Sunday, October 26, 2008

Wall-E

Tadi aku abis nonton Wall-E sama anak-anak remasa.

Ada yang tau Wall-E?

Ada yang udah pernah nonton?

Well, buat yang belum tau maupun yang udah tau, gue mau buat review filmnya.

Wall-E neh ceritanya dia seorang robot yang bertugas untuk membersihkan sampah di Bumi. Gara-gara manusia yang gak peduli dengan lingkungannya, maka lingkungan di bumi jadi penuh sampah sehingga nggak layak dihuni lagi. Bahkan digambarkan di sana gedung-gedung pencakar langitnya, pokoknya semuanya yang ada di bumi bentuknya sampah dan kotor banget.

Karena Wall-E nih tinggal sendirian, single fighter gitu mbersihin bumi, lama-kelamaan dia jadi ngerasa kesepian. Apalagi sejak dia menemukan video tentang orang yang berdansa, bergandengan tangan, pokoknya yan romantis-romantis, dia jadi pengen juga.

Sampai suatu saat, datanglah seroang robot yang bertugas mengidentifikasi keadaan bumi sekarang setelah ditinggal para manusia yang hidup di dalam pesawat ruang angkasa milik Axiom. Robot ini bernama Eve. Eve ini garang banget. Suara sekecil apapun, selama itu mengganggu dia bekerja, dia gak akan segan-segan buat nembak dengan senjata lasernya. Wiuhh..

Wall-E yang ngerasa kesepian, berasa ketemu berkah sejak Eve dateng ke bumi. Dia berusaha menarik perhatian Eve, tapi takut gara-gara kegarangan Eve tadi hehehe.. Lucu banget ngeliat ekspresi Wall-E yang pengen deket, tapi takut dan malu-malu. Tapi toh pada akhirnya mereka kenalan juga.

Maslaha mulai terjadi saat Wall-E menunjukkan bibit tanaman yang gak sengaja ditemukannya di antara sampah-sampah. Tapi ternyata Eve ditugaskan ke bumi untuk menemukan tanda-tanda kehidupan masih berlangsung di bumi. Setelah menemukan bibit itu, Eve pun harus kembali ke pesawat Axiom dan melaporkan kepadan sang kapten bahwa di bumi masih ada tanda-tanda kehidupan dan mereka bisa kembali lagi ke bumi.

Sayangnya, ternyata tidak mudah kembali ke bumi. Ada pihak-pihak lain yang menahan manusia-manusia ini untuk kembali ke bumi. Wah, mulai ribet nih! Kira-kira berhasil gak ya misi Eve ini? Dan gimana kelanjutan hubungan Wall-E dan Eve?

Film ini lucu dan menghibur banget buat yang suntuk. Hebatnya, hampir sebagian besar film ini ga ada dialog sama sekali. Hanya dialog antar robot aja. Tapi hebatnya Pixar, hanya dengan mimik, gerak tubuh, dan ilustrasi musik aja penonton bisa nangkep banget emosi yang dirasain si robot tadi.

Selain itu pesan yang mau disampaikan pun jelas banget. Bahwa kita gak bisa tinggal diam ngeliatin bumi kita ini perlahan juga mulai dipenuhi sampah-sampah yang ga bisa didaur ulang. Kalo terus-terusan begini, mungkin bisa jadi suatu hari nanti kita juga bakal ngelakuin apa yang ada di film ini. Pindah tinggal di luar angkasa, dan segala sesuatunya dikerjakan sama robot. Dan bisa jadi juga kita cuma duduk ongkang-ongkang kaki, hingga tulang kita mengecil tapi daging kita penuh, bahkan buat bangun sendiri pun kita gak bisa. Sekalipun otak kita seencer air bening, tapi jujur aja gue gak mau gembrot heheheh...

Selain soal sampah, pesan yang mau ditunjukkan juga bahwa kita manusia, se-individualis apapun, kita tetep butuh yang namanya komunikasi dengan orang lain. Butuh interaksi secara langusng dengan orang lain. Di film ini digambarkan segalanya berjalan secara online, bahkan untuk ngobrol pun kita ngobrol dengan layar monitor! Wih ngeri deh. Gue ga bisa bayangin kalo sehari-hari gue cuma duduk dan chatting. Oh no! Mati aja deh kayak gitu wah wah...

Pokoknya film ini top banget deh (Ya iya lah top, kalo gask top ga bakal dibuat reviewnya dong hehehe...). Buat yang ngaku-ngaku penikmat film sejati, kurang kalo belum nonton ini. Emang genre-nya animation, tapi justru itu yang bikin menarik. Sejak dulu gue tertarik dengan film animation, soalnya buat bikin film yang begitu kita ga bisa ngawur, harus punya pesan yang mendalam. Soalnya yang banyak nonton pastinya anak-anak. Gue paling suka film yang beginian neh.

Rating: 9/10

Selamat menikmati ^_^

1 comment:

  1. Hihi.. lucu deh pas baca "seorang robot".. Kayaknya gimanaa gitu...

    Aaahh.. Masih inget waktu nonton film ini..
    "Wall-e..?"
    "Eeeeevaaaa....."
    Hehehe....

    ReplyDelete