Thursday, August 12, 2010

Day 11: souvenir wisuda

Beberapa hari ini nafsu makanku meningkat tajam! Rasanya kelaparaaaan terus. Kenapa ya? Dan sialnya, disaat aku kelaparan seperti ini, meja makan di rumah juga "kelaparan" alias gak ada apa-apa! Huhuhu.... Kulkas juga mengalami hal yang sama. Huft...

Dan juga karena motor dipake papa terus beberapa hari ini, otomatis aku gak bisa kemana-mana dan akhirnya di rumah terus. Ya ada bagusnya juga sih. Aku jadi bisa istirahat. Kalo biasanya mbolang etrus2an, sekarang jadi santai dan istirahat abis2an. Enaknyaa... jadi pengen liburan terus.

Aku juga belum hilang impianku buat daftar kru Deteksi. Ini mungkin jadi kesempatan terakhirku, mengingat awal tahun depan aku sudah 21 tahun! Waahh... waktu bener2 menuakan aku! Tapi juga sebuah gambling besar buat aku, karena aku juga belum yakin apakah aku bisa mengatur waktuku sedemikian rupa untuk keluarga, kuliah, pelayanan, ditambah lagi pekerjaan!

Oiya! Berita baru nih! Papa kabarnya mau beli SLR. Sony Alpha a230. Aku ngotot pengen Canon. Tapi setelah berdebat abis2an (sudah pasti aku kalah, kalahnya gak mbois lagi, gara2 kekuasaan! Huh.) akhirnya keputusan terakhir tetep di tangan papa, soalnya dia yang punya duit. Dengan segenap kekuatan terakhir akhirnya aku bilang:
"Pa, jangan lupa SPPku belum dibayar!"
"Oiya ya... ya kalo gak ada duitnya ya mbuh wes!"
"Leehhh??!!"
Papa yang aneh.....

Huaduuhhh... puji Tuhan banget hari iniii.. dari kemaren kepikiran pengen bikin usaha. Trus pas baca brosurnya Petra soal wisudaannya, jadi muncul ide, "kenapa gak bikin hal seperti ini di ITS??"

Kurang lebih jadinya seperti ini:

Bentuk usaha:
souvenir wisuda berbentuk boneka.

Analisa SWOT

STRENGTH:
  1. Souvenir wisuda di ITS masih kuno, bentuknya patung kaca gitu.. bagus sih.. tapi ya itu, masih kuno.
  2. Karena bentuknya yang kuno, kesannya biasa banget dan gak ada yang berkesan. (ini menurutku lho...)
WEAKNESS:
  1. Karena bentuknya yang terlalu imut, orang jadi nganggepnya gak dewasa, gak elegan.
  2. Karena handmade, kalo (misal tapi amin) pesenan dateng bejibun, kekurangan pekerja.
OPPORTUNITY:
  1. Ada temen yang pinter bikin handycraft kayak gini.
  2. Tiba-tiba, waktu lagi searching bahan untuk boneka, ketemu sama adik kelas, satu jurusan lagi, yang ternyata oh ternyata, dia uda punya usaha kayak gini tapi masih kecil2an!
  3. Secara gak tau kebetulan ato gak, eh ternyata dia antusias dengan usaha kayak gini! Siip dah..
TREAT:
  1. Petra sih mungkin mau2 aja ngabisin duit buat souvenir kayak gini... tapi ITS?? Udah bisa lulus aja syukur2 kok mau pake souvenir2an. Udah bisa ikut yudisium aja syukur2, kok mau beli beginian, emang bisa dibuat ngelamar kerja??
  2. Mayoritas mahasiswa ITS adalah cowok, adakah yang mau membeli boneka seperti ini??
Sebagai trial & error, nih hasilnya:


Lucu ya?

Pilot project:
Wisuda ke xxx (lupa ke berapa :P) PWK ITS.

Cara pemasaran:
pre-order dengan harga kurang lebih 15-20 ribu. (Belum pasti)

Detail boneka:
tinggi kurang lebih 10cm. Rencananya sih mau dibuat ada yang versi mini, ada yang versi gede, jadi bisa dipajang. Juga ada versi cowok, cewek berjilbab dan non jilbab.

Doain aja berhasil ya teman2.. juga dimohon komen2nya untuk saran dan kritik ^^;

2 comments:

  1. jadi seperti nobita ya, ingin ini ingin itu, banyak sekali.

    ide yang bagus.. ayo semangat!!!!
    butuh investor? saya mau investasi nih

    ReplyDelete
  2. ide nya bsgus bangeet... n berpotensi tembus klo dibikin judul PKM..ho2..

    tapi,,abis liat poto nya kok,,kaya bukan sovenir wisuda mahasiswa ya?
    hehe... bcanda...

    ReplyDelete