Thursday, December 26, 2013

Cerita #EvenGreater

Nah, mumpung di kantor lagi nganggur nih, internet cuma aku yang pake *muahahahaha* jadi pengen cerita soal Retreat FG 22-24 Desember kemaren nih. Judulnya Even Greater. Amazing lah retret ini, retret terakhir *hiks* Berhubung saya belum dapet foto-fotonya, jadi ini bukan laporan kemenangan, tapi cuma cerita-cerita behind the scene aja versiku heuheuhue..

H-30 sebelum retret
Kira-kira sebulan sebelum retret ini, panitia udah sibuk meeting, bahas ini itu, en kali ini saya didapuk jadi sie acara (mentang-mentang koor PAW -_-*). Eniho, aku enjoy sih jadi sie acara, secara emang seneng ngeplan sesuatu, walo toh pada kenyataannya ya yang aku urusin cuma PAW aja huahuahua.. sisanya yang ngerjain banyak malah Tine, Victor, sm Ncuz. Huahuahhua.. Biarin dah, aku juga urun ide kok.. walo ide-idenya emang rada absurd..

Selama sebulan ini juga aku dan tim PAW yang lain udah latian sesi per sesi, tapi karena masih belum fixed temanya apa, jadi kami sih cuma latian-latian lagu-lagu yang kira-kira bakal kepake aja selama retret, terutama lagu-lagu dari album GMS yang baru, Higher! Waduh seru dah, jadi sebulan itu kerjaanku cuma dengerin Higher mulu. Dikit-dikit Higher. Apa-apa Higher.

Dan ya, karena ada banyak hal terjadi di tim PAW FG, aku sama Victor sempet ngadain meeting PAW, untuk persiapan retret juga. Yang bikin aku merinding itu, sejak 1,5 bulan sebelum retret ini Tuhan udah tegur aku abis-abisan soal standart PAW. Tuhan juga ngingetin banyak hal, terutama soal kegerakan. Rasanya kayak kegerakan kita ini lagi bergerak cepat banget, en kalo ga mau ketinggalan, kita kudu musti pake standartnya Tuhan, bukan standartnya kita dewe! En setelah dikonfirmasi ke gembala dan penilik yang lain, eh ternyata mereka juga dapet hal yang sama. Sampe waktu itu aku makin yakin kalo aku mesti bikin meeting buat anak-anak PAW, ngingetin mereka supaya siap-siap, jaga hati, jaga hidup, jangan pake standart pribadi. Untungnya aku dibantu Victor juga. Sungguan, orang satu ini bener-bener sodara dalam suka duka deh. Di saat aku bingung mesti gimana, dia udah naik ke Bukit Doa and pray for us.

Pas meeting PAW ini dia juga langsung bagiin apa yang dia dapet selama berdoa di Bukit Doa buat PAW. Amazing lah, hadirat Tuhan kerasa banget waktu itu and I knew some people feel it too. Setelah hari itu pun, rasanya iblis gak tinggal diam. Beberapa kali dia serang aku lewat keragu-raguan, ketakutan, aku takut banget PAWnya kacau, bener! Terakhir kali waktu poksar soalnya bener-bener garing abis PAWnya, bahkan ko Steven sampe bilang, "Gak ada hadirat Tuhan sama sekali" Booo.. sapa yang gak "glek" gitu kan. Apalagi aku sebagai koor. Emang udah lama gitu sih PAW FG ngalami serangan banyak hal sampe rasanya tinggal puing-puing. Sampe awal tahun 2013 kemaren aku dapet visi di Nehemia, untuk bangun lagi tembok PAW yang runtuh. Ceritanya sempet aku tulis disini.

Dan untuk retret ini (dan buat 2014, I think), aku dapet visi lagi di Esther. Intinya siap-siap! Untuk ketemu raja, apalagi raja segala raja, kita mesti persiapan. Persiapan Ester untuk ketemu raja itu gak main-main lho. Padahal ketemunya cuma semalam, itupun belum tentu bakal kepilih jadi ratu. Eniwey, aku belajar banyak banget dari Ester ini, dan ada kejadian lucu yang mengkonfirmasi aku juga kalo ini beneran serius. adi ceritanya setelah aku berdoa berhari-hari (buat dapetin visi), aku gak dapet apa-apa. Baca Alkitab sampe mata bendol juga gak dapet apa-apa! Trus keingetan waktu sebelum retret boothcamp yang lalu, aku sempet dapet tentang Ester juga. Dan hari itu sih aku banyak diingetin soal karakternya Ester. Besoknya, di jalan menuju kantor, Tuhan cuma ngingetin, "Siap-siap ya, like Esther." Aku masih bingung kok tiba-tiba keinget Esther.. tapi kayak ada yang nyalain api di hati gitu, jadi seharian jantungku berdebar-debar terus (bukan karena disapa gebetan :p), akhirnya aku cerita ke ko Steven. Lah, ternyata ko Steven juga dapet hal yang sama, yaitu be ready!! Oke lah, aku pulang makin semangat kan ya. Pulang-pulang, biasa, kalo malem aku mesti nyetel Youtube, niat awalnya sih dengerin lagu, tapi malah nemu kotbahnya ko Philip tentang pengajaran.. Esther! Muantep gak tuh.. Jadinya hari itu kalo gak salah aku tidur jam 2 pagi 2 hari berturut-turut. Ya nongkrongin pengajaran Esther itu en somehow aku makin dikuatin soal siap-siap ini. God wants to do something BIIGGG and He wants us to be ready.

Setelah dapet visi itu, bukannya tenang, rasanya makin diobrak-abrik sama iblis bau kentut itu. CG bener-bener diputer-puter sampe gak karu-karuan. Rasanya pengen marah aja hari-hari itu. Pengen teriak, "WHY??!!" Trus banyak denger kabar tentang anak-anak PAW juga, yang gini lah, gitu lah. Duuhh bener deh hari-hari setelah dapet visi itu rasanya pengen ngamuk, ini nih mau ngerjain visi besar, kok ya sempet-sempetnyaaa sih mikirin diri sendiri?? Sampe aku ngomong ke Victor sangking gemesnya sama kelakuan anak-anak, "Duh, seandainya ya kalo aku tampar dan pukulin mereka, trus mereka ini jadi sadar dan gak ngikutin pikiran mereka sendiri.." Pengen banget gitu lho gebuk kepala mereka dan teriak ke telinga mereka, "Plis deh yaaa!! It's not about you gitu lhooo!! IT'S ALL ABOUT JESUSS!!!" Sayang memang, kemarahan itu tidak mengerjakan kebenaran heuheuhuehe.. jadi yawes, diem aja lah.. Berserah sepenuhnya, en Tuhan juga ingetin aku berkali-kali, "It's not about you, Ye.. Tenang.. sabar.. gak terburu-buru.. kayak Esther.."

Semakin deket hari retret, makin jantungan rasanya. Latian masih belum beres lah, WL-nya, si Drico, masih belum bener-bener ngelead, dalam arti kadang dia yang malah disetir anak-anak singer ato pemusiknya. Dhoeenngg... piye to mas mas.. Sampe rasanya hari-hari itu aku cuma bisa menghela nafas dan ngomong dalem ati, "Akustikan aja gimana ya? Daripada full team tapi gini jadinya.." Trus iblis bau itu mulai ngingetin-ngingetin lagi sama poksar yang lalu itu. Haiiisshhh mboh lahhh..

Walau gitu, ditengah badai kayak gitu, tetep dong penghiburan Tuhan itu nyata heuheuhue.. Hari-hari itu Tuhan terus ngingetin, "I'm with you, Ye.. keep calm.." sambil nge-pukpuk gitu. Trus ada satu anak CGku juga (anak PAW juga sih), dateng ke aku dan bilang, "Ce, aku mau menang.. kemarin aku maju altar call dan aku mau menang, ga mau kayak gini terus.." Huuuaaahhhhh rasanyaaa ituuu lhooo yaaa... makkknyuuussss..... kayak berendam di air panas... Trus ngeliat gimana anak-anak PAW itu tetep rajin latian, padahal pas itu masih ada yang UAS lah, dll. Si Drico tuh malah rela latian sampe malem-malem, ujan-ujan, padahal besok paginya dia UAS. Terrrharuuu pooolllll... Jadi gimana aku mau nyerah kan ya? Lha anak-anak ini terus maju, jadi yawes, pilihannya ya cuma MAJU!

En hari-hari itu juga rasanya dah gak ada pikiran lain selain retret, retret, dan retret. Udah kayak mau maju perang aja tuh. Doa puasa tiap hari, sampe langsing sexy deh aku hauhuahuha.. En aku sih bersyukur banget, walau banyak hal terjadi, en serangan berkali-kali ada, tapi gak bener-bener sampe fatal.

Hari H
Di hari H retret, masiiihh ada aja anak-anak yang rewel, tiba-tiba batal, tiba-tiba ga jadi batal. Ruwet lah. Dan aku sendiri udah bener-bener berserah total lah. Que sera-sera gitu. Ini baru pertama kali aku berangkat retret udah kayak berangkat perang. Win or die gitu rasanya. Barang yang dibawa juga buuuanyak, dan untungya papa mau nganter naik mobil. Gila lah..

Sampe di BDI juga banyak kejadian lah, ini itu, molor gak karu-karuan, jadwal yang ternyata berubah dari pihak BDInya. Muantep.. Jadi hari pertama kita sampe kekeyangan, hari terakhir kita kelaparan x) Trus jadwal outbond juga berubah, buener-bener dah. Waktu buat istirahat tuh rasanya gak ada blas! Untung ya udah doa puasa, heran aja tuh anak-anak masih aja kelebihan tenanga.

Dan yang paling buat aku bersyukur abis adalah, anak-anak gak ada yang ngeluh! Ya ada sih, tapi satu dua, biasalah.. tapi gak sampe mempengaruhi atmosfer retret sama sekali. Ha! Sukurin lu iblis! Bahkan pas outbond, kita panitia udah serem-serem gitu, kalo ujan gimana dll.. soalnya semalem ujan dereeesssss banget (padahal gak ada ce Agustin lho.. dewi hujan di BDI..), dan ko Steven cuma bilang, "Gak ujan!" Yawes diem dah kita panitianya huahauhuah... Eh beneran sodara-sodara, pas outbond itu ujan! Tapi gak deres sih. Gerimis, ujan, berhenti, gerimis, ujan, berhenti, gitu terus. En banyak hal terjadi di outbond, ada yang tengkar lah, nangis lah, dll. Tapi begitu ketemu panitia, apalagi Victor tuh, negurnya gak kira-kira, langsung diem dah mereka huahauhuahua.. Makanya tah, gak usah aneh-aneh!

Dan yang paling amazing, beyond my imagination lah, PAWnya amaaazzziiinnggg pooollll!!
Baaaaahhhh!! Aku gak pernah nyangka hadirat Tuhan bisa turun sampe segitunya! Banyak yang rebah, nangis, dll. Sampe pulang Surabaya pun aku masih tercengang-cengang, kok bisa ya PAWnya kayak gitu? Dan paling amazing tuh Drico. Inget kan pas sebelum berangkat retret, dia tuh malah disetir-setir kita-kita, gak ngelead blas deh. Pas di retret, awesooommeee... nge-leadnya dia udah kayak Sidney Mohede aja tuhh!! Kalo nyanyi lagunya ko Kiki Life Tree, waduuhhh lewat dah ko Kiki dibanding Drico. Kalo nyanyi lagunya ko Redo, apalaaagiiii...!! Army of God versinya Drico muanteeppp lah sampe panggung tuh rasanya bergetar banget, eh seruangan tuh pada loncat-loncat kayak orang gila padahal udah jam 10 malem! Yang cewek-cewek pada teriak-teriak kayak ketemu apa aja gitu huahauhuahua..

Pokoknya soal PAW itu bener-bener EVEN GREATER lah! Beyond my imagination, beyond my faith lah!! Rasanya kayak punya iman yang keciiilll banget, tapi Tuhan bawa untuk liat hal yang gedeeee banget. Awesome banget deh Tuhan itu. Aku sampe gak berhenti-berhenti say thank you ke Tuhan buat hadiratNya yang luarrr biasa. Aku juga denger banyak cerita anak-anak kalo retretnya luar biasa, en yang paling bikin aku seneeeng banget itu pas liat ada salah satu leader, yang sebulan sebelumnya bilang, "Udahlah ce, Tuhan itu apa sih?" eh pas pulang retret itu dia jadi banyak senyum, semangat, en malah tanya, "Ayo ce, kapan nih kita kumpul-kumpul, sapa tau cece mau bagi visi buat 2014 :D" Bueheuhehhe... sek sabar yooo.. aku mau geletakan dulu hauhauhua...

H++ setelah retret
Hari H setelah retret aku beneran tepaarr.. tepar se-tepar-teparnya. Tidur terus di rumah dah. En happy juga akhirnya bisa spend time sama mama en lain-lain. Dan pas doa, Tuhan cuma ngingetin, kalo ini tuh baru permulaan. Baru awal-awal perang gitu ceritanya. Jadi musuhnya juga masih enteng. Belum ketemu big boss-nya. Perangnya yang beneran itu nanti di 2014. Jadi sekali lagi Tuhan ngingetin untuk tetep berjaga-jaga dan siap-siap. Walaupun keliatannya udah awesome banget, tapi jangan tertipu! Itu belum apa-apa soalnya iblisnya juga belum apa-apa. Kita masih berusaha melawan diri sendiri, melawan pikiran sendiri dan belajar pake pikiran Tuhan. Oke deehh Tuhan.. Udah paling enak tuh ya taat aja lah sama Tuhan ya. So, I'm looking forward in this 2014. Apa ya yang bakal Tuhan kerjain di FG? Pasti amazing banget. Please pray for us ya bloggers!

Special thanks to:
- Jesus Christ, sang tokoh utama, yang mengerjakan banyak hal luar biasa, beyond all our imaginations!
- ko Steven, youth pastor FG. Ko, udah gak Separuh Aku lagi kan? Huahauhua..
- Panitia, untuk semua tenaga, waktu, air mata, dan dukungannya
- Tim PAW, untuk merelakan hatinya untuk aku hajar dan tampar-tampar heuhuehue..
- anak-anak CGku, terima kasih udah mau mendukung pemimpin yang gak sempurna sepertiku.. I love you so muchh!! And I don't want to see you losing..

Update!
Rasanya sepi ya gak ada foto-foto.. Ya iya lah belum sempet di post-processing.. Semua foto-fotonya di Ncuz.. Jadi mumpung di FB juga lagi rame, aku pasang foto-fotonya sang WL aja ya, Drico Mogede!! Hahhahhaa..
Ini aku sama the charismatic worship leader.
Itu minta fotonya bener-bener sampe nahan malu lho, diliatin anak-anak yang pada mau pulang. Cute deh Drico pas aku minta foto bareng sama dia, kayak mukanya flustered beberapa detik gitu pas aku bilang, "Drico, foto bareng yaa.. yaa..."

Itu gara-garanya ya pas pulang, di bis gitu, kan ceritanya aku sama dia se-bis. En aku lagi dalam kondisi setengah sadar gitu (soalnya abis ketiduran trus ada yang rame-rame di belakang), en tiba-tiba dia stood up dan jalan ke arah belakang bis sambil marahin satu anak.
Drico (stood up sambil mukanya kayak kesel gitu): "Hei, ngapain itu rame-rame di belakang?!"
Anak-anak di belakang: *ga tau pokoknya rame apaan gitu*
Drico: "Heh, Ryota! Kamu ngapain di sana?! Sini duduk!"
Anak yang namanya Ryota: *ga tau rada nggerundel apa gitu, tapi jalan balik ke tempat duduknya*
Drico: "Ayo sini duduk sini!"

Huahuahha... aku lupa sih kata-katanya Drico pastinya apa, yang pasti waktu itu dia kereenn abiss booo.. so manly, so charismatic gitu hauhauhauha.. En anak-anaknya juga pada nurut gitu lah, padahal you know ya, Drico ini baru kelas 1 SMA en mamanya juga baru meninggal juga tahun ini, makanya somehow aku salut banget lah sama anak ini.. Aslinya dia bisa lho tertekan gitu. Aku inget pas awal-awal mamanya ga ada itu, aku sempet ngobrol-ngobrol ama Tine gitu, trus Tine cerita soal Drico lah, nguat-nguatin Drico, nginget-ngingetin dia gitu lah supaya cerita-cerita, jangan dipendem sendiri, dll. Trus aku rada lupa kita ngobrol apa, pokoknya hari itu aku sampe nahan nangis rasanya, kasian banget nih anak gitu pikirku. Apalagi itu juga awal-awal kita training PAW, pokoknya banyak tekanan lah, gak di gereja, ga di rumah, pas dia mau UNAS juga. Ihh ga kebayang lah ya gimana perasaannya. Aku cuma berdoa aja sih supaya dia ga burn out en peace and grace from the Lord Jesus always with him..

Trus so cute lah, Ncuz, sang master multimedia FG, kayaknya lagi ngedit-ngedit foto retret kemarin gitu (mugnkin gara-gara kuteror di YM juga hahahha), masa ya dia upload foto-fotonya Drico, katanya buat fans-fansnya Drico. Ah emang kok Ncuz ini paling mengerti diriku hahahha...
Kerasa gimanaa gitu ya?
Sayang pas bengong...
Dan yang paling stunning tuh foto yang ini.

BUAHAUAHUAHHHHAHA...!!! Kurang kerjaan banget gak sih fotonya Drico ngelead dijejerin ama fotonya ko Kiki?? Huahuahha... sumpah pas liat foto ini pertama kali aku langsung nguakak gak karu-karuan. Mirip gak seh? mirip gak? Huahuahuhahuha...!


Story behind the photo:
Udah aku ceritain di atas kan kalo pas retret ini most of the songs diambil dari album Higher, albumnya GMS Live. Trus ada salah satu lagu, judulnya "Ku Dibebaskan", ada salah satu part lagunya tuh yang vokalnya dibikin pake suara digital gitu. Nah, selama latian tuh anak-anak vokal pada iseng, mau bikin suara digital itu dengan tutup idung!! Wakakkakakak!! Puarah abis lah, sampe kita semua, pemain musiknya juga pada sok-sok niru tuh suara dengan tutup idung kita! Huahuahuhaua... Kan suaranya cempreng-cempreng gimana gitu, coba nyanyi dengan tutup idung, nah ya suaranya kira-kira gitu.

Pas di retret, pas latian lagu ini juga kita masih sempet-sempetnya latian dengan tutup idung! Huahuahuha.. iya lah rek.. biar ga burn out gitu, kita kan perlu ketawa-ketawa juga.. So, the show must go on! Aku udah ketir-ketir aja tuh, grogi abis karena takut salah ketukan ato masuknya salah. Seriiing banget dan Drico tuh kayak gitu. #Keplakjidat gitu lah. Pas waktunya masuk, dia gak masuk-masuk. Pas bukan waktunya masuk, eh dia udah masuk. Hadeehhh... makanya aku pun sampe jantungan rasanya ngeliatin sesi ini.

Praise the Lord, lagu demi lagu terlewati dengan baik, pas semua temponya, masuk-masuknya juga pas banget. Anak-anak juga antusias. Nah yang lucu tuh pas bagian vokal digital itu, (katanya anak-anak panitia di belakang sih..) Drico tuh nyanyi dan suaranya persis sama kayak di lagu aslinya!! BUAHAHAUHAHHAHA!! Sampe hebohhh lho anak-anak itu, terutama ko Steven. Katanya, "Koko tuh sampe mau rebah pas Drico nyanyi lagu itu.." Wakakkakakka..!! Karena aku di depan, en lagi serius main keyboardnya, aku sih gak terlalu merhatiin ya, tapi ya kaget aja sampe segitunya ya? Huahuahuhauha...

The last.. ini dia tampang-tampang panitia yang udah capek banget 3 hari tanpa istirahat cukup..
Ki-ka: Aku, Drico Mogede, Shendy, Via ibu pendoa, Evi, ce Siauny,
Debby sie konsumsi - memastikan kita semua gak kelaparan 3 hari, Thya, Anggren, Victor,
our youth pastor ko Steven, Ncuz master multimedia, Tian ganteng - additional player

Belum semua benernya. Masih ketinggalan Tine, Lina, sama Eva yang gak bisa ikut :( Padahal jasa mereka besar sekali untuk retret ini.. hiks.. Trus ada Budi dan Rendy dari POP yang udah bantuin kita-kita, terutama Budi, penggebuk drum 5 sesi berturut-turut. Thank you banget bro!! Dan thank you juga udah bisa nyobain lensa manualnya huahuahua..

Oiya, pada penasaran gak sih kenapa Drico dipanggil Drico Mogede? 
Bukan.. itu bukan nama aslinya..
Itu julukan resmi dari pakgem buat dia, gara-gara susah banget buat ngelead, sampe-sampe kita suruh dia buat ngeliatin videonya Sidney Mohede pas ngelead gimana hauhauhuahua..
Jadi Drico Mogede itu plesetan dari Sidney Mohede.
Aminn ya Drico, suatu saat nanti dipake kayak Sidney Mohede!

Okeh, sekian dulu ceritanya huahuahua..

4 comments:

  1. Dan sekarang ce Yaye jadi fansnya Drico :p
    Yg smpek ngomong "setelah retreat karismanya Drico lbh kluar!"
    Smpek" mintak foto waktu sampek satelit

    ReplyDelete
  2. Wkwkwkkwk...
    He's sooo coolll... and manlyyy gitu lhooo... huahuahuhahua...

    ReplyDelete
  3. Ditunggu ya foto-fotonya
    hahaha :D
    Masih belum di edit sih :P

    ReplyDelete
  4. Huahahahaha~ kukira namanya bener2 Mogede //ngakak

    Btw, keren banget retretnyaaaa! Aku bacanya sampe merinding! :D

    2014: Greater things are yet to come!!!

    ReplyDelete