe.. hape pertama yang dibeli pake uang sendiri niihh.. 

IFEF 2013

Jumat-Minggu tanggal 27-29 Sepetember ini Surabaya kedatengan IFEF alias Indonesia Financial Expo & Forum yang diadain Kontan News di Gramedia Expo. Awalnya sih pengen dateng soalnya ada workshop yang diadain QM Financial, bayar 200 ribu. Krik krik, pengen lho padahal. Trus ada tau Ligwina Hananto () mau ngasih free talkshow juga di IFEF, tambah semangat! Eh ternyata hari Jumat siang :( Salah jadwal.. kirain Sabtu siang. Tau gitu kemaren kabur aja dari kantor (lho?).

Akhirnya diputuskan ambil yang free-free aja ya (oh, I love that 'F' word!). Jadi ditekadin dateng pamerannya aja, toh kalopun ada HTM paling ya 25ribuan. Direlain aja deh, toh dapet FREE financial check up *big grin* Eh ternyata sodara-sodara, gak ada HTM alias FREEEE!!! Yeaaayyy!! Tambah cinta sama acara ini huahuahhau.. Btw, maaf ya ni foto-fotonya rada aneh, soalnya ngambil cepet-cepetan pake kamera hape.


Pojok Talkshow
Jadi pas masuk, kita langsung disambut laptop berjejeran (ni financial expo atau electronic expo?) yang mana ternyata laptop ini digunakan untuk financial check-up nya kita. So, ketik ketik, submit sana sini, akhirnya diprint deh hasil diagnosis sementara dari keuanganku.

Masuk ke ruangan pameran, aku disambut banyak orang, berasa artis gitu deh, disenyumin, trus ditanya-tanyain, "Mbak, udah investasi belum? Silakan mbak diambil brosurnya, ya.. Dari mana nih, mbak? Mari mbak duduk dulu, minum dulu.." Cuma sebatas itu sih. Tapi karena tujuannya mau check up sekalian liat mbak Wina (heuheuhue.. pas itu belum tau kalo ternyata salah jadwal), jadi cuma disenyum-senyumin aja deh.

Nyampe pojok ruangan yang dipake financial check up, yes, SEPI! Cuma ada 1 orang yang nongkrong disana, en gak ada pasien lain, so langsung saja kita masuk!
Ruang periksa
Setelah itu akan dibedah oleh sang dokter, analisis sana sini, ya gak sampe segitunya juga sih, kan keuanganku ya cuma segitu aja, gak main credit card, gak punya tanggungan, belum nikah juga, jadi yaa.. rada krik krik gitu juga sih check up-nya. Si ibu dokternya nyaranin untuk sebisa mungkin nabung sampe 500ribu sebulan. Buat dana proteksi dan dana darurat. Siap bu dokter! Diusahakeun! Hehehuehue.. Tapi yang agak-agak sebel nih, si ibu malah nyaranin pake unitlink. Heemm... Bukannya kenapa-kenapa ya, tapi aku sih menganut kepercayaan dimana sebagus-bagusnya kamera hape, tetep lebih bagus kualitas kamera poket! Hehehhe.. Jadi lebih baik gak nyampur-nyampurin dana asuransi (proteksi) dan investasi. Wong bisa dibeli sendiri-sendiri juga.

Muter-muter, eh diprospek salah satu reksadana. Ya sudahlah, aslinya sih cuma ngincer Panin, tapi karena di booth Panin lagi rame, boleh lah, mumpung lagi pengen diprospek. Huehuehue.. Mbaknya cukup ramah dan asik diajak ngobrol sih, mungkin karena sama-sama masih muda, jadi cepet nyambung. Cuma beberapa dari pertanyaanku kok rasanya rada kurang nyambung ya jawabannya? Gak nangkep maksudnya sih. Tapi overall, oke gitu.

Muter lagi, eh lha kok ketemu Hani, temen kuliah dulu. Halah dulu, kayak udah lama aja! Huhuhehauhau.. Ternyata dia juga mulai main reksadana, udah mulai sebulanan. Hmm.. hebat juga dia. Jadi iri.. Trus dia ngajakin maen saham juga, tapi aku belum berani. Buka rekening bank aja banyak banget yang dipertimbangkan! Hahahha.. Mungkin kapan-kapan ya, Han!

Muter lagi, nah sip ini boothnya Panin lagi kosong.
Eniwey, yang kuceritain disini ini terlepas dari promosi Panin ya! Aku gak dibayar apapun sama Panin, dan cuma mau ceritain apa yang aku tau aja soal Panin ini.

Ternyata emang beda ya sales-nya perusahaan gede ama yang biasa. Salesnya asik banget orangnya, nyantai gitu. Walaupun dianya gak terlalu keliatan antusias, tapi dari setiap penjelasannya bikin otak tuh rasanya "cling, cling" cerah gitu. Dia jelasin macem-macem reksadana yang dipunyai Panin, trus tanya pengennya investasi buat apa. Ya aku jelasin pengen investasi yang begini begono, trus ditanggepin lagi, dst. Dan sebelum ke expo ini kan emang aku sempet browsing dan cari info macem-macem, sempet udah yakin sama salah satu produk, eh ternyata sales-nya bilang kalo produk yang itu cocoknya kalo pengen main spekulasi. Berani ambil resiko gitu. Dan senengnya, dia gak cuma nyebutin resikonya, tapi dia bisa jelasin produk lain yang keuntungannya lumayan dan resikonya juga gak terlalu berat.

Namanya investasi ya pasti ada resiko. Makin gede resiko, makin gede juga return yang kita dapet. Cuma kan kadang sales person itu nyebelinnya dia cuma mau infoin yang bagus-bagus soal produknya dia, tanpa peduli profilnya kita ini gimana, trus pengennya kita gimana. Or tanya pengennya kita gimana, tapi sok-sok persuasif ngajakin kita untuk ikut caranya dia. Sales person kayak gini biasanya bikin aku males dengerin produknya, sekalipun produknya bagus, tapi kalo sales personnya gini, hadeehh..

Sales personnya Panin ini dia berani ngomong bagus ke produk yang emang bagus dan berani blak-blakan soal resikonya juga. Trus aku sempet tergiur pengen inves juga di RD Pasar Uang kan, untuk jangka pendek, dia berani lho bilang kalo produk itu dia kurang rekomen. Soalnya emang lagi jelek banget returnnya, gak bisa untung. Trus dia ngasih rekomen produk yang lain. Dan senengnya lagi, dia juga bilang, "tapi ya terserah kamunya mau gimana, RD Pasar Uang emang lagi jelek returnnya, tapi kalo kamu mau inves sekarang ya gapapa, kan harganya lagi turun, lebih murah. Sapa tau nanti bisa naik banyak, kan jadi untung tuh."

Wuaahh, jadi tambah respek nih sama orang ini. Berani gitu ngomong jelek tentang produknya dia kalo emang jelek, dan berani ngasih solusi lain tanpa maksa untuk ngikutin maunya dia. Aku sih tipe orang panikan dan gampang ikut arus, tapi justru kalo dipaksa-paksa untuk milih satu hal atau terlalu dibiarkan milih satu hal malah jadi males dan gak yakin. Aku lebih suka ada orang yang berani ngasih tau pilihan-pilihan lain dan resiko-resikonya dan membiarkan sendiri aku ambil keputusan. Semakin orang itu berani bukain fakta-fakta soal resiko yang bakal aku hadepin, aku justru makin respek sama orang itu, justru aku makin berani ngikutin dia word by word sekalipun (mungkin) ada orang lain yang berani ngasih keuntungan lebih dari orang itu. Gak gampang lho ngomongin fakta kan, kadang fakta ditutup-tutupi supaya mereka untung atau kasian sama kitanya.

Kayaknya orang ini boleh deh jadi jujukan nanti kalo udah beneran terjun ke reksadana. Huehuehue.. Sotoy banget aku, padahal baru ngobrol sekali juga! :P Gara-gara itu juga, jadi pengen deh kerja jadi beginian, ngeprospek orang. Padahal ngomong aja masih pletat-pletot gak karuan gini xD

Yah, kira-kira begitulah yang aku dapet dari IFEF kali ini. Moga-moga lain kali ada lagi ya! Hehehhe.. puas banget sama nih acara soalnya!

8 comments:

  1. memang gmail untuk tampilan mobile gak ada pilihan attachment. aku pake opera mini lama juga sama, langsung ke tampilan mobile. kyknya itu bukan salah opera deh. krn harusnya dari tampilan mobile ada pilihan untuk pindah ke tampilan full web. kelakuan google sepertinya yg menghilangkan pilihan itu.

    sebagai alternatif, pakai mail yahoo dulu aja. versi mobilenya support attachment.

    ReplyDelete
  2. daku baru hari jumat kemaren beli reksadana manda, hahahha, ambil 2 aku yang pasar uanga sama saham, trus minta potong otomatis mulai bulan depan di rekeningku buat belinya lagi, gak banyak si, tapi mulai disiplin untuk investasi di awal. ka;o yang saham si buat dana pensiun gitu, kayaknya gak bakal aku utak-atik sampe aku pensiu kalo emang report tahunannya bagus. trus yang rd pasar uang ma buat tabunganku aja kalo pengen beli apa someday :p tabunganku jadi minim banget, tapi aku pikir sakit2nya kalo ada keperluan mendadak aku punya LM yang bisa digadai ato dijual *amit2 jangan sampelah* hahahhaha. kalo sakit aku masih punya askes *ini lebih amit2 lagi*.

    ReplyDelete
  3. Wow, pada ngomong soal investasi XD hahah~ keknya udah waktunya juga aku belajar invest selain tabungan di bank lol

    btw, aku muales ngutak atik paketan lol, tipe praktis yg pake sekali untuks elamanya *apaan sih* wakkakak~

    ReplyDelete
  4. @mas Danu: aah.. rupanya begitu.. mail yahoo malah gak bisa kebuka di opera miniku hehehhe..

    @mbak Mega: Oh ya mbak? Iya nih kupikir boleh juga buat awalan investasi reksadana dulu, selagi nabung buat beli LM atau yang lain. Hehehe..

    @ce Anita Bong: Iya, ayo ce mulai investasi. Hehehe.. nabung aja kurang cukup untuk lawan inflasi :D
    Bener, ce. Aku juga males ganti-ganti paket, soalnya gak bertahan lama, ntar diganti lagi paketannya sama pihak operator. Nyebelin deh.

    ReplyDelete
  5. beli LM pun aku dulu iseng lewat pegadaian, hahahahaha, pengen tau rasanya punya LM :p belinya pun nyicil gitu Manda ^^' ada kok LM yang 5 gram.

    ReplyDelete
  6. Iya nih mbak, tapi aku belum sanggup nyicilnya. Huahuhahua.. sabar deh gak boleh buru-buru, ntar malah hasilnya ga karuan :D

    ReplyDelete
  7. Kak mau tanya, td saya juga mau buka rekening tahapan xpresi di KCP pondok candra, dan kata ibunya td saya harus daftarin nomer dlu ke plaza marina untuk dpt m bankingnya, harus gt ya kak ?

    ReplyDelete