Saturday, June 7, 2008

Jutha

Mmm... ga ada alasan khusus kenapa tiba-tiba aku mempostingkan dia di sini. Mungkin gara-gara tadi abis keingetan salah satu judul ceritanya Radith. Kebetulan dia mbahas tentang Schizophrenia.

Ada yang tau penyakit Schizophrenia?

Skizofrenia merupakan penyakit otak yang timbul akibat ketidakseimbangan pada dopamine, yaitu salah satu sel kimia dalam otak. Ia adalah gangguan jiwa psikotik paling lazim dengan ciri hilangnya perasaan afektif atau respons emosional dan menarik diri dari hubungan antarpribadi normal. Sering kali diikuti dengan delusi (keyakinan yang salah) dan halusinasi (persepsi tanpa ada rangsang pancaindra). - wikipedia.com
Dulu aku ga tau sama sekali tentang penyakit ini, sampe satu hari aku ketemu orang bernama Jutha, pas join roomchat di YM.

Apa yang anda pikirkan tentang orang pengidap Schizophrenia?
Apa reaksi anda sama seperti Radith?
Apakah tiba-tiba badan anda meriang?
Anda takut?
Anda ngeri?
Anda menganggap postingan ini postingan horror?

Baiklah.
Setiap orang punya pandangan sendiri - Volare Amanda
Saya pun punya pandangan sendiri tentang orang yang mengidap penyakit ini.

Buatku, Jutha (biasanya aku panggil kak Jutha), bukan orang yang seperti dideskripsikan Radith di bukunya. Oke, banyak kok orang Schizo yang kayak gitu juga, misalnya aja Pascal Sauvage di film Johny English, tapi yang satu ini, kak Jutha, dia bukan orang yang seperti itu!
Malah aku ga tau sama sekali kalo dia mengidap penyakit kayak gitu mengerikannya kalo dia ga cerita! :)

Biasanya, orang pengidap Schizophrenia memiliki kemampuan otak di atas rata-rata (ough, aku pengeeenn.. pengen kemampuannya aja, ga usah penyakitnya :P). Malah dulu waktu jaman akhir SMP, biasanya kak Jutha ini yang jadi mentorku belajar heheheh... pas awal masuk SMA, disuruh nge-translate materi Fisika dari English ke Indonesia, dia juga yang bantuin. Ga jarang juga kita cerita-cerita banyak hal, ngalor ngidul ga tau kemana. Yah, walaupun sekarang udah mulai sibuk dengan kegiatan masing-masing.

Orang ini spesial banget, kenapa? Lewat dia aku jadi tau, nggak semua orang pinter, cerdas, itu sombong dan seenaknya sendiri. Mereka juga tetep punya kekurangan. Tapi gimana kita menyikapi kekurangan itu jadi suatu hal kelebihan kita, itulah nilai plus yang kita punya! :)
Dulu sih, biasanya Schizo ini jadi bahan guyonan kita di YM :P

Mmm.. ngomong apa sih aku? Begajoel banget hahahaha..
udah ah, mo mandiii...

2 comments:

  1. Oi...
    Kok ngosipin aku sih..??? mana ga pake izin lagi.. huuuh.. :D
    Btw,
    aku "belum" positif skizo, cm "hampir" aja kata dokter yg ngerawatku... cm, ciri2 yg km sebutkan diatas benar sih, aq lebih banyak sendiri, malas utk bersosialisasi, dll... untung aja ga benar2 error otakku, kl gak kan bisa bahaya.. :))

    ReplyDelete
  2. aaahhh!!
    akhirnya dibaca jugak!!
    hahahahaha...

    ReplyDelete