Monday, August 15, 2011

b30d #2 I See Jesus!

Lanjutan dari bab I (ngebut-ngebut.. ini udah masuk bab 3 soalnya..)

Okeh, prinsip di bab 2 ini adalah: Tuhan mencari orang berdosa!

Waduh, kalo bahas soal dosa-dosaan gini, ceritanya bisa puuuanjaaangg gak abis-abis kayak coklat Choki-Choki :D Itu baru bahas dosa. Kalo bahas pengampunan dan kasih Tuhan, welee.. betapa paaaanjaaangg.. dan leeebaaaarrr... dan daaallaaaammmm... dan tinggiiiiiiii kasihNya!! Sangking panjang x lebar x dalam x tinggi (rumus apaan nih?)-nya, sampe-sampe otak kita yang kecil ini, bahkan otaknya orang paling jenius yang bisa bikin alat untuk meledakkan bumi juga gak bakal muat nampung kasihNya yang super gede itu.
Jadi kalo sampe sekarnag kita cuma bisa mikir bahwa Tuhan itu baik. Titik. Baik itu sendiri udah p x l x d x t tuh! Bahasnya bisa bertahun-tahun gak selesai-selesai.

Salah satu novel yang paling menyentuh hatiku soal rumus kasih Tuhan ini (aku sebut rumus kasih Tuhan aja ya. Rumusnya kasih Tuhan = panjang x lebar x dalam x tinggi) :D yaitu novel The Shack.
The Shack
Buat yang belum pernah baca, aku rekomen banget nih novel! Tenang... alur ceritanya gak berat kok. Awal-awal mungkin emang agak bingung, tapi setelah bab 3 ke atas, wohoooo!! Sekali lagi, ini sebatas pikiran manusia yang cetek lho ya!

Okeh kita mulai dari awal. Kita semua tau sama tau lah ya manusia itu sejak jaman Adam & Hawa jatuh dalam dosa gara-gara makan buah apel, eh salah, buah pengetahuan yang baik dan jahat :D Dan gara-gara gak taat gitu, akhirnya anak cucu Adam & Hawa semuanya tanpa kecuali jadi jauh dari Tuhan. Keinginan hatinya cenderung membuahkan kejahatan (Kejadian 6:5  Ketika dilihat TUHAN, bahwa kejahatan manusia besar di bumi dan bahwa segala kecenderungan hatinya selalu membuahkan kejahatan semata-mata,).

Pertanyaan paling mendasar & paling polos dari seorang Amanda: "Why He still makes us? Kenapa gak di-reset aja kita-kita ini?"

Aku inget waktu dulu sering maen The Sims, atau Harvest Moon, kalo karakter yang aku maenkan udah gak karu-karuan, berlaku sekarepnya mereka sendiri, tingkat stress-nya tinggi, klo masih awal maen pasti aku buldoser itu rumah, bangun / bikin dari awal! :D
Keadaan agak berbeda waktu maen Ragnarok Online. Karena online & pake bayar voucher (mahal bow..), sekali salah bikin dari awal, ya wes, apeslah kita. Salah satu cara ya terpaksa bikin lagi sampe kuota yang tersedia abis. Atau kalo gak bikin ID baru. ID lama anggep aja ludes. Ilang. Tapi itupun sekarang udah ada option untuk men-delete karakter.
Kalo gak suka / gak sesuai, apus aja!

So, why He doesn't do that??

Dia yang punya alam semesta lho. Dia yang punya maenan rasi bintang & galaksi-galaksi, bisa-bisanya "dipermainkan" oleh manusia??

Ilustrasi paling sip yang menyentuh hatiku ada di notesnya ci Grace di FB.
Dari posting sebelonnya, gue dapet pertanyaan yang menarik banget dari Louisa dan Erica

"Gimana bisa Yesus mati buat menebus dosa gue? Waktu Yesus disalib kan engkong buyut kita bahkan belum lahir saat itu. gimana dosa2 kita yg belum ada pun membuat Dia disalibkan??"

"bukannya yg udah buat dosa tuh adam dan hawa ya? skrg qt jd pendosa bukannya adam dan hawa jg penyebabnya?"

Pertanyaan bagus gals!! Abis baca itu gue berulang kali doa en tanya Babe ini gimana yah Tuhan jawabnya?? :p That's why gue suka kalo dapet pertanyaan yang gue sendiri ngga tau jawabannya. Jadi ada sarana berpikir dan tanya Babe!

"Gimana bisa Yesus mati buat menebus dosa gue? Kalo gue aja belon lahir ... belon bikin dosa kok."

Guys, untuk menjawab ini kita perlu sadar satu hal. Bapa kita, Tuhan kita itu adalah Alpha dan Omega. Dalam pembukaan kitab Wahyu ada sebuah kalimat

"Kasih karunia dan damai sejahtera menyertai kamu, dari Dia, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan datang" (Wahyu 1: 4)

versi inggrisnya "Grace to you and peace from Him who is and who was and who is to come"

Allah kita itu adalah Allah yang ADA, dulu ADA, dan yang AKAN ADA. God who is and who was and who is to come. Dia Allah atas waktu. Dia ada di masa lalu, masa kini dan masa datang. Allah sudah tau semua yang akan terjadi sebelum semuanya terjadi. Karena IA MENGATASI WAKTU.

Jadi ketika Yesus mati di kayu salib, Yesus tidak hanya mati untuk dosa-dosa yang sudah ada (dosa Adam Hawa - sampe dosa Petrus), tapi juga untuk dosa-dosa kita yang BELUM DILAKUKAN tapi dalam pengetahuan Tuhan akan masa depan, Ia tau kita akan melakukannya.

"Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa." Roma 5 : 8

Sederhanannya mungkin seperti ini guys. Pikirkan Bapa itu seperti orang tua yang sayang sama anak-anak-Nya.

Nah ortu zaman sekarang tuh kan rata-rata pada punya yang namanya asuransi pendidikan buat anaknya. Anak baru baby, ortunya udeh nyiapin duit buat nanti dia kuliah!!! Padahal bicara aja belon bisa! Atau kayak gue en Tepen yang begitu tau gue hamil, langsung BIKIN KAMAR BABY, beli box bayi, bahkan sebelon gue hamil aja, Tepen udeh siapin duit buat nanti biaya gue melahirkan dan biaya bikin kamar bayi. Gue belon hamil loh waktu itu, tapi Tepen dha bilang, ini kita ada tabungan sekian buat nanti biaya kamu melahirkan sama biaya bikin kamar bayi. All is prepared!! Sebelon bayinya lahir!!

Kenapa kita prepare itu? Kan bisa aja sesudah bayinya lahir baru cari box bayi? Bisa aja kan? Yah bisa, tapi kita prepare jauh-jauh hari karena sebagai ortu kita tau, bayi ini akan BUTUH ITU SEMUA. Dia butuh box bay, dia butuh kamar, dia butuh baju, dia butuh popok, dia butuh kain bedongan. En nanti gedean dikit dia akan butuh stroller, butuh piring en sendok sendiri, butuh kursi makan. dll.

Bayi gue sadar ngga dia butuh itu semua? Belon lah ... :p Sekarang mah dia masih asik berenang, maen2 di perut gue haha.

But as a parents we've prepared all this because WE KNOW our baby will need that!

en kalo gue yg orang berdosa, aja tau mempersiapkan yang baik untuk anak gue, apalagi BAPA!! Dia tau kebutuhan terbesar kita itu bukan pakaian, bukan rumah, tapi KESELAMATAN. Karena itu sebagai Bapa yang bae, sebelon kita lahir, sebelon engkong buyut kita lahir, sebelon kita SADAR kita akan butuh itu, Tuhan sudah siapkan semuanya ...

Lewat pengorbanan Kristus, Tuhan Yesus sudah mati untuk menebus dosa gue, dosa gue waktu gue bayi sampe dosa gue nanti waktu umur gue 70 thn, sampe dosa anak cucu gue, semua udeh ditebus, udeh dibayar. LUNAS. Karena Bapa tau, gue butuh itu, anak cucu gue butuh itu ...

En kalo kita mau mengakui dan menerima hadiah Keselamatan itu, dosa kita LUNAS. Tapi kalo ngga mau terima, ya ngga lunas lah, loe bayar sendiri lah ... :p

sewaktu gue hamil ini lah, gue makin sadar betapa Bapa itu luar biasa bae, en ngga seperti ortu yang menebak-nebak kira-kira nanti anaknya butuh apa, sebagai Allah IA TAU PERSIS apa yang kita butuhkan, dan Dia SUDAH sediakan itu!

Lalu pertanyaan selanjutnya,

"Bukannya yang buat dosa tuh Adam dan Hawa ya? Sekarang kita jadi org berdosa kan juga gara-gara mereka?"

Ini pertanyaan bagus. En sepertinya masuk akal. Hehehe. Kan gara-gara Adam dan Hawa, manusia jatuh ke dalam dosa. Betul, yang menyebabkan manusia jatuh ke dalam dosa adalah Adam dan Hawa. Tapi apakah hanya Adam dan Hawa yang berdosa?

Numpang tanya guys, Adam dan Hawa berapa kali sih bikin dosa sampe diusir dari Taman Eden? 10 kali? 100 kali? atau 1000 kali? No, no ... Adam dan Hawa hanya buat 1 DOSA. sekali lagi, Adam dan Hawa hanya buat SATU DOSA. Satu dosa itu CUKUP untuk membuat Tuhan mengusir mereka dari Taman Eden. Only ONE SIN.

Wah kalo gitu dosanya Adam dan Hawa berat banget yaaakkk!! Sampe bikin satu dosa saja trus langsung menyebabkan mereka diusir dari taman Eden!! Dosa apa sih mereka? Membunuh kah? (biasanya itu yang kita bilang dosa terberat, pembunuhaaannn), mencuri kah? Berbohong kah? Berzinah kaliii??

Bukan juga. Dosa yang dilakukan Adam dan Hawa adalah makan buah terlarang. Mereka tidak membunuh, mereka tidak mencuri, mereka tidak berbohong, mereka 'hanya' makan buah terlarang. Singkatnya mereka melanggar SATU firman Tuhan.

Nah ada dua hal yang pengen gue bahas.

Pertama, Pertanyaan gue, kita selama ini udeh bikin berapa dosa? Cuman satu kah? Kalo satu aja cukup melemparkan Adam dan Hawa keluar dari Hadirat Tuhan, dosa gue selama 27 tahun, gue rasa lebih dari cukup untuk melemparkan gue ke neraka yang paling dalam!!

Oke mari kita berhitung, kalo seseorang, sebut saja si A, orgnya baeeee bangeeett en 1 hari dia cuman bikin 3 dosa. (Gue yakin gue 1 hari bikin dosa tuh lebih dari 3!! Bangun, males doa - satuuu .... trus abis itu gue ngeliat keluar ujan, eh bersungut-sungut "Ujan muluuu batal deh rencana gue! Ih cuaca jelek bangeeettt. Jadi males ngapa2in deh. Tuhan gimana sih bikin cuaca jelek bangeett" - duaaaa, ngeliat suami gue maish tidur nyenyak, gue bangunin kagak bangun-bangun, trus gue ngomel lagi, "Ya ampun hunnyy kamu itu kok pemalas bangeettt ... coba liat itu tuh suaminya si anu, subuh-subuh dah bangunnn!! lari pagi!! alamak, kagak kayak kamuu." - udeh dua dosa. Pertama membandingkan2 suami dgn suami laen (baca melangar hukum ke-10, alias mengingini suami org laen), kedua tidak bersyukur atas suami yang gue!! - udeh berape tuh??? :p Trus belon ada yang telpon en kebetulan yang telpon org asuransi langsung gue pura-pura kagak ngarti bahasa inggris. don't speak don't speak - satu dosa lagiii ... berbohong) gue 30 menit bangun aje udeh bikin berapa dosa tuh?? - btw semua kejadian di atas adalah FIKSI SEMATA ahahhaa :p terutama yang bagian suami, gue ngga pernah bangunin suami gue kayak gitu hihihihi.

So katakan si A, ini bae bener sehari cuman bikin 3 dosa. 1 bulan berapa dosa? oke lah hari minggu kan harinya Tuhan, dia kagak berdosa seharian. jadi 26 kali 3 = 78 kali. Setaon berapa? 78 x 12 = 936 kali. Kalo dia idup sampe 20 tahun ajee, trus sangking Tuhan ngeliat ini org kudus bener lebih bae dibawa pulang ke surga aje, dia udeh bikin berapa dosa? 20 x 936 = 18.720 DOSA. Kalo dia idup ampe 70 thn? itu artinya ada 65.520 dosa.

GLEEKK. itu org yg sehari cuman bikin dosa 3 kali ... seumur idup aje 65.520 dosa. Gimana yang sehari bikin 10 kali dosa? *loe itung sendiri deh guys, males gue ngitungnye*

So pendapat bahwa hanya Adam dan Hawa yang berdosa dan kita TIDAK berdosa, itu gugur hehehehe :p Dosa kita lebih banyak oiii ... :p

Memang Adam dan Hawa yang membawa dosa masuk ke dalam dunia, tapi sadarkah kita,sebagai anak Tuhan yang sudah ditebus, sebenernya tuh kita punya kuasa menolak dosa. Kristus sudah menang atas dosa sehingga sebenenrya kita punya kemampuan say NO terhadap dosa. Tapi apa itu membuat kita terus semua bisa tidak berdosa? sadarkah kita bahwa kita sendiri juga SUKA RELA dan kadang SUKACITA kok melakukan dosa!! *forgive us, Lord*

***

Guys, bicara soal pengorbanan Kristus itu bicara mengenai sesuatu yang dalaaaaaammmmmm sekali, yang hanya bisa dimengerti sedikit kalo Roh Kudus yang mencerahkan itu di dalam hati kita. Tanpa Roh Kudus MUSTAHIL bisa menghargai pengorbanan Kristus.

So dalam rangka menyambut Paskah ini, mari kita semua berdoa minta Roh Kudus bekerja di masing-masing kita sehingga mata kita dicelikkan, hati kita dibukakan akan penderitaan Kristus. Sehingga kita bertemu dengan Kristus yang disalib itu ... supaya kita menjadi satu dengan kematian-Nya dan akhirnya dibangkitkan bersama-sama dengan Dia.

amen ...

Yah, sekali lagi, ngomongin soal dosa, pasti gak jauh-jauh ama kasih Tuhan. Dan untuk bisa merasakan kasiNya, bener banget tuh kata ci Grace, bicara soal pengorbanan Kristus itu bicara mengenai sesuatu yang dalaaaaaammmmmm sekali, yang hanya bisa dimengerti sedikit kalo Roh Kudus yang mencerahkan itu di dalam hati kita. Tanpa Roh Kudus MUSTAHIL bisa menghargai pengorbanan Kristus. (Sangat terbukti!!)

Lagu penutup: Sejauh Timur Dari Barat

3 comments:

  1. Aku juga dah baca The Shack, hadiah ultah temanku, dan aku sukaaaa banget. Belajar banyak hal deh, diingatin banyak hal tentang pengampunan dan kasih karunia d^^b Aku juga merekomendasikan novel ini.

    Btw, dah pernah baca The Wednesday Letters blon? Itu juga buagussss buanget. Novel juga tuh....

    ReplyDelete
  2. belum2..
    ceritanya tentang apa??
    *curious

    ReplyDelete
  3. sepasang suami istri meninggal di usia tuanya pada hari yang sama, ternyata sang suami TIAP HARI RABU nulis surat buat sang istri (dimulai sejak mereka menikah), nah...ada ribuan surat jadinya yang jadi 'warisan' buatt ket5iga anaknya. Ribuan surat itu ngungkapin banyak rahasia keluarga mereka dan mengubah hidup mereka ^^

    Buagusss buanget buuu....^^V Menginspirasi buat nulis surat gitu juga someday, plajaran luar biasa tentang pengampunan dan kasih juga ada. gak nyesal deh bacanya....

    ReplyDelete