Monday, January 10, 2011

Bolos

Ini minggu terakhir kuliah, biasanya kalo udah kayak gini, anak2 pada males dateng kampus. Soalnya biasanya gak ngapa2in (bagi yang tugas2nya uda kelar), tapi bagi yg tugasnya belum kelar, ya biasanya juga gak dateng kampus dengan alasan ngerjain tugas! Oh man! Podo wae! :D

The same as them, aku juga ngalami hal yang sama.

1.       Tugasku uda kelar.

2.       Tugasku juga belum kelar

Dengan 2 kondisi itu, hari ini aku “berencana” untuk gak kuliah. Alasannya sih simple:

1.       Kuliah hari ini cuma presentasi. Kelompokku udah kelar presentasi minggu kemaren. Makalah juga gak bisa di revisi. Done.

2.       Karena kuliah hari ini cuma presentasi, bisa dipastikan bakal geje (gak ngapa2in, gak ngajuin pertanyaan, sibuk dgn laptop masing2)

3.       Ada tugas besar (which is SKSnya juga lebih gede 2x lipat daripada kuliah hari ini) yang perlu direvisi dan diperbaiki.

1 jam sebelum kuliah di mulai, aku masih ada di rumah, pake kaos oblong bau yg aku pake buat tidur selamem sama celana kolor. Uda gitu malah nongkrongin laptop buat chatting. Gak chatting doing sih, ngerevisi tugas studio juga. Cuma bingung apa lagi ya yg mau di revisi..

Jadilah siang itu aku chattingan sama mas Danu.

Di tengah2 chat, Tuhan tiba2 ngingetin aku. Hayo.. katanya gak mau males.. tapi bisikan itu aku gak nggubris, malah nanya ke mas Danu:

(10:15:09 AM) volare: mas(10:15:12 AM) volare: mnrt mas

(10:15:29 AM) volare: bolos kuliah tuh gmn?

(10:15:50 AM) volare: mending bolos drpd masuk tp mlh smsan gak jelas

(10:16:19 AM) volare: ato bolos dgn alasan krj tgs?

(10:16:26 AM) volare: kan lbh berguna tuh

(10:16:50 AM) Mas Danu: klo menuarut adik?

(10:16:56 AM) volare: huuh

(10:17:00 AM) volare: org tny kok mlh tny balik

(10:17:10 AM) volare: hmmm

(10:17:25 AM) volare: entahlah..

(10:17:37 AM) volare: aq tau Tuhan jelas2 blg jgn malas

(10:17:42 AM) volare: jd cewek bijak..

(10:18:03 AM) volare: tp aq bnr2 rasanya eman bgt buang2 tenaga ke kampus, panas2, demi dgr ocehan gak jelas

(10:18:55 AM) Mas Danu: hmm, pertanyaan adik udah terjawab koq

(10:19:08 AM) Mas Danu: coba baca lagi pertanyaannya

(10:19:17 AM) Mas Danu: pilihannya cuma satu

(10:19:22 AM) Mas Danu: yaitu bolos

(10:19:43 AM) volare: ada 2 yoo

(10:19:53 AM) volare: 1.  masuk tp mlh smsan gak jelas?

(10:20:02 AM) Mas Danu: mending bolos drpd masuk tp mlh smsan gak jelas

(10:20:02 AM) volare: 2. bolos dgn alasan krj tgs?

(10:20:19 AM) volare: iya itu akibat kekacauan kosakata

(10:20:21 AM) volare: :))

(10:20:25 AM) Mas Danu: ato bolos dgn alasan krj tgs?

(10:20:46 AM) volare: jd intinya,

(10:20:57 AM) volare: kyknya 2-2nya sama2 gak mending ya

(10:21:05 AM) volare: masuk tp gak jelas ngapain

(10:21:12 AM) volare: sm bolos tp kerja tugas

(10:21:22 AM) volare: (yg pilihan ke2 kyk sok membenarkan)

(10:21:44 AM) volare: harusnya masuk tp nagpain gt kan

(10:21:59 AM) volare: tp ngapaiiin??

(10:22:05 AM) volare: aq sendiri bingung mau ngapain di kampus

(10:22:16 AM) volare: masa' ngegame

(10:22:24 AM) volare: itu mah mending aq di rumah sekalian aja

(10:20:52 AM) Mas Danu: hehehe

(10:21:17 AM) Mas Danu: adik cari peneguhan nih

(10:21:20 AM) Mas Danu: :)

(10:21:23 AM) volare: :">

(10:21:43 AM) Mas Danu: kata dosennya neti, jatah bolos itu sayang kalo gak dipake

(10:21:50 AM) volare: =.=

(10:21:54 AM) volare: itulah Indonesiaaa

(10:22:01 AM) volare: kata tmn2ku jg gitu

(10:22:13 AM) volare: tp kata Tuhan?

(10:22:18 AM) Mas Danu: jatah bolosnya bisa dipakai buat cari uang

(10:22:47 AM) Mas Danu: emang ada kuliah apa hari ini?

(10:22:54 AM) volare: pembiayaan pembangunan

(10:23:01 AM) volare: cuma presentasi kelompok yg belum

(10:25:15 AM) Mas Danu: jam berapa?

(10:25:20 AM) volare: jam 11

(10:25:22 AM) volare: makanya

(10:25:27 AM) volare: klo mau brgkt kan msh nutut

(10:25:55 AM) Mas Danu: berarti kan jelas ada kuliah

(10:26:11 AM) volare: iya

(10:26:13 AM) volare: tp geje

(10:26:14 AM) Mas Danu: presentasi itu adalah cara dosen melakukan pembelajaran

(10:26:28 AM) Mas Danu: mas juga pernah gitu

(10:26:48 AM) Mas Danu: satu semester yang nerangin adalah mahasiswa

(10:26:56 AM) Mas Danu: ya teman2 sendiri

(10:28:19 AM) Mas Danu: kalo adik bisa mengambil manfaat dari presentasi yang dilakukan teman2, kenapa gak datang aja

(10:28:37 AM) volare: aslie gak bs

(10:28:43 AM) volare: ya udah aq dtg aja deh..

(10:29:12 AM) volare: off dl ya mas

(10:29:31 AM) volare: GBU


Intinya, aku tau sebenernya aku pengen membela diri, pengen cari peneguhan, pengen… yaa, cari alasan yang LOGIS supaya aku gak usah dateng kuliah.

“Kan geje di kelas! Daripada gak ngapa2in, kan mending kerja tugas!”

“Kan aku gak ikut2 dalam presentasinya mereka! Mending ngapain kek, do something yang lebih berguna!”

Didukung dengan kondisi kampus yang “melegalkan” untuk bolos (tiap semester kami dapet jatah untuk bolong 2x, kalo lebih dari itu gak boleh ikut UAS gitu..), well, itu kan secara gak langsung melegalkan untuk bolos. Banyak lho yang jatah itu dipake untuk nonton (alasannya suntuk sama tugas2 kampus), rapat (udah mendekati deadline!), jalan2 di mall, tidur, pulang, dll dsb. Bahkan anak Kristen di kampus pun juga pake alasan ini untuk latihan buat Natal kemaren.

Aku tau gak masalah kok kalo aku gak ikut kuliah. Bener. Gak ngefek apa2 kalo aku ikut ato gak ikut kuliah. Tapi Tuhan bilang gini:

Kolose 3:23 Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.

Standartnya Tuhan bilang, Apapun juga yang kamu perbuat, APAPUN! Gak terkecuali kuliah. Aku sempet mikir, halah, Tuhan, toh gak ngefek aku dateng kuliah ato gak. Gimana bisa memuliakanMu? Tapi aku malah mikir lagi, kalo misalnya perbuatanku ini diliat Tuhan, ortuku, ato dosenku tau aku gak kuliah karena alasan ini, kira2 mereka seneng gak ya? Mungkin mereka bilang, y awes, gak papa daripada geje. Tapi mereka gak akan tersenyum karena kelakuanku ini.

Juga aku gak mau gara2 aku lakukan ini, ntar jadi batu sandungan di masa depan. Misalnya aja adikku skrg suukaaa dan hobi banget buat bolos sekolah. Trus ntar pas aku tegur, kamu kok bolos? Trus dianya jawab, ah kamu juga suka bolos! Trus aku bales, aku kan bolosnya karena gak ngapa2in di kampus! Dia bales lagi, aku juga gak ngapa2in di sekolah!

Nah lo.. aku malah gak bisa ngomong apa2 lagi kan? Gak bisa juga ngasi Firman Tuhan, soalnya kan gak ada Firman Tuhan yang bilang: rajinlah kalo keadaannya blab la bla.. Gak! Tuhan bilang, APAPUN! Gak pake kecuali. Gak pake tawar2an. Kalo cewek biasanya suka nawar2 barang sampe semurah2nya, Tuhan gak bisa ditawar sedikitpun!

Aku juga gak mau sifat males ini ntar nurun ke anak2ku ntar. Aduh Ye.. jauh bener mikirin anak2 segala.. kamu pacaran aja belum kok uda mikirin anak. Ckckck..

Ini aku liat dari keluargaku lho. Gimana papaku memperlakukan & cara ngomongnya ke emak (ibunya papa), itu persis sama dengan gimana adikku memperlakukan & cara ngomongnya ke papa. Sifat2 baik & jelek ortu itulah ntar yang nurun ke anak2nya. Mamaku mesti bilang: Mbok ya ditiru yang baik2 aja toh, jelek2nya kok juga ditiru (kalo lagi mangkel ngeliat tingkah laku anak2nya). Masalahnya, anak2 itu MENIRU apa yang ada di depan mereka! Sejak lahir mereka uda bawa dosa turunan, yaitu udah tau yang baik & buruk (menurut ukuran dan pendapat mereka sendiri). Kalo ortu gak mematahkan dosa turunan ini dengan darah Yesus (& berbalik ke jalan Tuhan juga tentunya), mau diajarin sebaik2 apapun, dikasi tau bedanya ini baik, itu jelek, anak2 tetep akan belajar dari APAPUN yang ortu mereka lakukan.

Dan herannya, kadang apa yang dilakukan ortuku waktu masih muda, eh ternyata skrg dilakukan oleh anak2nya. Padahal kita juga gak tau kan masa mudanya ortu kita tuh ngapain, gimana, dan seperti apa. Tapi ya itu, gak tau juga kenapa kok bisa kejadian. So, aku gak mau karena aku males, yang akhirnya jadi habit, ntar nurun ke anak2ku. Aku pengen anak yg lucu, patuh, rajin, yg bagus, tapi kalo aku sendiri gak mau memperbaharui karakterku ya sama aja neng! Itu sama aja masukin air got ke botol Aqua. Mau labelnya Aqua, Cleo, Club, kalo isinya air got ya air got! Gak bakal berubah jadi air mineral..

Huft.. panjang ya? Keras memang ajarannya Tuhan. Dia sendiri bilang:

Wahyu 3:19 Barangsiapa Kukasihi, ia Kutegor dan Kuhajar; sebab itu relakanlah hatimu dan bertobatlah!

Relakanlah hatimu.. karena kita dikasihiNya, oleh karena itu relakanlah hati kita..

God bless!

1 comment:

  1. hehehehehe....
    udah ijin mas danu belum menggunakan chat history nya?
    ayo semangat terus memegang teguh nilai dan prinsip

    ReplyDelete