Friday, September 20, 2013

Kalo Punya 1 Milyar

... bloggers mau pake buat apa?

1 Milyar tuh keliatannya banyak yah? 1.000.000.000. Nol-nya ada 9. In your currency deh. Jadi misal blogger tinggal di Indonesia ya berarti punya 1 milyar rupiah. Kalo di US ya 1 milyar US Dollar. Kalo di Rusia yaa.. apa ya mata uang Rusia? (Pelajaran IPS Kelas 6 SD)

Sejauh saya dateng seminar, motivator suka banget ngasih kertas, trus kita disuruh nulis, "Kalo punya 1 milyar mau..." Sambelnya, di tahun 2013 ini, 1 Milyar aja belum bisa lunas bayar cash beli ruko di perumahan tempat tinggal saya lho! Sambel banget gak sih. Harus nambah sekian ratus juta gitu baru lunas secara cash. Nah itu baru rukonya. Biaya pajak? Biaya notaris? Biaya materai? Biaya fotokopi? Biaya surat-surat? Biaya renovasi? Biaya isinya? Sambel!

Jadi motivator sekarang harusnya dinaikin lagi tuh angkanya, 1 triliun gitu heuheuhuee... Koruptor aja bisa korupsi triliunan kok.

Anyway, back to the question. Kalo punya 1 milyar, bloggers mau pake buat apa?

Sejujurnya, saya juga belum pernah liat uang 1 milyar itu sebanyak apa. Cuma angka dalam tulisan aja jadi gak bener-bener ngerti sebanyak apa. Kalo liat rumah-rumah tetangga yang laku 2 milyar gitu, kadang saya cuma mbatin, "What? Rumah kayak gini ada yang mau beli 2 milyar?? Sambel." Ini Surabaya coret, men. Perbatasan Surabaya-Sidoarjo. Artinya pinggiran. Mau ke Sidoarjo jauh, ke Surabaya jauh. Tapi deket dong sama bandara heuheuhue..

Tapi ngeliat kayak gitu ya jadi mikir kan, kalo mau tetep survive di kota ini, 1 milyar ini harus wisely digunakan.

So, ini nih kalo saya dapet 1 milyar.
  1. Perpuluhan 10%. Sisanya 900 juta. Gilee yaa.. perpuluhan aja 100juta. Berapa amplop perpuluhan tuh? Huehuheuheue..
  2. 90 juta ditabung. Buat dana darurat. Masih dipisah lagi. Remember, don't put your eggs in the same basket. Huehuehue.. So, 30 juta tabungan, 30 juta deposito+emas LM, 30 juta reksadana pasar uang.
  3. 180 juta investasi. Reksadana saham. Asuransi. Buat proteksi intinya.
  4. 270 juta beli rumah di pinggir Surabaya, Sidoarjo atau Gresik. Jadiin kos-kosan, disewain, atau diapain lah supaya uangnya muter.
  5. Sisanya, buat bisnis :D Lumayan.. ada modal..
Keliatannya selfish banget ya? Biarin deh. Masih single juga ini. Lagipula dengan bisnis kan bisa ngajak temen yang belum dapet kerja, or orang-orang yang susah cari kerja. Penuhi kebutuhannya dulu, baru share soal Jesus :D

4 comments:

  1. Wakakak~ Perencanaan yg matang XD

    bener, sekarang 1 m udah ga ada harganya D: maka e acara Who wants to be a millionaire udah ga ada *ga nyambung*

    ReplyDelete
  2. huehuehuhe.. gak laku acaranya :D

    kalo ce Bong gimana nih dapet 1 milyar? :P

    ReplyDelete
  3. kalo dapet US$ 1 milyar ya, jadi 1 billion dollar ya... asik banget tuh. yang pasti bakal beli rumah yang gede di beverly hills (dream comes true banget dah ini :D)

    bagi duit ke ortu dan mertua

    jalan2 keliling dunia

    ntar sisanya baru ditabung, buat bisnis atau apa ntar baru dipikirin. :P

    ReplyDelete
  4. Wuah.. 1 milyar di US bisa berarti banyak juga ya ko :D
    Di sini mah, 1 milyar udah ga bisa ngapa-ngapain :( harga rumah yang bagus uda mahal-mahal..

    ReplyDelete

Daisypath Anniversary tickers