Monday, August 15, 2011

b30d #1 An Ordinary Man

Terlalu banyak yang pengen diceritain nih. Sampe banyaakk banget draft yang kesimpen di daftar post, tapi gak sempet dipublish, atau gak sempet diselesaiin, akhirnya lupa deh ==" Maaf ya blogger sekalian!

Ngomong-ngomong, mulai awal bulan Agustus kemaren, GMS Army of God Youth mulai menjalankan pemuridan Before 30 Discipleship (disingkat b30d), dimana ini merupakan pengembangan bukunya ko Philip Mantofa yang Before 30 karena kerinduannya untuk memuridkan anak-anak youth di Mawar Sharon gitu.
Buku Before 30 Dicipleship
 Hwah, pas buku ini launching aku seneeeng banget. Secara mulai awal tahun kemaren aku sateduhnya pake buku Purpose Driven Life-nya Rick Warren, en gilak memberkati bangeett.. Ibaratnya, kalo orang pacaran biasanya ngedate di mall, ini sekarang ngedatenya di theme park! Hahehehehe.. I love theme park so much. Rasa deg-degannya, malu-malunya, berasa kayak 1st date ajah! Hihihi..

Eh, aku ngelantur apaan sih? :P

Anu, maksudku seneng banget akhirnya dapet buku renungan baru setelah PDL-ku selesai. Udah sempet kepikiran pengen dilanjutin pake buku apa, eh kok pas banget buku ini dilaunching. Hehehe..
Eniwey, kita masuk ke bab I, yaitu An Ordinary Man!

Di bab I ini kita belajar tentang 1 sosok pribadi yang gak asing lagi buat kita. Kalo pas sekolah minggu (kayak pernah ikut sekolah minggu aja!) biasanya bahas 1 orang ini. Siapakah diaa?? Jeng jeng jeng jeng........

Clue:
  1. Salah satu murid Yesus
  2. Pekerjaannya nelayan
Hayoooo.. sapaa??
Iya betuuull...!!
PETRUS!

Tau gak sih kenapa Yesus manggil Petrus untuk jadi muridNya? Padahal Petrus kan bodoh, gak terpelajar, pemarah, dll.
Kis 4:13  Ketika sidang itu melihat keberanian Petrus dan Yohanes dan mengetahui, bahwa keduanya orang biasa yang tidak terpelajar, heranlah mereka; dan mereka mengenal keduanya sebagai pengikut Yesus.
Mat 16:22  Tetapi Petrus menarik Yesus ke samping dan menegor Dia, katanya: "Tuhan, kiranya Allah menjauhkan hal itu! Hal itu sekali-kali takkan menimpa Engkau."
(Hoi hoi.. siapa Petrus gitu lho kok negur Tuhan!!)
Mar 14:37  Setelah itu Ia datang kembali, dan mendapati ketiganya sedang tidur. Dan Ia berkata kepada Petrus: "Simon, sedang tidurkah engkau? Tidakkah engkau sanggup berjaga-jaga satu jam?
(Disuruh Tuhan berdoa kok malah ketiduran!! =.=")
Mat 26:74  Maka mulailah Petrus mengutuk dan bersumpah: "Aku tidak kenal orang itu." Dan pada saat itu berkokoklah ayam.
(Wiikk!! Misuuhh!!! Esmosinya keluar semua deh!)
Mar 14:31  Tetapi dengan lebih bersungguh-sungguh Petrus berkata: "Sekalipun aku harus mati bersama-sama Engkau, aku takkan menyangkal Engkau." Semua yang lainpun berkata demikian juga.
(Sok banget.. padahal ntaran lagi juga menjilat ludah sendiri..)
Merasa mirip dengan kita gak?
Kalo aku, aku sangaaatt mirip dengan Petrus di beberapa hal, khususnya dalam hal suka tidur & sok. Sering kali aku janji, "Tuhan, besok jam 5 aku bangun ya.. mau doa.." Pasang alarm. Tau apa yang terjadi besoknya? Alarm bunyi, aku bangun, matiin alarm, TIDUR LAGI!! =.="

Kalo dipikir-pikir, dengan kebiasaan & kekurangan Petrus kayak gitu, kok bisa-bisanya ya Yesus masih tetep mau jadikan dia muridNya? Malahan Petrus itu termasuk 3 orang muridNya yang dekat dengan Dia. Kadang aku ngadepin anak-anak komsel yang bandel, gak bisa dibilangin, mbencekno, ngeselin, makan ati, dll aja rasanya pengen gak ngurus aja deh. Terserah mau ngapain deh! Kamu gak ikut komselku, gak patek'en!
Tapi Tuhan beda!
Dengan segala kekurangan & kepolosan Petrus, Tuhan ubahkan Petrus dari orang biasa menjadi batu karang! Bahkan Tuhan bilang mau mendirikan gerejaNya di atas Petrus! ckckck!
Mat 16:18  Dan Akupun berkata kepadamu: Engkau adalah Petrus dan di atas batu karang ini Aku akan mendirikan jemaat-Ku dan alam maut tidak akan menguasainya.
Kalo Yesus gak lelah dengan segala perilaku Petrus, apa alasanku menyerah dengan anak-anakku?
Bahkan kalau Tuhan gak pernah lelah mendidikku, apa alasanku untuk meninggalkan gereja?

Di tengah segala kelemahan kita, pasti kita juga punya kekuatan-kekuatan tertentu yang Tuhan beri untuk apa? Untuk mendirikan jemaatNya di atas kita! He has His own plan for us, and His plan's never fails!
Sekalipu kekuatan itu keliatannya gak ada apa-apanya dibandingin temen-temen yang lain, sesungguhnya kekuatan itulah yang Tuhan pake untuk menjalankan rencanaNya bagi kita lho!
Sering kali kita gak sadar kan mulai banding-bandingin diri kita dengan orang lain.
"Ah, si A lebih pinter ngomong daripada aku.. Dia aja deh yang ngomong, jangan aku.."
"Ah, si B maen musiknya lebih jago daripada aku. Gak jadi daftar pelayanan musik ah. Pasti kalah sama dia."
"si C deket banget ya sama ko/ce ini (kakak rohaninya). Pasti abis gini dia yang dipromosikan, habis dia orangnya rohani banget. Gak kayak aku yang masih bolong-bolong sateduhnya.."
"Kok gak ada yang merhatiin aku ya.. emang aku ini gak punya bakat apa-apa kok. Aku orangnya gak asik, makanya gak ada yang mau deket ma aku.." (mellow mode: ON)

Kenapa aku bisa ngomong gitu? Ya iya lah wong aku juga sering ngalami itu!! :D

Ketahuilah saudara-saudaraku yang terkasih, Tuhan gak mandang ke-mellow-an kita kok :) *hip hip huraaayy!!*
Justru di tengah ke-mellow-an itu aku biasanya lari ke Tuhan, nangis di hadapanNya (kadang-kadang), marah-marah, ngomel-ngomel di depan Tuhan (Tuh kan Petrus banget!!), tapi apa? Tuhan malah senyam senyum gak jelas!!
Aneh ya?
Tapi kayaknya Dia seneng banget aku ngomel-ngomel di depanNya. Soalnya abis aku ngomel-ngomel biasanya aku malah jadi kalem, akhirnya buka hati & telinga untuk dengerin Dia :) I think that's why He loves make me ngomel di depan Dia :D

Apapun cara Tuhan yang dipake untuk membuatmu berpaling ke Dia, ketahui satu hal bahwa Dia menginginkanmu! Dia tuh udah kadung jatuh cinta dengan kita, sampe-sampe mau kita marah-marah, sampe menyakitiNya pun Dia masih tetap sayang ama kita! Senang sekali mengetahui bahwa ada seorang Pribadi yang sempurna yang pengen deket terus sama aku :)
So, ayo jangan bikin cintaNya bertepuk sebelah tangan! Ntar nyesel kayak Hyo-Rin di serial Princess Hours lho. Dilamar pangeran Korea ganteng super kaya kok nolak. Lha pas pangerannya udah punya istri, nyesel, cemburu, trus pegen bunuh diri. Capek deh..

He's waiting you now! ;)
Happy dating!

Lagu penutup: MengenalMu - GMB

No comments:

Post a Comment

Daisypath Anniversary tickers