Wednesday, August 24, 2011

b30d #3 A Man Of One Book

Perlu diketahui bahwa tulisan-tulisan terkait b30d ini BUKAN review buku Before 30 Discipleship. Kalo mau tau isinya, beli aja heheheh.. Tapi ini merupakan sharing pribadi dalam perjalananku baca buku ini.

Okeh, kita masuk di minggu ketiga yaitu, A Man of One Book.

Minggu ini belajar dari Daud bagaimana dia sangat mengasihi Tuhan dengan mencintai Tauratnya. Kitab Mazmur itu yang nulis sebagian besar adalah Daud lho. Sejak dia masih bukan siapa-siapa, sampai dia jadi Raja Israel, bahkan (mungkin) sampe akhir hayatnya. Bagi siapapun yang meragukan kasih Daud kepada Tuhan, monggo baca Mazmur-nya.

Soal mencintai Taurat, huhu.. aku belum ada apa-apanya sama Daud. Jauuhh... itu jarak antara Indonesia ama Kutub Utara kale! Harus beberapa kali transit baru bisa kesampean. Daud itu merenungkan (merenungkan lho ya, bukan membaca, atau melafalkan) Taurat Tuhan 2 kali sehari.
Mazmur 1:1-2  Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.
Aku? Malem doang.. itupun gak selalu merenungkan. Seringkali pas udah kecapean, akhirnya cuma baca doang.

Ngomong soal A Man Of One Book, jadi inget juga prinsipnya ko Philip soal baca Alkitab.
  1. Alkitab merupakan TANDA hubungan kita dengan Tuhan. Seberapa deket kita dengan Tuhan, bisa dilihat dari seberapa dekat kita dengan Alkitab kita. Orang yang dekat satu dengan yang lain, pasti menyediakan waktu untuk saling curhat. Bener gak? Gak mungkin orang disebut dekat dengan orang lain kalo gak ada komunikasi di antara mereka. Salah satu cara untuk kita berkomunikasi dengan Tuhan selain berdoa ya dengan baca Alkitab!
  2. Alkitab adalah surat cintaNya. Pernah ditinggal pacar ke tempat yang jauh? Apa yang dilakukan? Diem-dieman sambil membayangkan? Atau sibuk smsan atau telpon? Pasti yang kedua ya kan? Hehehe... Samaa.. dengan apa kita berkomunikasi sama Tuhan kalo gak lewat Alkitab? Ya mungkin bisa lewat doa & suara audible-nya Tuhan. Tapi tapi.. kemungkinannya berapa persen sih kita bisa denger suara Tuhan langsung? Malah jangan-jangan pas kita dengan suara Tuhan, kita malah takut & ngira hantu?? Wah wah.. Makanya Tuhan pake surat! Selain romantis (ciee..), tulisan kan bisa diterima semua orang..
  3. Pelajari Alkitabnya, BUKAN hal-hal seputar Alkitab. Seringkali kita pikir dengan mengerti tentang Alkitab, belajar bahasa aslinya, hafal dari Kejadian sampe Wahyu, kita bisa disebut orang yang dekat dengan Tuhan atau paham banget tentang Tuhan. Hahahaha.. kalo ada orang yang bilang dengan hafal Alkitab, atau khatam Alkitab itu artinya kita bisa deket sama Tuhan, I'm sorry guys, you're wrong! Hafal atau khatam itu cuma sebagian dari dampak karena kita MELAKUKAN FirmanNya. Percuma apal doang tapi gak diterapkan. Kalo seseorang cuma hafal, nanti kalo udah hafal, trus mau apa? Gak ada yang perlu dilakukan lagi kecuali buang tuh Alkitab jauh-jauh. Iya gak? Kan udah apal! Beda kalo diterapkan. Karena walaupun Alkitab itu buku kuno yang udah ada dari jaman-jaman dulu, isinya justru paling relevan daripada koran yang paling up-to-date sekalipun lho! Gak percaya? Kalo yang namanya homoseksual itu baru ada di era modern gini, jangan salah, di jamannya Abraham aja udah ada kok yang namanya homoseksual.. di Sodom & Gomora!
  4. Bagi orang lain yang tidak mencintainya, pasti tidak mengerti maksudnya. Pernah ngerasa gak sih kalo temen-temen kita yang lagi pacaran itu sikapnya suka aneh-aneh? Yang dulunya bau badan banget, gara-gara pacaran dia jadi super wangi. Yang dulunya anak basket banget, gara-gara kepincut anak perpus, eh jadi sukanya nongkrong di perpus sekarang. Orang yang lagi jatuh cinta itu aneh-aneh kelakuannya menurut orang-orang di sekitarnya yang gak lagi jatuh cinta! Baca Alkitab juga gitu. Kita gak akan mengerti maksudnya Tuhan kalo kita gak mencintaiNya! Kenapa? Soalnya Tuhan nulis suratnya pake bahasa cinta, lagi jatuh cinta berat ama kita!! Contoh lain, kita suka mual kalo dengan seorang cowok nggombal. Bener gak? Tapi coba kalo kamu lagi jatuh cinta ama dia. Mau dia nggombal paling nggombal sekalipun, kita toh tetep bialng dia romantis abis. Kenapa? Soalnya kita lagi jatuh cinta sama dia! Hehehhe...
Bab ini ngajarin aku banget untuk mencintai FirmanNya. Lebih daripada sebelumnya. Makin dibaca, makin berusaha dimengerti dengan hati, FirmanNya bener-bener jadi sebuah hal yang menyentuh hati, dan gak heran kalo Firman itu jadi hidup!

Monday, August 15, 2011

b30d #2 I See Jesus!

Lanjutan dari bab I (ngebut-ngebut.. ini udah masuk bab 3 soalnya..)

Okeh, prinsip di bab 2 ini adalah: Tuhan mencari orang berdosa!

Waduh, kalo bahas soal dosa-dosaan gini, ceritanya bisa puuuanjaaangg gak abis-abis kayak coklat Choki-Choki :D Itu baru bahas dosa. Kalo bahas pengampunan dan kasih Tuhan, welee.. betapa paaaanjaaangg.. dan leeebaaaarrr... dan daaallaaaammmm... dan tinggiiiiiiii kasihNya!! Sangking panjang x lebar x dalam x tinggi (rumus apaan nih?)-nya, sampe-sampe otak kita yang kecil ini, bahkan otaknya orang paling jenius yang bisa bikin alat untuk meledakkan bumi juga gak bakal muat nampung kasihNya yang super gede itu.
Jadi kalo sampe sekarnag kita cuma bisa mikir bahwa Tuhan itu baik. Titik. Baik itu sendiri udah p x l x d x t tuh! Bahasnya bisa bertahun-tahun gak selesai-selesai.

Salah satu novel yang paling menyentuh hatiku soal rumus kasih Tuhan ini (aku sebut rumus kasih Tuhan aja ya. Rumusnya kasih Tuhan = panjang x lebar x dalam x tinggi) :D yaitu novel The Shack.
The Shack
Buat yang belum pernah baca, aku rekomen banget nih novel! Tenang... alur ceritanya gak berat kok. Awal-awal mungkin emang agak bingung, tapi setelah bab 3 ke atas, wohoooo!! Sekali lagi, ini sebatas pikiran manusia yang cetek lho ya!

Okeh kita mulai dari awal. Kita semua tau sama tau lah ya manusia itu sejak jaman Adam & Hawa jatuh dalam dosa gara-gara makan buah apel, eh salah, buah pengetahuan yang baik dan jahat :D Dan gara-gara gak taat gitu, akhirnya anak cucu Adam & Hawa semuanya tanpa kecuali jadi jauh dari Tuhan. Keinginan hatinya cenderung membuahkan kejahatan (Kejadian 6:5  Ketika dilihat TUHAN, bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata,).

Pertanyaan paling mendasar & paling polos dari seorang Amanda: "Why He still makes us? Kenapa gak di-reset aja kita-kita ini?"

Aku inget waktu dulu sering maen The Sims, atau Harvest Moon, kalo karakter yang aku maenkan udah gak karu-karuan, berlaku sekarepnya mereka sendiri, tingkat stress-nya tinggi, klo masih awal maen pasti aku buldoser itu rumah, bangun / bikin dari awal! :D
Keadaan agak berbeda waktu maen Ragnarok Online. Karena online & pake bayar voucher (mahal bow..), sekali salah bikin dari awal, ya wes, apeslah kita. Salah satu cara ya terpaksa bikin lagi sampe kuota yang tersedia abis. Atau kalo gak bikin ID baru. ID lama anggep aja ludes. Ilang. Tapi itupun sekarang udah ada option untuk men-delete karakter.
Kalo gak suka / gak sesuai, apus aja!

So, why He doesn't do that??

Dia yang punya alam semesta lho. Dia yang punya maenan rasi bintang & galaksi-galaksi, bisa-bisanya "dipermainkan" oleh manusia??

Ilustrasi paling sip yang menyentuh hatiku ada di notesnya ci Grace di FB.
Dari posting sebelonnya, gue dapet pertanyaan yang menarik banget dari Louisa dan Erica

"Gimana bisa Yesus mati buat menebus dosa gue? Waktu Yesus disalib kan engkong buyut kita bahkan belum lahir saat itu. gimana dosa2 kita yg belum ada pun membuat Dia disalibkan??"

"bukannya yg udah buat dosa tuh adam dan hawa ya? skrg qt jd pendosa bukannya adam dan hawa jg penyebabnya?"

Pertanyaan bagus gals!! Abis baca itu gue berulang kali doa en tanya Babe ini gimana yah Tuhan jawabnya?? :p That's why gue suka kalo dapet pertanyaan yang gue sendiri ngga tau jawabannya. Jadi ada sarana berpikir dan tanya Babe!

"Gimana bisa Yesus mati buat menebus dosa gue? Kalo gue aja belon lahir ... belon bikin dosa kok."

Guys, untuk menjawab ini kita perlu sadar satu hal. Bapa kita, Tuhan kita itu adalah Alpha dan Omega. Dalam pembukaan kitab Wahyu ada sebuah kalimat

"Kasih karunia dan damai sejahtera menyertai kamu, dari Dia, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang" (Wahyu 1: 4)

versi inggrisnya "Grace to you and peace from Him who is and who was and who is to come"

Allah kita itu adalah Allah yang ADA, dulu ADA, dan yang AKAN ADA. God who is and who was and who is to come. Dia Allah atas waktu. Dia ada di masa lalu, masa kini dan masa datang. Allah sudah tau semua yang akan terjadi sebelum semuanya terjadi. Karena IA MENGATASI WAKTU.

Jadi ketika Yesus mati di kayu salib, Yesus tidak hanya mati untuk dosa-dosa yang sudah ada (dosa Adam Hawa - sampe dosa Petrus), tapi juga untuk dosa-dosa kita yang BELUM DILAKUKAN tapi dalam pengetahuan Tuhan akan masa depan, Ia tau kita akan melakukannya.

"Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa." Roma 5 : 8

Sederhanannya mungkin seperti ini guys. Pikirkan Bapa itu seperti orang tua yang sayang sama anak-anak-Nya.

Nah ortu zaman sekarang tuh kan rata-rata pada punya yang namanya asuransi pendidikan buat anaknya. Anak baru baby, ortunya udeh nyiapin duit buat nanti dia kuliah!!! Padahal bicara aja belon bisa! Atau kayak gue en Tepen yang begitu tau gue hamil, langsung BIKIN KAMAR BABY, beli box bayi, bahkan sebelon gue hamil aja, Tepen udeh siapin duit buat nanti biaya gue melahirkan dan biaya bikin kamar bayi. Gue belon hamil loh waktu itu, tapi Tepen dha bilang, ini kita ada tabungan sekian buat nanti biaya kamu melahirkan sama biaya bikin kamar bayi. All is prepared!! Sebelon bayinya lahir!!

Kenapa kita prepare itu? Kan bisa aja sesudah bayinya lahir baru cari box bayi? Bisa aja kan? Yah bisa, tapi kita prepare jauh-jauh hari karena sebagai ortu kita tau, bayi ini akan BUTUH ITU SEMUA. Dia butuh box bay, dia butuh kamar, dia butuh baju, dia butuh popok, dia butuh kain bedongan. En nanti gedean dikit dia akan butuh stroller, butuh piring en sendok sendiri, butuh kursi makan. dll.

Bayi gue sadar ngga dia butuh itu semua? Belon lah ... :p Sekarang mah dia masih asik berenang, maen2 di perut gue haha.

But as a parents we've prepared all this because WE KNOW our baby will need that!

en kalo gue yg orang berdosa, aja tau mempersiapkan yang baik untuk anak gue, apalagi BAPA!! Dia tau kebutuhan terbesar kita itu bukan pakaian, bukan rumah, tapi KESELAMATAN. Karena itu sebagai Bapa yang bae, sebelon kita lahir, sebelon engkong buyut kita lahir, sebelon kita SADAR kita akan butuh itu, Tuhan sudah siapkan semuanya ...

Lewat pengorbanan Kristus, Tuhan Yesus sudah mati untuk menebus dosa gue, dosa gue waktu gue bayi sampe dosa gue nanti waktu umur gue 70 thn, sampe dosa anak cucu gue, semua udeh ditebus, udeh dibayar. LUNAS. Karena Bapa tau, gue butuh itu, anak cucu gue butuh itu ...

En kalo kita mau mengakui dan menerima hadiah Keselamatan itu, dosa kita LUNAS. Tapi kalo ngga mau terima, ya ngga lunas lah, loe bayar sendiri lah ... :p

sewaktu gue hamil ini lah, gue makin sadar betapa Bapa itu luar biasa bae, en ngga seperti ortu yang menebak-nebak kira-kira nanti anaknya butuh apa, sebagai Allah IA TAU PERSIS apa yang kita butuhkan, dan Dia SUDAH sediakan itu!

Lalu pertanyaan selanjutnya,

"Bukannya yang buat dosa tuh Adam dan Hawa ya? Sekarang kita jadi org berdosa kan juga gara-gara mereka?"

Ini pertanyaan bagus. En sepertinya masuk akal. Hehehe. Kan gara-gara Adam dan Hawa, manusia jatuh ke dalam dosa. Betul, yang menyebabkan manusia jatuh ke dalam dosa adalah Adam dan Hawa. Tapi apakah hanya Adam dan Hawa yang berdosa?

Numpang tanya guys, Adam dan Hawa berapa kali sih bikin dosa sampe diusir dari Taman Eden? 10 kali? 100 kali? atau 1000 kali? No, no ... Adam dan Hawa hanya buat 1 DOSA. sekali lagi, Adam dan Hawa hanya buat SATU DOSA. Satu dosa itu CUKUP untuk membuat Tuhan mengusir mereka dari Taman Eden. Only ONE SIN.

Wah kalo gitu dosanya Adam dan Hawa berat banget yaaakkk!! Sampe bikin satu dosa saja trus langsung menyebabkan mereka diusir dari taman Eden!! Dosa apa sih mereka? Membunuh kah? (biasanya itu yang kita bilang dosa terberat, pembunuhaaannn), mencuri kah? Berbohong kah? Berzinah kaliii??

Bukan juga. Dosa yang dilakukan Adam dan Hawa adalah makan buah terlarang. Mereka tidak membunuh, mereka tidak mencuri, mereka tidak berbohong, mereka 'hanya' makan buah terlarang. Singkatnya mereka melanggar SATU firman Tuhan.

Nah ada dua hal yang pengen gue bahas.

Pertama, Pertanyaan gue, kita selama ini udeh bikin berapa dosa? Cuman satu kah? Kalo satu aja cukup melemparkan Adam dan Hawa keluar dari Hadirat Tuhan, dosa gue selama 27 tahun, gue rasa lebih dari cukup untuk melemparkan gue ke neraka yang paling dalam!!

Oke mari kita berhitung, kalo seseorang, sebut saja si A, orgnya baeeee bangeeett en 1 hari dia cuman bikin 3 dosa. (Gue yakin gue 1 hari bikin dosa tuh lebih dari 3!! Bangun, males doa - satuuu .... trus abis itu gue ngeliat keluar ujan, eh bersungut-sungut "Ujan muluuu batal deh rencana gue! Ih cuaca jelek bangeeettt. Jadi males ngapa2in deh. Tuhan gimana sih bikin cuaca jelek bangeett" - duaaaa, ngeliat suami gue maish tidur nyenyak, gue bangunin kagak bangun-bangun, trus gue ngomel lagi, "Ya ampun hunnyy kamu itu kok pemalas bangeettt ... coba liat itu tuh suaminya si anu, subuh-subuh dah bangunnn!! lari pagi!! alamak, kagak kayak kamuu." - udeh dua dosa. Pertama membandingkan2 suami dgn suami laen (baca melangar hukum ke-10, alias mengingini suami org laen), kedua tidak bersyukur atas suami yang gue!! - udeh berape tuh??? :p Trus belon ada yang telpon en kebetulan yang telpon org asuransi langsung gue pura-pura kagak ngarti bahasa inggris. don't speak don't speak - satu dosa lagiii ... berbohong) gue 30 menit bangun aje udeh bikin berapa dosa tuh?? - btw semua kejadian di atas adalah FIKSI SEMATA ahahhaa :p terutama yang bagian suami, gue ngga pernah bangunin suami gue kayak gitu hihihihi.

So katakan si A, ini bae bener sehari cuman bikin 3 dosa. 1 bulan berapa dosa? oke lah hari minggu kan harinya Tuhan, dia kagak berdosa seharian. jadi 26 kali 3 = 78 kali. Setaon berapa? 78 x 12 = 936 kali. Kalo dia idup sampe 20 tahun ajee, trus sangking Tuhan ngeliat ini org kudus bener lebih bae dibawa pulang ke surga aje, dia udeh bikin berapa dosa? 20 x 936 = 18.720 DOSA. Kalo dia idup ampe 70 thn? itu artinya ada 65.520 dosa.

GLEEKK. itu org yg sehari cuman bikin dosa 3 kali ... seumur idup aje 65.520 dosa. Gimana yang sehari bikin 10 kali dosa? *loe itung sendiri deh guys, males gue ngitungnye*

So pendapat bahwa hanya Adam dan Hawa yang berdosa dan kita TIDAK berdosa, itu gugur hehehehe :p Dosa kita lebih banyak oiii ... :p

Memang Adam dan Hawa yang membawa dosa masuk ke dalam dunia, tapi sadarkah kita,sebagai anak Tuhan yang sudah ditebus, sebenernya tuh kita punya kuasa menolak dosa. Kristus sudah menang atas dosa sehingga sebenenrya kita punya kemampuan say NO terhadap dosa. Tapi apa itu membuat kita terus semua bisa tidak berdosa? sadarkah kita bahwa kita sendiri juga SUKA RELA dan kadang SUKACITA kok melakukan dosa!! *forgive us, Lord*

***

Guys, bicara soal pengorbanan Kristus itu bicara mengenai sesuatu yang dalaaaaaammmmmm sekali, yang hanya bisa dimengerti sedikit kalo Roh Kudus yang mencerahkan itu di dalam hati kita. Tanpa Roh Kudus MUSTAHIL bisa menghargai pengorbanan Kristus.

So dalam rangka menyambut Paskah ini, mari kita semua berdoa minta Roh Kudus bekerja di masing-masing kita sehingga mata kita dicelikkan, hati kita dibukakan akan penderitaan Kristus. Sehingga kita bertemu dengan Kristus yang disalib itu ... supaya kita menjadi satu dengan kematian-Nya dan akhirnya dibangkitkan bersama-sama dengan Dia.

amen ...

Yah, sekali lagi, ngomongin soal dosa, pasti gak jauh-jauh ama kasih Tuhan. Dan untuk bisa merasakan kasiNya, bener banget tuh kata ci Grace, bicara soal pengorbanan Kristus itu bicara mengenai sesuatu yang dalaaaaaammmmmm sekali, yang hanya bisa dimengerti sedikit kalo Roh Kudus yang mencerahkan itu di dalam hati kita. Tanpa Roh Kudus MUSTAHIL bisa menghargai pengorbanan Kristus. (Sangat terbukti!!)

Lagu penutup: Sejauh Timur Dari Barat

b30d #1 An Ordinary Man

Terlalu banyak yang pengen diceritain nih. Sampe banyaakk banget draft yang kesimpen di daftar post, tapi gak sempet dipublish, atau gak sempet diselesaiin, akhirnya lupa deh ==" Maaf ya blogger sekalian!

Ngomong-ngomong, mulai awal bulan Agustus kemaren, GMS Army of God Youth mulai menjalankan pemuridan Before 30 Discipleship (disingkat b30d), dimana ini merupakan pengembangan bukunya ko Philip Mantofa yang Before 30 karena kerinduannya untuk memuridkan anak-anak youth di Mawar Sharon gitu.
Buku Before 30 Dicipleship
 Hwah, pas buku ini launching aku seneeeng banget. Secara mulai awal tahun kemaren aku sateduhnya pake buku Purpose Driven Life-nya Rick Warren, en gilak memberkati bangeett.. Ibaratnya, kalo orang pacaran biasanya ngedate di mall, ini sekarang ngedatenya di theme park! Hahehehehe.. I love theme park so much. Rasa deg-degannya, malu-malunya, berasa kayak 1st date ajah! Hihihi..

Eh, aku ngelantur apaan sih? :P

Anu, maksudku seneng banget akhirnya dapet buku renungan baru setelah PDL-ku selesai. Udah sempet kepikiran pengen dilanjutin pake buku apa, eh kok pas banget buku ini dilaunching. Hehehe..
Eniwey, kita masuk ke bab I, yaitu An Ordinary Man!

Di bab I ini kita belajar tentang 1 sosok pribadi yang gak asing lagi buat kita. Kalo pas sekolah minggu (kayak pernah ikut sekolah minggu aja!) biasanya bahas 1 orang ini. Siapakah diaa?? Jeng jeng jeng jeng........

Clue:
  1. Salah satu murid Yesus
  2. Pekerjaannya nelayan
Hayoooo.. sapaa??
Iya betuuull...!!
PETRUS!

Tau gak sih kenapa Yesus manggil Petrus untuk jadi muridNya? Padahal Petrus kan bodoh, gak terpelajar, pemarah, dll.
Kis 4:13  Ketika sidang itu melihat keberanian Petrus dan Yohanes dan mengetahui, bahwa keduanya orang biasa yang tidak terpelajar, heranlah mereka; dan mereka mengenal keduanya sebagai pengikut Yesus.
Mat 16:22  Tetapi Petrus menarik Yesus ke samping dan menegor Dia, katanya: "Tuhan, kiranya Allah menjauhkan hal itu! Hal itu sekali-kali takkan menimpa Engkau."
(Hoi hoi.. siapa Petrus gitu lho kok negur Tuhan!!)
Mar 14:37  Setelah itu Ia datang kembali, dan mendapati ketiganya sedang tidur. Dan Ia berkata kepada Petrus: "Simon, sedang tidurkah engkau? Tidakkah engkau sanggup berjaga-jaga satu jam?
(Disuruh Tuhan berdoa kok malah ketiduran!! =.=")
Mat 26:74  Maka mulailah Petrus mengutuk dan bersumpah: "Aku tidak kenal orang itu." Dan pada saat itu berkokoklah ayam.
(Wiikk!! Misuuhh!!! Esmosinya keluar semua deh!)
Mar 14:31  Tetapi dengan lebih bersungguh-sungguh Petrus berkata: "Sekalipun aku harus mati bersama-sama Engkau, aku takkan menyangkal Engkau." Semua yang lainpun berkata demikian juga.
(Sok banget.. padahal ntaran lagi juga menjilat ludah sendiri..)
Merasa mirip dengan kita gak?
Kalo aku, aku sangaaatt mirip dengan Petrus di beberapa hal, khususnya dalam hal suka tidur & sok. Sering kali aku janji, "Tuhan, besok jam 5 aku bangun ya.. mau doa.." Pasang alarm. Tau apa yang terjadi besoknya? Alarm bunyi, aku bangun, matiin alarm, TIDUR LAGI!! =.="

Kalo dipikir-pikir, dengan kebiasaan & kekurangan Petrus kayak gitu, kok bisa-bisanya ya Yesus masih tetep mau jadikan dia muridNya? Malahan Petrus itu termasuk 3 orang muridNya yang dekat dengan Dia. Kadang aku ngadepin anak-anak komsel yang bandel, gak bisa dibilangin, mbencekno, ngeselin, makan ati, dll aja rasanya pengen gak ngurus aja deh. Terserah mau ngapain deh! Kamu gak ikut komselku, gak patek'en!
Tapi Tuhan beda!
Dengan segala kekurangan & kepolosan Petrus, Tuhan ubahkan Petrus dari orang biasa menjadi batu karang! Bahkan Tuhan bilang mau mendirikan gerejaNya di atas Petrus! ckckck!
Mat 16:18  Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.
Kalo Yesus gak lelah dengan segala perilaku Petrus, apa alasanku menyerah dengan anak-anakku?
Bahkan kalau Tuhan gak pernah lelah mendidikku, apa alasanku untuk meninggalkan gereja?

Di tengah segala kelemahan kita, pasti kita juga punya kekuatan-kekuatan tertentu yang Tuhan beri untuk apa? Untuk mendirikan jemaatNya di atas kita! He has His own plan for us, and His plan's never fails!
Sekalipu kekuatan itu keliatannya gak ada apa-apanya dibandingin temen-temen yang lain, sesungguhnya kekuatan itulah yang Tuhan pake untuk menjalankan rencanaNya bagi kita lho!
Sering kali kita gak sadar kan mulai banding-bandingin diri kita dengan orang lain.
"Ah, si A lebih pinter ngomong daripada aku.. Dia aja deh yang ngomong, jangan aku.."
"Ah, si B maen musiknya lebih jago daripada aku. Gak jadi daftar pelayanan musik ah. Pasti kalah sama dia."
"si C deket banget ya sama ko/ce ini (kakak rohaninya). Pasti abis gini dia yang dipromosikan, habis dia orangnya rohani banget. Gak kayak aku yang masih bolong-bolong sateduhnya.."
"Kok gak ada yang merhatiin aku ya.. emang aku ini gak punya bakat apa-apa kok. Aku orangnya gak asik, makanya gak ada yang mau deket ma aku.." (mellow mode: ON)

Kenapa aku bisa ngomong gitu? Ya iya lah wong aku juga sering ngalami itu!! :D

Ketahuilah saudara-saudaraku yang terkasih, Tuhan gak mandang ke-mellow-an kita kok :) *hip hip huraaayy!!*
Justru di tengah ke-mellow-an itu aku biasanya lari ke Tuhan, nangis di hadapanNya (kadang-kadang), marah-marah, ngomel-ngomel di depan Tuhan (Tuh kan Petrus banget!!), tapi apa? Tuhan malah senyam senyum gak jelas!!
Aneh ya?
Tapi kayaknya Dia seneng banget aku ngomel-ngomel di depanNya. Soalnya abis aku ngomel-ngomel biasanya aku malah jadi kalem, akhirnya buka hati & telinga untuk dengerin Dia :) I think that's why He loves make me ngomel di depan Dia :D

Apapun cara Tuhan yang dipake untuk membuatmu berpaling ke Dia, ketahui satu hal bahwa Dia menginginkanmu! Dia tuh udah kadung jatuh cinta dengan kita, sampe-sampe mau kita marah-marah, sampe menyakitiNya pun Dia masih tetap sayang ama kita! Senang sekali mengetahui bahwa ada seorang Pribadi yang sempurna yang pengen deket terus sama aku :)
So, ayo jangan bikin cintaNya bertepuk sebelah tangan! Ntar nyesel kayak Hyo-Rin di serial Princess Hours lho. Dilamar pangeran Korea ganteng super kaya kok nolak. Lha pas pangerannya udah punya istri, nyesel, cemburu, trus pegen bunuh diri. Capek deh..

He's waiting you now! ;)
Happy dating!

Lagu penutup: MengenalMu - GMB